Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Indahnya 5 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Banyuwangi – Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur, yang kontur wilayahnya terdiri atas dataran tinggi dan rendah. Kabupaten ini belakangan menjadi perbincangan banyak wisatawan lokal atau mancanegara, karena memiliki potensi wisata yang tak kalah menarik dengan pulau seberangnya yaitu Pulau Bali.

Berikut tempat wisata apik yang dimiliki oleh Banyuwangi :

1. Kawah Ijen

Berada di ketinggian sekitar 2.368 mdpl, kamu bisa menjumpai sebuah pemandangan alam berupa kawah seluas 20 KM, dan dikelilingi oleh dinding kaldera setinggi 300-500 meter. Ya tempat wisata Banyuwangi ini adalah Kawah Ijen. Meskipun sangat memukau, kamu tetap harus berhati-hati karena suhu disini mencapai 200 derajat celcius, serta tingkat keasamannya bisa membuat pakaian dan tubuh manusia melebur.

tempat-wisata-di-banyuwangi

Kawah Ijen – IG by @aan_vertuoso

Baca Juga : 

5 Pantai Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi, Sunrise Of Java

Kawah ijen berada diantara Banyuwangi dan Bondowoso, tempat wisata ini memiliki daya tarik utama yaitu Api Biru atau Blue Fire. Api ini berwarna biru dan terletak dibawah kawah, kamu bisa melihatnya ketika hari masih gelap. So jika kamu ingin menyaksikan fenomena alam ini, sebaiknya kamu berkunjung ketika dini hari saja. Selain pemandangan blue fire yang memukau, kamu juga bisa melihat aktivitas penambang tradisional disekitar Kawah Ijen.

2. Pantai Watu Dodol

Tempat wisata Bayuwangi berikutnya adalah Pantai Watu Dodol. Kamu bisa dengan mudah menemukan destinasi wisata ini, jika kamu perjalanan menuju Pelabuhan Ketapang dari Jember atau sekitarnya. Pantai Watu Dodol lokasinya ditandai dengan bongkahan batu besar ditengah jalan, dan patung Gandrung (Penari Khas Banyuwangi). Pantai ini berada di poros Banyuwangi – Situbondo, serta hanya berjarak sekitar 2 KM dari Pelabuhan Ketapang.

tempat-wisata-di-banyuwangi

Pantai Watu Dodol – IG by @fayealfaye

Maka tak heran jika berkunjung kesini kamu bisa melihat kapal ferry yang berlalu lalang antara Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Banyuwangi. Pemandangan alam disini juga tak kaah indah dengan yang ada di Kawah Ijen, terdapat sebuah bukit yang berada di dekat pantai. Nah kalau untuk urusan kuiner, kamu juga gak perlu khawatir karena disekitar pantai banyak warung yang menjual makanan lezat.

3. Pemandian Taman Suruh

Tempat wisata Banyuwangi selanjutnya berada di Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, yaitu Pemandian Taman Suruh. Tempat wisata yang memiliki luas sekitar 3,5 hektar dan berada di ketinggian 1.000 mdpl, dahulu merupakan kawasan tandus dan kosong. Tetapi terdapat sebuah sumber air yang berasal dari bebatuan. Nah melihat potensi ini, akhirnya kawasan tandus tadi disulap menjadi sebuah tempat wisata yang memukau.

emandian Taman Suruh terdiri dari kolam pemandian anak-anak dan dewasa. Untuk yang pemandian anak-anak, sudah dilengkapi dengan wahana permainan yang seru. Selain itu disini juga terdapat beberapa fasilitas umum, seperti mushola, kafetaria, ruang bilas, ruang ganti, dan fasilitas lainnya.

4. Air Terjun Lider

Air Terjun Lider berada di Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Berada pada ketinggian sekitar 1.300 mdpl, membuat tempat wisata Banyuwangi ini menjadi sulit untuk diakses. Jika kamu ingin berwisata ke Air Terjun Lider, kamu harus menyiapkan stamina yang cukup karena medan yang akan kamu lalui lumayan berat.

tempat-wisata-di-banyuwangi

Air Terjun Lider – IG by @banyuwangibeautiful

Baca Juga : 

Selama menaklukan medan yang cukup berat, kamu akan disuguhkan pemadangan sekeliling yang super memukau. Kamu akan melewati hamparan perkebunan, tujuh sungai didalam hutan, bahkan jika kamu akan bertemu dengan hewan kera dan burung jika beruntung. Bawalah bekal makanan yang cukup, karena disekitar air terjun tidak ada warung yang berjualan makanan. Rasa lelah selama perjalanan, akan terbayar dengan keindahan air terjun setinggi 60 meter beserta air terjun anaknya.

5. Agrowisata Kali Klatak

Agrowisata ini merupakan agrowisata pertama di Banyuwangi, yang sebelumnya dimiliki oleh Belanda dibawah Mij Moorman & Co. Dan pada akhirnya beralih ke tangan pengusaha pribumi bernama R. Soehoed Prawiroatmodjo. Agrowisata Kali Klatak berada pada ketinggian 450 mdpl, sehingga tanah disekitarnya sangat subur dan cocok untuk berkebun.

Tempat wisata Banyuwangi ini sangat dikelola dengan baik, dan memiliki hasil perkebunan seperti karet, kelapa, coklat, buah-buahan, kopi, dan beragam rempah lainnya. Ada satu lagi yang menarik dari tempat wisata ini, pada tanggal 17 April sering diadakan ritual sedekah bumi.

Nah itulah 5 tempat wisata Banyuwangi yang paling rekomendasi sekali. Ayo beribur kesana, dijamin liburan kamu disana akan menyenangkan dan mengasyikkan. Tak kalah deh dengan liburan di Pulau Bali atau Lombok. Selamat berlibur.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*
Powered by