Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Monumen Serangan Umum 1 Maret, Bukti Perjuangan TNI Untuk Indonesia

Kota Yogyakarta tidak lepas dengan cerita sejarahnya di masa lampau, utamanya perjuangan menuju Indonesia merdeka. Daerah Istimewa ini menyimpan bukti sejarah mempertahankan kemerdekaan Indonesia yaitu sebuah monumen yang diberi nama Monumen Serangan Umum 1 Maret.

Monumen Serangan Umum 1 Maret

Monumen Serangan Umum 1 Maret, IG mizzi.nanangwisnugroho

Tentunya dari nama tersebut sudah dipastikan ada peristiwa besar pada bulan Maret bagi bangsa Indonesia khususnya di wilayah Yogyakarta? Peristiwa apakah itu?

Lokasi Monumen Serangan Umum 1 Maret

Monumen Serangan Umum 1 Maret terletak di kawasan titik nol Km Yogyakarta dibagian timur yang lebih tepatnya di depan Kantor Pos Besar Yogyakarta. Akses menuju lokasi ini sangatlah mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun umum karena berada di jantung kota Yogyakarta.

Rute Menuju Lokasi

Para wisatawan bisa menuju monumen Serangan Umum 1 Maret dengan berbagai cara yaitu:

    1. Dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat kemudian bisa diparkir di sekitar malioboro dan halaman benteng Vredeberg
    2. Naik becak, andong maupun taksi dan turun di sekitaran titik nol
    3. Naik Bus Kota jalur 4, 9, 11, 12, 15 dan 18
    4. Naik Bus Transjogja jalur 1A, 1B, 2A, 2B, dan 3A turun di halte Taman Pintar, Senopati ataupun Ahmad Yani.

Sejarah Pembangunan 

Wisata monumen Serangan Umum 1Maret dibangun guna memperingati perjuangan para Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam perlawanannya terhadap Belanda pada 1 Maret 1949 silam. Saat itu Indonesia dianggap tidak ada dan lumpuh dalam pemerintahan. Kemudian para TNI melakukan serangan besar sebagai pembuktian bahwa Indonesia memang sudah merdeka. Serangan tersebut dipimpin oleh Letnan Kolonel Soeharto sebagai Komandan Brigade 10 daerah Wehrkreise III.

Sumber Foto : Akun IG @aditio_palam

Selama 6 jam peperangan yang dimulai dari pukul 06.00 – 12.00 wib dan sesuai dengan perencanaan, akhirnya Tentara Indonesia mampu menduduki wilayah Yogyakarta. Keberhasilan TNI menjadi bukti bahwa bangsa Indonesia tidak mudah dikalahkan oleh propaganda-propaganda yang dibuat Belanda.

Tiket Masuk

Para pengunjung yang ingin berwisata ke monumen SeranganUmum 1 Maret ini tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

Wisata Edukasi

Tempat wisata yang satu ini bisa dijadikan sebagai tempat wisata edukasi karena menyimpan sejarah besar bangsa Indonesia. Dengan adanya tempat-tempat semacam ini akan memberikan pengetahuan yang mendalam untuk generasi muda sehingga mereka bisa lebih menghargai jasa para pahlawan dan berusaha menjadi generasi penerus yang mampu mengangkat harkatdan martabat bangsa juga Negara Indonesia di mata dunia.

Para pengunjung juga bisa mengabadikan momen-momen penting dengan berswafoto di sekitar monumen Serangan Umum 1Maret. Pastikan baterai kamera maupun smartphone anda dalam kondisi penuh.

Tempat Wisata Di Sekitarnya

 Lokasi wisata monumen ini sangat strategis karena dekat dengan tempat wisata lain diantaranya: museum Vredeberg, Taman Pintar, Malioboro, Keraton Yogyakarta, dan Taman Sari.

Pantai Glagahsari, Pecahan Ombak di Laut Kulonprogo

Kunjungi Kampung dolanan anak untuk Kilas Balik Permainan yang Banyak Ditinggalkan

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*
Powered by