Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

6 Oleh-oleh Khas Lombok yang Wajib Anda Bawa Pulang ke Rumah

6 Olek-oleh Khas Lombok – Wilayah Indonesia bagian Timur memang dikenal memiliki pesona keindahan alam yang indah, salah satunya adalah Pulau Lombok. Sebagai salah satu Pulau tetangga dari Pulau Bali, membuat Lombok memiliki objek-objek wisata yang tak kalah bagusnya dengan yang ada di Pulau Dewata Bali.

Walaupun nampak sama dengan Bali, namun Lombok mempunyai adat istiadat dan kebudayaan yang berbeda-beda, karena Pulau ini banyak didatangi para wisatawan karena memiliki keindahan alam yang dianggap menakjubkan tak seperti Bali yang juga mempunyai kebudayaan yang masih terjaga dengan baik.

Setiap turis atau wisatawan yang datang ke Lombok, mempunyai tujuan yang berbeda-beda, diantaranya ada yang ingin melakukan perjalanan wisata alam, ada yang ingin melakukan perjalanan wisata sejarah, wisata religi, wisata belanja, wisata kuliner dan ada pula yang melakukan semuanya sekaligus dalam satu tujuan. Hal ini disebabkan karena belum lengkap jika sudah ada dan datang ke Lombok tetapi belum mengenal dan mengeksplorasi lebih jauh lagi tentang Pulau yang indah ini.

Baca artikel lainnya:

Setelah puas berjalan-jalan dan mengunjungi objek-objek wisata yang menarik, sebagai pelengkap dan sebagai pengunjung kegiatan jalan-jalan rasanya sangat perlu untuk membeli aneka oleh-oleh khas Lombok yang akan dibawa pulang untuk orang yang ada di rumah. Karena Lombok merupakan salah satu tempat wisata, maka ada banyak orang yang menjual oleh-oleh, mulai dari oleh-oleh berupa makanan, souvenir dan benda lainnya yang merupakan ciri khas Lombok. Biasanya, oleh-oleh tersebut dapat dengan mudah didapatkan dan dibeli di tempat-tempat wisata, supermarket, toko hingga kios-kios yang menjualnya.

Ada banyak sekali oleh-oleh khas Lombok yang dapat dipilih untuk dibawa ke tempat asal dan untuk dibagikan kepada orang-orang terdekat. Selain itu, oleh-oleh juga dapat digunakan sebagai pertanda bahwa kita sudah pernah datang dan mengunjungi Pulau Lombok. Bagi yang ingin mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang, berikut ini ada beberapa pilihan oleh-oleh yang khas yang dapat dibawa pulang.

1. Kain Tenun Sasak

Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal akan adat istiadat dan hasil karya yang dihasilkannya. Hasil karya kebudayaan dan adat istiadat masyarakat Lombok salah satunya adalah kain tenun sasak yang hanya dijumpai di wilayah Lombok saja. Kain tenun sasak dibuat dengan proses pembuatan yang sangat rumit dan lama, terlebih lagi pembuatannya memang masih menggunakan cara tradisional, yaitu dengan menggunakan tangan.

oleh-oleh-khas-lombok

Kain Tenun Sasak – IG by @aditralfath

Oleh karena itu, tak heran jika kain tenun sasak ini dijual dengan harga yang mahal. Namun, harga tersebut disesuaikan dengan jenis benang yang digunakan untuk membuat kain sasak yang dipilih. Jika ingin membeli kain tenun sasak sebagai oleh-oleh, dianjurkan untuk pintar dalam menawar harganya.

2. Kaos Oblong LombokĀ 

Tak hanya di Lombok saja, kaos merupakan oleh-oleh yang banyak dicari saat berkunjung ke tempat wisata lainnya. Hal ini disebabkan karena kaos dijual dengan harga yang murah, yaitu mulai dari Rp. 20.000. Sama seperti kaos pada umumnya, kaos oblong Lombok ini merupakan kaos yang nyaman untuk digunakan. Bedanya, kaos oblong khas Lombok ini tersedia dalam berbagai pilihan warna dan gambar sablon yang disesuaikan dengan ikon tempat-tempat wisata yang ada di Lombok. Jika ingin menjadikan kaos oblong Lombok sebagai oleh-oleh, sebaiknya sesuaikan dengan ukuran dan selera si penerimanya nanti.

