Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

7 Tempat Wisata Di Sumbawa yang Paling Asyik Anda Singgahi

Tempat Wisata di Sumbawa – Tidak semua kalangan masyarakat di Indonesia dapat bepergian ke Sumbawa karena tempatnya yang jauh dan biaya yang dikeluarkan untuk menuju ke sana tidaklah murah. Sumbawa merupakan Pulau yang berada di wilayah Nusa Tenggara Barat atau NTB.

Karena nama Sumbawa mempunyai kemiripan dengan Sumba, ada beberapa orang yang beranggapan bahwa keduanya adalah tempat yang sama. Padahal, Sumba adalah nama salah satu Pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT, sehingga antara Sumba dengan Sumbawa merupakan tempat atau wilayah yang berbeda.

Selain Lombok dan Bali, Sumbawa merupakan salah satu Pulau di Indonesia yang mempunyai keindahan alam yang mempesona dan terlihat begitu memukau. Walaupun tidak setenar Pulau Lombok dan Pulau Bali, Sumbawa merupakan salah satu pulau di Indonesia yang mempunyai tempat-tempat wisata alam yang menarik untuk didatangi sebagai tujuan pariwisata. Ada banyak sekali tempat wisata di Sumbawa yang secara keseluruhan merupakan wisata alam yang masih terjaga keasliannya, sehingga pemandangannya masih nampak alami dan bersih.

Dari hasil penelusuran yang berasal dari sumber klikhotel.com, ada banyak sekali tempat-tempat wisata di Sumbawa yang memikat hati. Bagi yang ingin menghabiskan waktu liburan untuk menjelajahi tempat wisata di Sumbawa, rasanya perlu untuk mendatangi beberapa tempat yang diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Pantai Kencana

Wilayah Indonesia bagian Timur memang sangat terkenal dengan keindahan pantai yang dimilikinya. Oleh karena itu, ketika datang ke Sumbawa jangan lupa untuk datang dan menikmati keindahan pantainya. Salah satu pantai indah yang terdapat di Sumbawa adalah Pantai Kencana. Pantai ini terbilang unik dan terlihat berbeda dari pantai-pantai pada umumnya.

tempat-wisata-di-sumbawa

Pantai Kencana – IG by @wulan_mei25

Keindahan pantai Kencana ini nampak begitu menawan dengan adanya garis pantai yang melengkung. Kedua ujung garis melengkung tersebut mempunyai warna tersendiri yang semakin indah dengan adanya pasir berwarna putih bersih dengan warna lautnya yang sangat jernih. Di sekitar Pantai Kencana ini terdapat fasilitas berupa cottage dan hotel yang memiliki bangunan desain yang khas daerah Sumbawa, sehingga para wisatawan yang datang ke pantai ini tak perlu repot mencari penginapan terdekat. Salah satu pantai yang indah di Sumbawa ini terdapat sekitar 11 km dari Sumbawa Besar, untuk menuju ke pantai ini hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit dari pusat kota.

2. Pantai Sili dan Pantai Maci

Di Sumbawa para wisatawan dapat mengunjungi dua pantai sekaligus dalam satu tempat, yaitu Pantai yang dikenal dengan nama Pantai Sili dan Maci. Pasalnya, Pantai Sili dan Pantai Maci memang berada di tempat yang sangat berdekatan. Kedua pantai nan indah ini terletak di Dusun Teloi, Desa Mata, Kec. Tarano, Kab. Sumbawa.

Baca juga :

Untuk menuju ke kedua pantai ini para wisatawan harus melewati akses jalan yang cukup sulit, karena harus menempuh perjalanan darat selama 6 jam. Akan tetapi, di sekitar Pantai Sili dan Pantai Maci ini sudah terdapat hotel dan penginapan sehingga para wisatawan dapat beristirahat setelah menempuh perjalanan jauh. Walaupun belum banyak dikunjungi, kedua pantai ini mempunyai keindahan alam yang patut diacungi jempol, terlebih lagi kedua pantai ini mempunyai ombak yang cukup besar sehingga dapat digunakan untuk berselancar atau surfing..

3. Istana Tua Dalam Loka

Tak hanya mempunyai keindahan alam yang dapat dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata alam, di Sumbawa juga terdapat bangunan yang dapat dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata sejarah. Tempat wisata di Sumbawa menjadi semakin lengkap berkat adanya bangunan Istana Tua Dalam Loka atau yang sering disebut sebagai The Old Palace.

