Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

5 Tempat Wisata di Pontianak yang Paling Populer

5 tempat wisata di Pontianak – Kota Pontianak, Kalimantan Barat ternyata memiliki ragam daerah wisata yang sangat indah yang sanyang untuk dilewatkan saat Anda mengunjungi kota yang memiliki tiga julukan ini yaitu Kota Khatulistiwa, Kota Bersinar, dan Kota Seribu Parit.

Apa sajakah tempat-tempat wisata yang recommended di Pontianak? Berikut daftar 5 tempat wisata di Pontianak yang patut Anda kunjungi:

1. Tugu Khatulistiwa

Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Pontianak ini dalam waktu singkat, karena hanya terletak sejauh 5 km dari kota Pontianak. Datanglah pada saat acara “Kulminasi Matahari” yang diadakan oleh Pemerintah Kota setiap tanggal 21 hingga 23 Maret. Apabila tak sempat, Anda bisa mengunjunginya pada tanggal 21 hingga 23 September. Anda akan disuguhi fenomena unik di mana Anda akan bisa menyaksikan saat ketika semua benda yang dekat dengan Tugu Khatulistiwa tidak memiliki bayangan. Fenomena ini terjadi saat matahari berada tepat di atas kepala. Peristiwa ini hanya terjadi selama 5 atau 10 menit saja, jadi pastikan Anda tidak melewatkannya.

tempat-wisata-di-pontianak

Tugu Khatulistiwa Pontianak – IG by @mrsekaristi

2. Wisata Sejarah Keraton Kadriah

Keraton yang cantik ini bisa menjadi tempat wisata di Pontianak selanjutnya. Keraton Kadriah dibangun pada tahun 1771 oleh Sultan pertama Kerajaan Pontianak, yaitu Syarif Abdurrahman Alkadrie, Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini di Jalan Tritura, Pontianak Keunikan istana ini adalah dominasi nuansa kuning. Warna inimerupakan warna dari kerajaan Melayu. Bahan pembangun istana ini adalah kayu belian yang dikenal kuat. Banyak yang bisa Anda saksikan di dalam istana ini, di antaranya foto-foto bersejarah, singgasana, hingga tempat tidur Sultan.

Keraton yang cantik ini bisa menjadi tempat wisata di Pontianak selanjutnya. Keraton Kadriah dibangun pada tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie

Keraton Kadriah, Sumber foto : http://www.kratonpedia.com

3. Wisata Religi Masjid Jami Pontianak

Selepas mengunjungi Keraton Kadriah, Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Pontianak lainnya yakni Masjid Jami yang terletak tak jauh dari Keraton, hanya 200 meter saja. Keunikan dari Masjid ini adalah atapnya yang bertingkat empat. Sama seperti Keraton Kadriah, empat pilar utama masjid ini juga terbuat dari kayu belian dan pembuat masjidnya adalah Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie juga.

tempat-wisata-di-pontianak

Masjid Jami Pontianak – IG by @pontinesia

4. Bersantai di Taman Alun-Alun Kapuas

Tempat wisata di Pontianak yang keempat adalah alun-alun Kapuas. Lokasi yang indah dan asyik untuk bersantai bersama teman maupun keluarga ini terletak di Jalan Rahadi Usman. Anda akan mudah menemukannya karena lokasinya persis di depan Kantor Walikota Pontianak. Luas taman ini 3 ha dan memiliki kafe-kafe terapung yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Apalagi kafe-kafe terapung ini di berbentuk perahu motor yang memberikan sensasi tersendiri saat mengunjunginya.

 Luas taman ini 3 ha dan memiliki kafe-kafe terapung yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Apalagi kafe-kafe terapung ini di berbentuk perahu motor

Taman Alun-Alun Kapuas, Sumber Foto : pesonawisataindonesia dot com

5. Wisata Rumah Adat Radakng

Tempat wisata di Pontianak berikutnya adalah di rumah adat Radakng. Kata ‘radakng’ berasal dari Bahasa Dayak Khanayatn yang berarti rumah betang (panjang). Anda bisa mengunjungi rumah adat ini di Jalan Sutan Syahrir, Kota Baru, Pontianak. Rumah ini dibuat dari kayu ulin. Anda bisa menyaksikan ukiran serta lukisan khas Dayak. Rumah adat ini berukuranbesar, yaitu 138x5x7 meter. Rumah ini bahkan dinobatkan sebagai rumah adat terbesar di Indonesia oleh MURI.

Berasal dari kata ‘radakng’ berasal dari Bahasa Dayak Khanayatn yang berarti rumah betang (panjang)

Sumber Foto : homestaypontianak.wordpress.com

Itulah 5 tempat wisata di Pontianak yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga maupun teman.

  5 tempat wisata di Pati yang patut Anda kunjungi 
Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.
  1. Pingback: 5 Tempat Wisata di Pati yang Patut Anda Kunjungi

Tinggalkan komen

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*
Powered by