Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

7 Tempat Wisata Kuliner Di Lombok yang Membuat Anda Ketagihan

Wisata Kuliner di Lombok – Ketika sudah datang ke Lombok untuk mengunjungi tempat-tempat wisatanya yang menarik dan mempesona, rasanya kurang lengkap jika belum merasakan dan mencicipi aneka kuliner khas Lombok.

Lombok tak hanya banyak didatangi oleh para pencinta alam untuk mengeksplorasi keindahan alamnya lebih jauh lagi, tetapi Lombok juga banyak dikunjungi oleh para pemburu kuliner dari nusantara hingga mancanegara. Ada banyak sekali tempat wisata kuliner di Lombok yang menyajikan aneka hidangan yang khas dan menggugah selera.

Kebanyakan makanan kuliner khas Lombok mempunyai cita rasa dengan bumbu yang tajam dan dengan rasa yang pedas. Oleh karena itu, makanan khas Lombok ini sangatlah sesuai dengan lidah atau selera masyarakat Indonesia.

Bagi yang ingin mengunjungi tempat wisata kuliner di Lombok, sebaiknya cobalah untuk mencipipi beberapa makanan khas Lombok berikut ini :

1. Sate Tanjung

Sekilas tampilan sate tanjung ini memang mirip dengan sate pada umumnya, tetapi sate tanjung ini terbuat menggunakan daging ikan, bukan dari daging ayam, daging sapi maupun daging kambing. Biasanya daging ikan yang digunakan untuk membuat sate tanjung adalah ikan cakalang. Sate tanjung ini mempunyai rasa yang gurih karena sudah dicampur dengan olahan bumbu khas Lombok.

wisata-kuliner-di-lombok

Sate Tanjung – IG by @emma_mee

Sate ini akan terasa lebih nikmat jika dimakan selagi hangat sebagai lauk saat makan nasi ataupun lontong. Sangat mudah untuk mendapatkan sate tanjung ini, karena banyak tempat makan di Lombok yang menjadikannya sebagai salah satu pilihan menu yang ditawarkan. Tempat yang banyak menjual sate ini adalah Pasar Tanjung, dimana yang merupakan tempat dimana sate ini berasal.

2. Sate Rembiga

Dari namanya saja sudah dapat diketahui bahwa cita rasa sate daging sapi ini memang berbeda dengan sate daging sapi pada umumnya. Sate rembiga merupakan salah satu makanan khas dari wilayah Lombok. Sate rembiga ini mempunyai cita rasa yang manis, gurih dan pedas, sehingga menjadi kesatuan rasa yang terbilang unik.

wisata-kuliner-di-lombok

Sate Rembiga – IG by @dhimaz_dimsy

Alasan mengapa sate ini dikenal sebagai sate rembiga karena sate ini berasal dari desa Rembiga. Sate dengan tiga rasa ini banyak dihidangakan pada tempat wisata kuliner di Lombok. Salah satu tempat yang menyajikan sate rembiga sebagai salah satu menu andalannya adalah Warung Rembiga yang berada di Jalan Dakota, Nomor 02.

 Tempat Wisata Lain di Lombok :

3. Sate Bulayak

Satu lagi sate yang merupakan makanan khas dari Lombok, yaitu sate bulayak. Sate ini dilengkapi dengan lontong berbentuk unik karena dibuat dengan bentuk memanjang, seperti spiral yang dibungkus menggunakan daun aren.

Kemudian untuk satunya sendiri merupakan sate daging sapi yang dilumuri dengan bumbu khas sasak yang memiliki cita rasa yang berbeda dan tetap terasa nikmat. Sama seperti sate khas Lombok lainnya, sate bulayak ini bisa dengan mudah didapatkan di wilayah Lombok, diantaranya seperti di kawasan wisata Taman Suranadi, Taman Narmada dan di kawasan wisata Pura Lingsar.

wisata-kuliner-di-lombok

Sate Bulayak – IG by @kulinerbaliterkini

4. Beberuk Terong

Terong yang semula adalah sayuran yang biasa saja bisa diolah menjadi makanan khas Lombok yang menggugah selera, yaitu menjadi makanan khas yang dikenal dengan nama beberuk terong. Beberuk terong merupakan lalapan yang biasa dikonsumsi sebagai makanan pendamping saat mengkonsumsi ayam taliwang.

