Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Sensasi Wisata Sungai Oyo di Yogyakarta

Sensasi Wisata Sungai Oyo di Yogyakarta
4 (80%) 1 vote

Sungai Oyo atau juga biasa disebut Sungai Oya merupakan sungai yang berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sungai Oya ini adalah jenis sungai periodik yang mengalir membelah bukit kapur utara dan selatan yang terbentuk karena adanya erosi batu karst dan akibat dari perubahan temperatur yang signifikan.

Sungai Oyo

View Sungai Oyo dari atas, IG@sabda_aerialist

Susur sungai Oya juga merupakan objek wisata Yogyakarta yang sangat terkenal di daerah Gunung Kidul. Biasanya setelah wisatawan pergi ke Goa Pindul mereka melanjutkan wisatanya ke Susur Sungai Oya yang jaraknya kurang lebih 1 km.

Wisata yang Menantang Adrenaline

Meskipun peralatan khusus yang digunakan saat berwisata ke Sungai Oyo sama dengan di Goa Pindul, tetapi Anda akan mendapatkan view pemandangan yang lebih terbuka dan menantang. Para penyuka petualangan sangat cocok sekali mengunjungi wisata ini apalagi saat musim hujan tiba.

Apabila debit air pada sungai ini memungkinkan, Anda dapat mencoba sensasi rafting di sungai ini. Tetapi jika debit air masih belum memenuhi syarat untuk rafting, Anda masih bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan ban tubing seperti di Gua Pindul.

Baca Juga : Menikmati Jernihnya Air di Blue Lagoon Yogyakarta

Pada musim hujan jarak tempuh pada Sungai Oyo 2-4 kali lebih panjang daripada musim kemarau. Dengan kecepatan arus yang lebih kencang dan beberapa gelombang ombak yang cukup banyak dapat menguji adrenaline Anda.

Susur Sungai Oya, IG @wherejacwanders

Namun, jangan khawatir bagi Anda yang tidak punya cukup nyali karena River Tubing Oyo ini tidak terlalu extreme. Setiap musim hujan selalu dilakukan pengecekan debit air untuk meneliti keamanan agar sesuai dengan standar persyaratan pada River Tubing. Sehingga Anda tidak perlu takut karena wisata di Sungai Oya ini sudah terjamin keamanannya untuk semua usia.

Indahnya Air Terjun Sungai Oyo

Selama melakukan River Tubing di Sungai Oya ini Anda akan dimanjakan dengan salah satu spot utama yang akan membuat Anda terkagum, yaitu Air Terjun Sungai Oyo. Di sana Anda dapat mengambil gambar dengan background air terjun yang sangat jernih. Jika berani Anda bisa melompat di ketinggian 4 meter atau 9 meter di atas tebing.

Anda juga dapat menikmati sensasi mandi dibawah air terjun merasakan kesegaran mandi di Sungai ini. Saat mandi di sungai ini Anda tetap harus menggunakan jaket pelampung karena kedalaman sungai ini bervariasi antara 0,5-12 meter.

Sumber Foto : ig @wanagamaecoeduforest

Bagi Anda wisatawan yang berada di luar daerah Yogyakarta atau di luar Jawa tidak ada salahnya untuk mencoba wahana wisata di Sungai Oyo ini, selain menarik Anda juga dapat mengajak serta keluarga untuk menikmati pemandangan segar alam terbuka ditemani sungai yang jernih disini.

Biasanya River Tubing disini disediakan dalam satu paket wisata bersamaan dengan Gua Pindul disertai juga dengan pemandu serta peralatan-peralatan pendukung untuk menyusuri wahana disini.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*