Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Puncak Widosari, Suasana Pegunungan Terbaik di Yogyakarta

Puncak Widosari, Suasana Pegunungan Terbaik di Yogyakarta
Rate this post

Yogyakarta merupakan surga bagi para pecinta alam, betapa tidak disana terdapat tempat-tempat menakjubkan yang tersembunyi dan belum banyak terjamah oleh manusia. Salah satunya adalah Puncak Widosari. Puncak yang berada di Tritis, Ngargosari, Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarta ini menyimpan banyak keindahan yang belum diketahui. Menurut informasi, tempat ini pernah dijadikan Pangeran Diponegoro sebagai tempat bertapanya.

Puncak Widosari

Foto Puncak Widosari, IG @taufiqarifn

Peraturan Unik di Puncak Widosari

Masyarakat disekitar puncak Widosari kebanyakan bermatapencaharian sebagai petani teh dan peternak kambing. Karena banyak kambing, disana anda dapat mencicipi dan juga membeli susu kambing sebagai oleh-oleh setelah pergi ke tempat wisata ini. Seperti masyarakat desa kebanyakan, orang disini sangat ramah dan kental dengan adat budaya khasnya. Hendaknya kita sebagai wisatawan harus saling menghormati dan mematuhi peraturan yang tersedia saat mengunjungi puncak Widosari. Disana terdapat peraturan tertulis diantaranya adalah dilarang untuk membakar dupa, menyan, dan sejenisnya.

Foto Syantik di Widosari, photo by IG @aninda_afidatu

Bentuk Gunung Menyerupai Manusia

Gunung Widosari merupakan gunung yang sangat unik karena jika dilihat dengan seksama bentuknya hampir mirip seperti kepala manusia. Terdapat benjolan yang menyerupai bentuk hidung, mata dan mulut yang membuat orang merasa terkagum saat melihat gunung ini. Bagi Anda yang sangat menyukai suasana tenang dan sejuk wisata ini merupakan tempat yang paling cocok untuk Anda. Apalagi bagi yang hobi fotografi, Anda dapat mengambil gambar pemandangan PucakWidosari yang sangat menawan.

Baca yang lainnya :

Sensasi Wisata Sungai Oyo di Yogyakarta

Umbul Ponggok, Tawarkan Berenang di Bawah Air Tawar

Akses dan Jalur

Akses menuju ke puncak Widosari relatif aman karena sudah tertata rapi dan jaraknya lumayan tidak terlalu jauh. Tetapi, wisatawan disarankan untuk tetap berhati-hati karena kanan kiri jalan terdapat jurang yang cukup dalam. Jika telah puas menikmati pemandangan di sini, Anda dapat membeli camilan atau makanan di warung yang terdapat disana.

Rute yang dilewati untuk mencapai Puncak Widosari dari kota Yogyakarta yaitu langsung ke arah barat menuju Pasar Godean. Kemudian Anda tinggal lurus menuju Perempatan Nanggulan. Setelah itu belok kanan menuju Pasar Plono dan Anda akan ditunjukkan oleh petunjuk arah untuk sampai ke Puncak.

Meskipun wisata ini sangat terjangkau tetapi jangan salah, Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat mahal jika Anda telah lama tinggal di kota besar. Dikarenakan Anda nantinya akan dimanjakan dengan hamparan hijau perkebunan yang sangat luas dan beberapa batu besar yang sangat kokoh.

Batu Besar Kokoh di PuncakWidosari, IG @ruslimages

Jangan lupa untuk mengabadikan kenangan saat berada di Puncak Widosari dan share ke sosial media agar lebih banyak orang yang mengenal salah satu puncak yang eksotis ini. Bagi Anda yang takut ketinggian, puncak Widosari merupakan puncak yang cukup aman karena tidak terlalu tinggi dibanding wisata puncak yang lainnya. Tertarik untuk menikmati sejuknya puncak Widosari saat liburan kali ini? Silahkan kontak PaketWisata.id

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*