wisata-kuliner-di-lombok

Beberuk Terong – IG by @makan.donk

Masyarakat setempat banyak yang berasumsi bahwa mengkonsumsi ayam taliwang tidak akan lengkap jika tidak dilengkapi dengan beberuk terong. Beberuk terong merupakan makanan yang khas dan makanan ini sering dimasak oleh masyarakat setempat serta disajikan pula pada rumah makan atau restoran yang merupakan tempat wisata kuliner di Lombok, khususnya di tempat yang menyajikan menu ayam taliwang seperti yang ada di rumah makan Ayam Bakar Taliwang Iraman yang terletak di wilayah Cakranegara, Lombok

5. Bebalung

Dari namanya saja sudah dapat diketahui bahwa bebalung merupakan makanan khas Lombok yang terbuat dari tulang iga sapi ataupun tulang iga kerbau. Kuliner bebalung ini sangat populer di Lombok karena banyak yang menyukainya karena rasanya yang nikmat. Bebalung ini merupakan makanan yang dibuat dengan aneka bumbu dan rempah-rempah.

bebalung

Bebalung – IG by @rikrud

Untuk menikmati salah satu hidangan khas Lombok ini, datanglah langsung ke rumah makan, depot hingga restoran yang menyediakan menu bebalung. Salah satu tempat makan yang populer akan kelezatan menu bebalungnya adalah Depot Kelebet yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto yang berada di belakang kantor Gurbenur Nusa Tenggara Barat (NTB).

6. Poteng Jaje Tujak dan Iwek

Nama makanan yang satu ini memang terdengar cukup aneh dan unik, namun kedua makanan ini, yaitu Poteng Jeje Tujak dan Iwek tidak memiliki cita rasa yang aneh. Kedua makanan ini mempunyai rasa yang manis dan legit. Poteng Jeje Tujak dan Iwek biasanya dibuat dan disajikan pada saat upacara dan tradisi saja. Namun sekarang, kedua makanan ini bisa dibeli di warung, pasar tradisional hingga ke rumah makan tradisional yang menyajikannya.

7. Plecing Kangkung

Plecing kangkung merupakan salah satu makanan rumahan yang sering dibuat oleh masyarakat Indonesia. Namun, yang membedakan plecing kangkung khas Lombok dengan plecing kangkung pada umumnya adalah kangkung yang digunakan. Pasalnya, di Lombok mempunyai jenis kangkung yang berbeda.

Kemudian, kangkung yang khas tersebut diberi tambahan bahan pelengkap lainnya, seperti kacang goreng dan tauge yang digunakan untuk mengurangi rasa pedasnya. Plecing kangkung khas Lombok ini banyak ditemui di rumah-rumah makanan yang menawarkan aneka hidangan kuliner khas Lombok, salah satunya adalah Rumah Makan Dua-EM yang ada di jalan Transmigrasi 99 Mataram. Rumah Makan Dua-EM ini memang terkenal dengan hidangan plecing kangkung khas Lombok dengan rasa yang enak.

 Baca juga :10 Pantai Indah di Lombok Rekomended untuk Liburan Keluarga

Ada banyak tempat wisata kuliner di Lombok yang menyajikan aneka makanan khas Lombok. Tempat-tempat tersebut tersebar di seluruh wilayah Lombok, mulai dari di wilayah perkotaan hingga perdesaan. Sangatlah mudah untuk menemukan aneka makanan khas Lombok yang sudah disebutkan sebelumnya.

Selain tujuh makanan khas Lombok tersebut, sebenarnya masih ada banyak lagi makanan khas Lombok yang bisa dicicipi, namun pada kesempatan kali ini hanya bisa disebutkan beberapa diantaranya saja. Setelah mengetahui tempat wisata kuliner di Lombok beserta kuliner khas wilayah Lombok, saat berdestinasi wisata di pulau yang mempesona ini sempatkanlah waktu untuk berwisata kuliner dan mencicipi semua hidangan makanan khas dari Lombok.

Dengan begitu, perjalanan wisata menjadi semakin lengkap karena dapat menikmati wisata alam dan menelusuri wisata sejarahnya, para pengunjung yang merupakan wisatawan juga dapat merasakan berwisata kuliner di Lombok. Hal ini membuktikan bahwa makanan khas nusantara memang tak kalah nikmat dan tak kalah enaknya, jika dibandingkan dengan masakan barat atau masakan dari luar negeri.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*
Powered by