Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Persembahan IPI Kepri Travel Mart untuk Giat Wisata Indonesia

Persembahan IPI Kepri Travel Mart untuk Giat Wisata Indonesia
5 (100%) 1 vote

Kepri Travel Mart 2018 yang diadakan oleh Insan Pariwisata Indonesia (IPI) Provinsi Kepulauan Riau berlangsung pada tanggal 29 Oktober – 1 November 2018. Kegiatan Travel Mart ini berlangsung di Batam, Bintan dan Johor.

Agenda pariwisata yang bertajuk Kepri Travel Mart ini baru pertama kali diadakan oleh IPI Kepri dengan platform kontak bisnis Seller dan Buyer atau B2B (Business to Business).

Kepri Travel Mart

Treasure Bay

Hari Pertama, 29 Oktober 2018

Penulis yang juga dari travel agent sebenernya agak ragu untuk berangkat ke Batam karena paginya ada insiden jatuhnya pesawat Lion Air JT601, sedangkan flight yang saya pakai juga dari maskapai Lion Air. Dengan niat basmalah dan tekad untuk memeriahkan acara Kepri Travel Mart, penulis dan keempat rekan travel agent dari Jogja berangkat menggunakan Lion JT277 dari bandara Adisutjipto Yogyakarta menuju Hang Nadim International Airport di Batam.

Meski sempat delay selama 1 jam, namun akhirnya kami berangkat dan mendarat mulus di Batam. Sesampainya di Bandara Hang Nadim, kami dijemput panitia dan diantar untuk registrasi di Nite & Day Hotel, lalu check in di The Hills Hotel.

Pada jam 19.00 WIB kami dijemput lagi untuk menghadiri acara pelantikan pengurus IPI DPW Batam dan IPI DPW Bintan dengan masa jabatan tahun 2018-2021. Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Batam dan jajarannya, para pelaku wisata seluruh Indonesia serta para stakeholder terkait.

Hari Kedua, 30 Oktober 2018

Menu sarapan pagi yang enak di The Hills Hotel membuat kami berdelapan sangat bersemangat mengikuti rangkaian acara di hari kedua ini. Hotel tempat menginap buyers dan seller beda-beda, ada yg di Nite & Day Hotel, Nagoya One Hotel, dan The Hills Hotel.

Table Top Kepri Travel Mart

Pada jam 08.00 WIB kami dijemput panitia untuk menuju acara Table Top. Agenda Table Top Kepri Travel Mart Kepri ini digelar di Pacific Palace Hotel yang diikuti oleh 100 buyers & 50 sellers yang berasal dari Indonesia, Thailand, dan Malaysia.

Para peserta Kepri Travel Mart ini notabene bergerak di bidang Travel Agent, Whole Seller, Perusahaan Atraksi & Destinasi Wisata, Tour Operator, Transportasi Wisata, Hotel & Resort, serta Tempat Oleh-oleh.

Kegiatan Table Top tersebut berlangsung selama 3 jam sampai saat makan siang tiba dan dihadiri oleh Bapak Walikota, Muhammad Rudi beserta jajarannya.

Seusai Table Top dan makan siang, kami diajak untuk mengikuti acara famtrip di Johor atau Bintan. Bagi yang membawa paspor dan memenuhi persyaratan dari panitia, maka akan dibawa untuk mengeksplorasi wisata di Johor. Sedangkan yang lainnya memilih untuk melakukan famtrip di Bintan. Saya sendiri termasuk ke rombongan yang berangkat ke Johor.

Perjalanan dari Pasifik hotel batam menuju pelabuhan ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit. Sebelum menyeberang, kami mengurus perijinan kunjungan terlebih dahulu dengan pihak imigrasi.

Penyeberangan kami ke Johor menggunakan kapal ferry Dolphin yang sangat nyaman dan bersih. Perjalanan laut dari Pelabuhan Internasional Batam Center menuju Iskandar Puteri Harbour Johor membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam.

Sesampainya di Pelabuhan Iskandar Puteri, rombongan kami dijemput oleh pelaku pariwisata Johor atau Johor Tourism. Kami dibawa menuju ke KSL Resort Johor Bahru City Centre untuk makan malam dan istirahat.

Hari Ketiga, 31 Oktober 2018

Pada hari ketiga ini, kami diajak untuk mengunjungi beberapa tempat menarik di Johor Bahru, diantaranya stadion bola Tan Sri Dato ‘Hj. Hassan Yunos (Stadium Larkin), KPJ Johor Specialist Hospital, Capital City Mall, Gedung Iskandar, dan Johor Premium Outlet (JPO).

Berikut foto-foto yang bisa kami tampilkan :

foto stadion bola Tan Sri Dato ‘Hj. Hassan Yunos (Stadium Larkin)

Stadion Johor

Stadion Johor

Gedung Iskandar

Hari keempat, 1 November 2018

Pada hari keempat ini, kami tidak banyak melakukan aktivitas di alam atau mengunjungi destinasi wisata di Batam. Saya isi hari ini untuk melakukan beberapa transaksi bisnis dengan beberapa seller yang sudah kami temui saat Table Top kemarin dan pada sore harinya, kami menghadiri acara pembukaan Kenduri Seni Melayu di Alun-alun Batam Centre.

Kenduri Seni Melayu

Pembukaan ini dihadiri oleh para pejabat setempat seperti Wali Kota Batam dan jajarannya, Kepala Dinas Pariwisata dan jajarannya, serta menampilkan penyanyi Iyeth Bustami serta artis-artis ibukota lainnya.

