Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Taman Pintar, Pilihan Wisata di Yogyakarta yang Menambah Wawasan

Taman Pintar, Pilihan Wisata di Yogyakarta yang Menambah Wawasan
4 (80%) 1 vote

Di zaman yang serba modern dan maju ini sudah selayaknya kita memberikan tempat wisata yang menarik dan mendidik bagi anak-anak. Jika di Jakarta terdapat pusat peragaan iptek Taman Mini Indonesia Indah dan di Jawa Timur terdapat Jawa Timur Park atau biasa dikenal dengan Jatim Park.  Yogyakarta tidak mau kalah dengan Taman Pintar. Terkenal sebagai Kota Pelajar sudah selayaknya memiliki destinasi wisata yang dapat memberikan edukasi kepada para pengunjungnya.

Taman Pintar

Taman Pintar, IG @hariyanto_wijoyo

Lokasi Taman Pintar

Demi terciptanya wisata edukasi di Kota Pelajar didirikanlah Taman Pintar yang berlokasi di Jalan Panembahan Senopati 3 Yogyakarta. Lokasi ini berdekatan dengan Taman Budaya Yogyakarta dan pasar buku murah shoping. Letaknya yang berada di pusat kota membuatnya mudah untuk dicari.

Uniknya Taman Pintar

Inisiatif dibangunnya Taman Pintar disampaikan oleh Walikota Yogyakarta Herry Zudianto SE, Akt, MM yang kemudian ide tersebut direalisasikan pada bulan Mei 2006 di tanah seluas 12.000 m2. Proses pembangunan memakan waktu satu tahun lebih satu bulan, tepatnya pada bulan Juni 2017 TamanPintar resmi dibuka. Kawasan ini berisi berbagai macam model edukasi atau pembelajaran yang dipadukan dengan konsep bermain sambil belajar. Dan didukung dengan media yang menarik sehingga merangsang keingintahuan anak untuk belajar dan memahami lebih jauh.

Ilustrasi membatik, IG @fitribangunindah

Selain itu kreatifitas anak akan berkembang seiring rasa keingintahuan yang cukup dalam. Sehingga sudah sepantasnya bagi orang tua memasukannya sebagai salah satu destinasi wisata pendidikan yang harus dikunjungi. Orangtua bersama putra-putrinya terlebih anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah.

Baca Juga : Gembiraloka Zoo, Miniatur Rimba di Kota Jogja

Alat peraga edukasi yang terdapat di Taman Pintar dibagi menjadi 2 jenis yaitu untuk kelompok usia dan untuk penekanan materi. Di dalam kelompok usia dibagi kembali menjadi beberapa jenjang. Disesuaikan dengan tingkat pendidikannya yaitu usia pra sekolah, TK, SD hingga sampai ke sekolah menengah. Sedangkan untuk penekanan materi disampaikan dalam 4 anjungan yaitu anjungan pengenalan, anjungan pengenalan ilmu-ilmu dasar, anjungan permainan dan anjungan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sumber foto : IG @stefhanyy.y

Tujuan besar yang ingin disampaikan dan disalurkan kepada para pengunjung Taman Pintar adalah untuk meningkatkan mutu penguasaan materi pendidikan. Teruatam ditengah krisis minat baca yang terbilang cukup rendah di negara ini. Dengan ditunjang oleh alat peraga diharapkan anak-anak lebih tertarik untuk mempelajari konsep-konsep pembelajaran yang terdapat di Taman Pintar.

Artikel lainnya : Beragam Keindahan di Puncak Suroloyo Yogyakarta

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Fasilitas yang ada seperti area bermain anak, mushola, toilet, perpustakaan, tempat pertunjukan indoor dan outdoor, kios suvenir, toko buku dan tempat parkir yang luas. Untuk tiket masuk masih terbilang cukup terjangkau, dengan Rp 20.000,00 untuk dewasa dan anak-anak Rp 12.000,00 sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di Taman Pintar.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*