Istana Tua Dalam Loka, Sumber Foto:
https://situsbudaya.id

Kabarnya, Istana ini dibangun sejak tahun 1885 M silam pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III. Istana Tua Dalam Loka ini merupakan rumah panggung terbesar di dunia, istana ini dibangun dari kayu jati besar. Untuk mengenal sejarahnya, saat ini Istana Tua Dalam Loka ini digunakan sebagai Museum Daerah Sumbawa. Bagi yang ingin datang ke sini, sangat mudah untuk mengaksesnya karena letaknya berada di pusat kota Sumbawa.

4. Wisata Desa Poto

Di Sumbawa juga terdapat wisata desa yang menarik untuk didatangi, desa tersebut bernama Desa Poto. Berbeda dengan desa-desa lain yang ada di Sumbawa, Desa Poto ini memiliki kelestarian budaya yang masih terjaga hingga saat ini. Di desa ini para wisatawan dapat melihat secara langsung proses pembuatan tenun Sumbawa dan dapat melihat proses pembuatan gerabah.

Selain itu, di desa ini juga sering dilaksanakan atraksi permainan rakyat seperti karapan sapi dan pacuan kuda yang biasa dilaksanakan setelah panen. Sebagai cinderamata atau oleh-oleh khas Sumbawa, para wisatawan bisa membeli tenun atau gerabah di desa ini. Bagi yang ingin datang ke sini, dapat melalui rute darat dengan menumpangi kendaraan umum karena letaknya sekitar 13 km dari kota Sumbawa Besar, tepatnya berada di Kecamatan Moyo Hilir.

5. Pulau Moyo

Pulau Moyo merupakan salah satu tempat wisata di Sumbawa yang terkenal hingga ke mancanegara. Ketenaran Pulau Moyo ini bermula karena kunjungan mantan istri Pangeran Charles dari Kerajaan Inggris, yaitu Lady Diana. Tak heran jika dulunya Lady Diana tertarik untuk mengunjungi Pulau Moyo ini. Hal ini disebabkan karena pemandangan bawah laut pulau ini sangatlah menakjubkan.

tempat-wisata-di-sumbawa

Pulau Moyo Sumbawa – IG by @pulau_moyo

Selain itu, di daratan para pengunjungnya dapat menyaksikan dua per tiga dari cagar alam dari kawanan burung gosong, kawanan rusa, kawanan sapi liar dan kawanan babi hutan. Kemudian, di Pulau Moyo ini juga terdapat air terjun yang indah, yaitu Air Terjun Mata Jitu dan di Pulau ini para wisatawan dapat melihat keindahan sunset dari Pantai Ai Manis. Rute perjalanan menuju Pulau Moyo ini terbilang mudah untuk dilewati karena hanya perlu menyebrang dengan kapal sekitar 2 jam dari Pantai Kencana.

6. Goa Liang Petang

Nama Liang Petang sendiri diambil karena gua yang satu ini merupakan gua yang gelap. Walaupun gelap, namun keindahan gua Liang Petang ini patut untuk disaksikan, sehingga untuk melihatnya para wisatawan harus menggunakan senter. Di dalam goa ini dapat terlihat akan keindahan stalakmit dan stalaktit yang masih aktif. Selain itu, di dalam goa ini juga terdapat tempat-tempat yang dulunya sering digunakan untuk bertapa.

IG @sumbawaexplorer

Baca juga :

Kemudian, di dalam goa ini akan nampak sebuah batu yang bentuknya menyerupai bentuk manusia, batu yang menyerupai bentuk balai-balai atau pantar, batu yang berbentuk seperti makam dan juga terdapat alat tenun tradisional. Untuk menuju ke Gua ini, para wisatawan harus menempuh perjalanan sejauh 29 km dari Sumbawa Besar karena letak gua ini berada di Desa Batu Tering, Kecamatan Moyo Hulu.

7. Rumah Bala Kuning

Sama seperti bangunan Keraton Yogyakarta, Bala Kuning merupakan tempat tinggal keluarga Sultan Sumbawa. Rumah Bala Kuning merupakan tempat wisata di Sumbawa yang banyak didatangi oleh para wisatawan. Di Bala Kuning para wisatawan dapat melihat benda-benda milik Kesultanan Sumbawa, seperti pakaian kebesaran sultan, mahkota, keris, payung dan berbagai benda-benda lainnya. Kemudian, di Rumah Bala Kuning ini juga terdapat kita suci Al-Qur’an berukuran sangat besar.

Sumber Foto : dqcreativity dot blogspot

Agar liburan tidak memiliki kesan mainstream atau yang itu-itu saja, sebaiknya habiskan waktu libur untuk mengunjungi Pulau Sumbawa ini karena ada banyak sekali tempat wisata di Sumbawa yang menarik untuk dikunjungi.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*
Powered by