Hari kelima, 2 November 2018

Jam 5.00 pagi, alarm telepon seluler sudah berbunyi dan menandakan bahwa hari ini saya siap mengeksplor tempat wisata sebanyak-banyaknya. Saya bangun dan mempersiapkan diri karena akan dijemput Pak Teddy (salah satu panitia event Kepri Travel Mart) untuk eksplorasi wisata di Pulau Bintan.

Tepat pukul 6.30, kami berangkat dari Hotel Nagoya One menuju pelabuhan Roro ASDP Telaga Punggur Batam. Penyeberangan dari pelabuhan Roro ASDP Telaga Punggur Batam menuju Pelabuhan Tanjung Uban Bintan ditempuh dalam waktu 1 jam. Rencana kami di Pulau Bintan ini akan mengeksplorasi destinasi wisata seperti Gurun Pasir, Treasure Bay, Lagoi Bay, & Patung Penyu.

Trip pertama yakni mengunjungi Gurun Pasir Telaga Biru yang terletak di Dusun Busung, Tanjung Uban, Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Saat berada di tempat ini, saya takjub karena sejauh mata memandang yang terlihat adalah hamparan pasir putih seperti gurun pasir di Timur Tengah. Selain itu juga terdapat telaga berwarna biru yang sangat mirip seperti oase.

Gurun Pasir Bintan

Gurun Pasir Bintan

Sesuatu yang aneh di pikiran saya, kenapa di daerah tersebut terdapat tempat unik seperti itu. Setelah saya bertanya kepada pedagang sekitar, kawasan gurun pasir tersebut terbentuk karena bekas penambangan pasir bauksit yang sudah lama terbengkalai. Kegiatan penambangan pasir bauksit tersebut  dihentikan penambangannya sejak jaman orde baru. Tempat tersebut sangat menarik untuk dijadikan tempat selfi-selfi, bahkan sangat menarik juga untuk foto prewedding.

Telaga Biru Bintan

Sebelum melanjutkan trip kedua menuju ke Treasure Bay, kami istirahat sebentar untuk makan siang di Pujasera Lagoi sekaligus menunggu hujan agak reda.

Treasure Bay

Tepat jam 13.00, kami berangkat menuju Treasure Bay. Berdasar informasi yang saya terima, tempat ini merupakan kolam renang terbesar se-Asia Tenggara. Sesampainya di Treasure Bay, saya melihat ada beberapa permainan air yang bisa dijadikan aktivitas Anda. Diantaranya: Aqua Glide, Bumper Boat, Float, Jetovator, Kayak, Sea Scooter, dll.

Harga yang ditawarkan pun cukup mahal, mulai dari harga puluhan ribu sampai harga jutaan per permainan. Dengan manajemen yang sangat profesional dan area kolam yang sangat terawat, maka sangat layak kalau Treasure Bay menjadi tempat paling favorit bagi wisatawan mancanegara.

Lagoi Bay

Setelah satu jam menyusuri Treasure Bay, perjalanan kami dilanjutkan menuju  Lagoi Bay. Lagoi Bay merupakan pantai dengan cita rasa moderen. Ada beberapa jetski yang disewakan, cafe-cafe yang menawarkan pemandangan laut, serta resort-resort mewah di pinggir pantai. Di depan pantai Lagoi Bay, Anda bisa  melihat pulau Johor Bahru, yang merupakan negara bagian Malaysia.

Lagoi Bay

Trip selanjutnya sebelum menuju pelabuhan Tanjung Uban, kami mampir sejenak di patung penyu yang merupakan salah satu ikon pulau Bintan. Tidak jauh dari patung penyu tersebut ada vihara yang cukup besar, bernama Vihara Guan Ti Gong.

Hari Keenam, 3 November 2018

Pada hari keenam, saya berencana untuk kembali ke Jogja. Sebelum menuju ke Bandara Hang Nadim, saya mampir terlebih dahulu di Jembatan Barelang Batam. Nama Barelang sendiri merupakan singkatan dari BAtam, REmpang, dan gaLANG. Jembatan Barelang ini merupakan jembatan yang menghubungkan Pulau Batam dengan pulau-pulau lainnya seperti Pulau Tonton, Pulau Rempang, Pulau Galang Baru, dan Pulau Nipah.

——-ooo——-

Enam hari sudah saya mengikuti segala rangkaian kegiatan Kepri Travel Mart yang diadakan oleh Insan Pariwisata Indonesia ini. Banyak sekali yang saya dapatkan di acara ini, teman baru, relasi bisnis baru, pengalaman baru, dan juga beberapa tempat wisata populer yang bisa saya jelajahi untuk menunjang paket wisata kami di Batam, Bintan dan Johor.

Baca Juga :

Osing Travel Mart 2018, Persembahan dari Banyuwangi untuk Wisata Indonesia

Bojonegoro Travel Mart 2018, Menjalin Kerjasama dan Kebersamaan Melalui Adventure dan Famtrip

Tidak lupa saya pribadi, sebagai wakil dari perusahaan transportasi dan wisata Jogja Empat Roda menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada panitia yang tidak kenal lelah dalam melayani peserta dan mengupayakan segala hal demi kelancaran serta kesuksesan event Kepri Travel Mart yang pertama ini. Terimakasih Pak Rudi, Pak Teddy, Bu Lunar, Pak James, Bu Adis, Pak Maru dan panitia lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Saya juga mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada salah kata, salah ucap, dan banyak merepotkan panitia.

Sukses terus buat Insan Pariwisata Indonesia dimanapun berada. Sampai jumpa di lain kesempatanGBU!

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*