Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Umbul Ponggok, Tawarkan Berenang di Bawah Air Tawar

Umbul Ponggok, Tawarkan Berenang di Bawah Air Tawar
4 (80%) 1 vote

Umbul Ponggok merupakan tempat wisata air di daerah Klaten, Jawa Tengah. Namanya berasal dari dua kata yaitu Umbul artinya mata air. Sedangkan Ponggok merupakan nama dari desa dimana umbul itu berada. Di sana Anda dapat mencoba menyelam seperti snorkeling dan diving yang menyenangkan.

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok Klaten.
Sumber foto: IG@uyaumoris

Mata air yang tepatnya berada di Kecamatan Polan Harjo ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Pada zaman penjajahan Belanda Umbul Ponggok digunakan untuk irigasi perkebunan, namun sekarang tempat ini difungsikan sebagai objek wisata.

Snorkeling dan Diving di Umbul Ponggok

Mata air Umbul Ponggok ini memiliki kedalam air kurang lebih 1,5-2,6 meter dengan ukuran 50×25 meter. Jangan khawatir bagi Anda yang takut terbawa arus gelombang saat snorkeling, disini airnya sangat tenang sehingga Anda tetap leluasa menikmati keindahan bawah air.Meskipun mata air ini terdapat banyak ikan, namun airnya tetap bersih dan jernih karena sumber mata air ini mengalir terus-menerus sehingga tetap dalam keadaan jernih.

Umbul Ponggok.
Gambar : IG irfanhakim75

Umbul Ponggok adalah salah satu tempat snorkeling air tawar terbaik di Indonesia. Bagi anak muda pecinta snorkeling dan diving pasti sudah tidak asing lagi dengan UmbulPonggok yang sering dijuluki Bunaken-nya kota Klaten. Tempat ini sudah sering dijadikan latihan untuk menyelam bagi yang hobi diving dan snorkeling. Tetapi, bagi Anda yang belum bisa berenang, disini akan ada pemandu yang siap mengajari Anda cara berenang dan menyelam. Anda hanya perlu merogoh kocek uang sekitar 250 ribu untuk diving di Umbul Ponggok.

Baca : Menikmati Jernihnya Air di Blue Lagoon Yogyakarta

Siap-siap Membawa Pulang Banyak Foto

Jangan sia-siakan momen Anda saat berada di UmbulPonggok dengan mengambil jepretan ketika menyelam bersama ikan-ikan. Bagi yang tidak mempunyai kamera underwater, jangan berkecil hati karena disana sudah ada tempat penyewaan kamera yang sudah termasuk fotografernya. Harga yang ditawarkan juga sangat menarik yaitu sekitar 60-250 ribu rupiah tergantung berapa lama Anda menyewa kamera tersebut. Namun, saat berswafoto tetap perhatikan keamanan perlengkapan dan jangan sampai jauh-jauh dari pemandu snorkeling.

Umbul Ponggok Klaten, pict by: IG @dienianop

Fasilitas yang disediakan di Umbul Ponggok terdapat mushola dan kamar mandi beserta ruang ganti. Untuk anak kecil disini disediakan kolam kecil untuk berenang yang tidak terlalu dalam. Selesai berenang, Anda tidak usah bingung untuk mencari makanan karena disini terdapat banyak penjual makanan seperti gorengan, ayam bakar, ayam goreng, minuman hangat, minuman dingin, dan aneka hidangan lainnya.

Artikel lainnya : Sensasi Wisata Sungai Oyo di Yogyakarta

Tempat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi, selain tempatnya yang keren fasilitas disini juga cukup lengkap. Uniknya di bawah air terdapat properti lucu seperti tenda, sepeda, sepeda motor, TV, dan masih banyak lagi. Properti ini biasa digunakan untuk mendukung suasana bawah air yang menyenangkan saat pemotretan.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*