Pantai Siung, Surganya Penikmat Olahraga Ekstrim

Mungkin Anda jarang mendengar nama tersebut. Pantai Siung memang tidak sepopuler seperti pantai-pantai di Yogyakarta, bahkan pantai ini sepertinya tak masuk dalam list pantai Yogyakarta yang harus dikunjungi anak muda kekinian. Namun, jika Anda merupakan penikmat olahraga ekstrim seperti rock climbing, Pantai Siung adalah pilihan utama yang harus dikunjungi.

Tak hanya para pemanjat lokal yang ingin merasakan gaharnya tebing di Pantai Siung, namun pemanjat yang berasal dari luar negeri pun juiga banyak yang ingin merasakan sensasinya.  Sebelum berkembang menjadi sebuah wisata khusus pemanjat tebing, Pantai Siung sebenarnya adalah pantai biasa. Namun di tahun 2000-an, banyak kelompok pecinta alam yang mulai melirik tebing di Pantai ini dan membuat jalur pemanjatan. Berbagai macam acara yang berkaitan dengan panjat tebing pun dilakukan di tempat ini. Puncaknya di tahun 2005, provinsi DIY menetapkan lokasi ini sebagai kawasan wisata khusus pemanjat tebing.

Pantai Siung YogyakartaSemenjak saat itu, Pantai Siung menjadi bahan pembicaraan para pemanjat. Keberadaannya bahkan menjadi sangat populer. Setiap hari libur berdatangan para pemanjat untuk menaklukkan tebing di Pantai ini. Sampai sekarang ini terdapat 50 jalur panjat tebing yang dipasangi pengaman permanen, dan akan terus bertambah.

Baca juga Tempat Wisata Berikut ini :

Pantai Greweng, Pantai Cantik di Gunung Kidul Yogyakarta

Hutan Pinus Asri, Lokasi Selfie Paling Asyik di Bantul

Aktivitas di Pantai Siung 

Jika Anda tidak suka dengan olahraga ekstrim ini, tidak perlu cemas karena ada beberapa kegiatan lain yang dapat dilakukan selama di Pantai Siung. Pertama, camping. Biasanya para pemanjat memilih menginap di Pantai Siung. Hal ini dilakukan agar mereka dapat melakukan aktivitas pemanjatan dari pagi sampai senja. Jika Anda tidak tertarik, Anda tetap bisa mendirikan tenda di sini. Salah satu spot menarik untuk mendirikan tenda berada di kanan pantai, diantara tebing karang.

Kedua, hammocking. Memasang hammock tak hanya bisa dilakukan di dahan pohon. Anda bisa memasang hammock di bebatuan karang. Jangan lupa membawa kacamata agar penampilan menjadi semakin gaya.

Hal terakhir yang bisa dilakukan di pantai ini adalah menikmati keindahannya. Tidak ada yang lebih menarik dari menikmati keindahan sebuah pantai sembari merasakan kesegaran es kelapa muda. Anda bisa beristirahat sejenak dan pergi dari hiruk pikuk aktivitas yang padat. Di pantai yang sunyi ini, Anda dapat meluruhkan seluruh rasa letih dan hanya fokus pada diri sendiri.

Lokasi Pantai Siung 

Pantai Siung berlokasi di Ds Wates, Tepus, Gunung Kidul. Jaraknya kurang lebih 90 km dari pusat kota, Pantai Siung dapat Anda tempuh selama 3 jam perjalanan. Akses untuk menuju ke kawasan ini sudah beraspal penuh, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menjangkaunya. 

Harga Tiket Masuk 

Untuk masuk ke Pantai Siung, Anda hanya perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang, namun jika ingin camping harus membayar biaya sebesar Rp 10.000 per rombongan.

Mau ke sini dengan paket wisata dari kami ? Armada Jogja Empat Roda siap membantu Anda.  Tentu saja dengan sewa mobilnya dan tim yang sudah berpengalaman.

Pantai Siung, Surganya Penikmat Olahraga Ekstrim
5 (100%) 1 vote

Leave a Comment

*Please complete all fields correctly

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat via WhatsApp dengan admin kami