IG by @lombokexotic_oleholeh

3. Mutiara Lombok

Sebagian besar dari wilayah Lombok adalah lautan, sehingga menjadikan Pulau ini sebagai salah satu tempat penghasil mutiara di Indonesia. Di Lombok, sangat mudah menjumpai pedagang mutiara dan mutiara tersebut dapat dibeli secara langsung dengan harga yang lebih murah. Mutiara Lombok ini dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Lombok untuk menjadi milik pribadi ataupun untuk orang-orang terkasih.

Tak hanya mendapatkan mutiara berkualitas, di Lombok pembeli mutiara tersebut akan mendapatkan sertifikat kepemilikan. Bagi yang ingin menjadikan mutiara lombok sebagai oleh-oleh, belilah mutiara tersebut di toko perhiasaan yang tersebar di seluruh wilayah Lombok. Selain itu, mutiara tersebut juga dapat dibeli di butik-butik mutiara, art shop dan di tempat wisata.

4. Madu Sumbawa

Dari namanya saja sudah dapat diketahui bahwa madu Sumbawa ini memang berasal dari Pulau Sumbawa, karena Sumbawa memang terkenal sebagai penghasil madu terbaik di seluruh Indonesia. Bagi yang ingin membeli dan mendapatkan madu Sumbawa, madu ini bisa ditemukan dan dibeli dengan mudah di Lombok. Ada beberapa jenis madu Sumbawa yang dapat dipilih, yaitu madu biasa dan madu putih.

Berbeda dengan madu biasa yang mempunyai warna kuning kecoklatan, madu putih memiliki warna putih yang berasal dari lebah yang hidup pada sarang berwarna putih. Tak hanya mempunyai rasa yang manis dan nikmat, madu putih juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, yang sangat baik untuk kesehatan tulang, sistem syaraf dan sistem pencernaan. Berbeda dengan madu pada umumnya, madu Sumbawa yang dibeli di Lombok telah dicampur dengan rempah-rempah khas Lombok.

5. Dodol Rumput Laut

Dodol merupakan salah satu makanan khas di Indonesia, yaitu jajanan yang memiliki tekstur yang lengket serta mempunyai rasa manis dan legit ketika dikonsumsi. Berbeda dengan dodol yang ada di daerah lainnya, di Lombok terdapat dodol rumput laut yang dapat dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh khas Lombok. Tak hanya memiliki cita rasa yang manis, dodol rumput laut khas Lombok ini mempunyai rasa yang menyegarkan karena juga terbuat dari campuran buah-buahan. Dodol rumput laut ini merupakan oleh-oleh yang harus dibeli untuk dibawa pulang, karena memiliki rasa yang unik dan harganya juga murah.

6. Susu Kuda Liar

Tak hanya terkenal sebagai tempat memproduksi madu, Sumbawa juga terkenal dengan susu kuda liarnya. Susu kuda liar tersebut juga bisa ditemukan dan dibeli di Lombok, sehingga para wisatawan yang datang ke Lombok dapat menjadikannya sebagai oleh-oleh. Sesuai dengan namanya, susu ini memang dihasilkan oleh kuda yang hidup bebas.

Susu Kuda Liar Sumbawa – IG by @ompu_makarau

Walaupun demikian, susu ini mempunyai rasa yang enak dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebab, di dalam susu kuda liar ini terdapat kandungan prebiotik alami yang dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat dan dapat menghilangkan kandungan kimia yang ada di dalam tubuh. Selain dijadikan sebagai minuman kesehatan, susu kuda liar ini juga dapat dikonsumsi sebagai penambah stamina.

Belum bisa dikatakan lengkap, jika belum membeli sejumlah oleh-oleh khas Lombok untuk keluarga tercinta dan orang-orang terdekat yang ada di rumah. Ada banyak sekali oleh-oleh yang bisa didapatkan di Lombok, yang beberapa diantaranya telah disebutkan di atas. Sebelum memutuskan untuk membeli oleh-oleh, sebaiknya pilihlah oleh-oleh yang kiranya juga berguna bagi para penerimanya. Selain itu, pikirkan juga biaya yang akan dikeluarkan untuk membeli oleh-oleh tersebut dan saat membelinya jangan lupa untuk selalu menawar harga terlebih dahulu.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*
Powered by