Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Beragam Keindahan di Puncak Suroloyo Yogyakarta

Beragam Keindahan di Puncak Suroloyo Yogyakarta
5 (100%) 1 vote
Siapa yang tidak kenal dengan keindahan Puncak Suroloyo? Tempat wisata di Yogyakarta yang menarik ini memiliki view menakjubkan, apalagi saat kondisinya sedang cerah. Puncak Suroloyo adalah bukit tertinggi di pegunungan Menoreh yang letaknya berada di Kabupaten Kulonprogo, tepatnya di Dsn Kecame, Ds Gerbosari, Samigaluh, Yogyakarta. Puncak tersebut memiliki ketinggian rata-rata sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Puncak ini merupakan salah satu tempat untuk menikmati pemandangan pegunungan yang indah dan mempesona.

Puncak Suroloyo, gambar : IG @febri.awh

Sejarah Puncak Suroloyo

Menurut sejarah, puncak Suroloyo memiliki hubungan dengan Kerajaan Mataram Islam. Dalam Kitab Cabolek yang dikarang oleh Ngabehi Yasadipura pada abad 18 menjelaskan bahwa suatu hari Sultan Agung yang dahulu masih bernama Mas Rangsang mendapat wangsit untuk berjalan dari Keraton Kotagede menuju arah barat. Setelah berjalan sejauh 40 km, akhirnya Mas Rangsang tertidur tepatnya di PuncakSuroloyo ini. Disinilah beliau mendapat wangsit kembali untuk membangun tapa di tempat beliau berhenti sebagai syarat untuk menjadi penguasa yang adil dan bijaksana.

Beberapa Landskap Puncak Suroloyo

Datang saat pagi hari sebelum waktu subuh, apabila seorang muslim Anda dapat mampir sholat subuh ke mushola yang dekat dengan kawasan tersebut. Kemudian setelah subuh Anda harus menaiki ratusan tangga untuk mencapai ke puncak. Jika beruntung pada saat cuaca cerah pemandangan dari atas bukit ini akan terlihat sangat jelas. Anda dapat menikmati keempat gunung besar di pulau Jawa yaitu gunung merapi, merbabu, sindoro, dan sumbing. Tak kalah megahnya, Anda dapat melihat puncak borobudur dari tempat ini.

Puncak Suroloyo

Gambar IG @yusifirda_

Waktu terbaik untuk menikmati keindahan Puncak Suroloyo adalah pada saat musim kemarau. Puncak Suroloyo menyediakan fasilitas beberapa gardu untuk menikmati landskap yang mempesona. Meskipun perjalanan sangat panjang dan melelahkan tetapi semua akan terobati saat sampai di puncak dengan pemandangan deretan gunung serta sunrise yang luar biasa. Bahkan jika Anda beruntung dan cuaca memungkinkan Anda dapat melihat Pantai Glagah dan hamparan kebun teh yang sangat luas.

Rute yang Harus Dilewati Untuk Menuju Puncak

Ada beberapa rute yang dapat dilewati untuk sampai di Puncak Suroloyo. Namun, rute yang paling mudah dilewati adalah rute yang melewati Pasar Jagalan. Bagi Anda yang sedang berlibur ke Wisata Kalibiru bisa lanjut ke sini. Jarak tempuh selama kurang lebih satu jam dengan rute melewati Girimulyo.

Tangga menuju puncak Suroloyo, IG @sofyan2269

Meskipun jalur untuk menuju ke puncak sangat terjal dan berkelok-kelok, tapi asik. Udara segar dan sejuk disini dapat mengobati perjalanan ke puncak. Bagi wisatawan yang tidak ingin repot datang pada dini hari, Anda dapat menginap di bungalow atau homestay yang disediakan oleh warga setempat dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga : Gembiraloka Zoo, Miniatur Rimba di Kota Jogja

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*