Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Pantai Baron, Wisata Pantai yang Tiada Duanya

Ketika Anda traveling ke Jogja, rasanya pasti kurang afdol, jika tidak mengunjungi Gunung Kidul. Bicara soal Gunung Kidul, tentunya akan terasa kurang lengkap, jika tidak membicarakan soal pantainya. Tidak dapat dipungkiri bahwa wisata pantai yang ada Gunung Kidul selalu menyimpan cerita tersendiri tentang keindahan dan juga keunikannya yang sukses menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung. Salah satu pantai di Gunung Kidul yang dikenal dengan keindahan teluknya yaitu Pantai Baron. Kebanyakan wisatawan menyebut pantai ini sebagai wisata pantai yang sangat komplit. Alasannya sederhana, adanya hamparan pasir putih, mercusuar dan juga wisata edukasi.

Pantai Baron

Spot Foto Pantai Baron, pict by : IG @sendyelvyna02

Lokasi Pantai Baron

Lokasi pantai Baron ini terletak di Ds Kemadang, Tanjung Sari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini menyuguhkan panorama yang sangat indah dari atas ketinggiannya dengan hamparan pasir putih yang halus sejauh mata memandang.

Sejarah nama Pantai Baron 

Menurut sejarah yang berkembang, nama Baron ini diambil dari nama seorang bangsawan asal Belanda yang bernama Baron Skeber. Cerita zaman dulu menyebutkan, Baron Skeber pertama kali mendaratkan kapalnya di pantai selatan yang berada di lokasi ini. Peristiwa pendaratan kapan tersebut akhirnya membuat pantai ini akhirnya dikenal dengan sebutan Pantai Baron.

Mercusuar Pantai Baron, gambar IG @ivansujatmoko

Akses menuju Pantai Baron

Akses menuju pantai baron ini tidak begitu sulit. Anda bisa menggunakan berbagai macam kendaraan mulai dari motor, mobil, transportasi umum dan lain sebagainya. Ketika Anda memilih menggunakan transportasi umum, maka Anda bisa menggunakan bis trans Jogja jurusan terminal Giwangan. Lalu dari sana, Anda kemudian naik minibus jurusan Jogja-Wonosari dimana jarak tempuhnya sekitar 1-2 jam. Setelah tiba di Wonosari, Anda dapat menaiki minibus yang menuju ke destinasi.

Baca juga :

Puncak Widosari, Suasana Pegunungan Terbaik di Yogyakarta

Gudeg Yu Djum Yogyakarta yang Melegenda

Harga tiket Pantai Baron 

Pantai yang letaknya 60 km dari pusat kota Yogyakarta ini memiliki harga tiket masuk sebesar Rp10.000,- untuk tiap orangnya. Di sini, Anda bisa melakukan banyak kegiatan mulai dari fotografi, berenang, camping, main, trekking hingga memancing.

Pantaibaron dari atas mercusuar, IG @ayodolan

Bermuara ke Sungai Bawah Tanah

Pantai Baron memang selalu sukses menyuguhkan panorama pasir yang warnanya lebih gelap dari pantai lain yang ada di gunung kidul. Tetapi fenomena alam yang terdapat di pantai ini akan sangat sulit untuk dilupakan. Di pantai ini, terdapat sebuah aliran sungai yang berwarna kehijauan dan berpadu dengan air laut yang warnanya kebiru-biruan. Jika biasanya Anda melihat sungai di atas tanah, maka berbeda dengan sungai yang ada di pantai ini, dimana muaranya berasal dari dalam lahan yang berada di dalam tanah. Sehingga air yang dikeluarkan segar dan juga jernih. Hal yang menjadi keunikan lainnya dari sungai ini yaitu aliran airnya yang biasa berubah arah dalam kurun waktu lima tahun sekali.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*
Powered by