Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Keindahan Kali Kuning Tetap Bertahan Pasca Erupsi Gunung Merapi

Gunung merapi merupakan salah satu kawasan yang saat ini cukup di kenal di kalangan wisatawan. Setelah insiden meletusnya gunung merapi beberapa tahun yang lalu banyak masyarakat yang mulai membangun kembali wilayah sekitar lereng gunung merapi. Salah satu yang saat ini dibangun dengan cukup progresif adalah daerah Kali Kuning. Anda bisa mendatangi wilayah ini untuk bersantai ketika berada di Yogyakarta.

Kali Kuning

KaliKuning, foto oleh : IG @desyjesikadmk

Kawasan Konservatif Kali Kuning yang Dikembangkan Masyarakat

Kali Kuning  yang berada di sebelah utara Kota Yogyakarta ini memiliki pesona alam yang indah nan sejuk di pandang mata. Anda bisa melihat kenampakan gunung Merapi dari dekat. Kali Kuning  juga lebih dikenal sebagai KaliKuning  Park. Anda bisa singgah disini jika mendambakan liburan di alam terbuka dengan kesan yang tenang. Kali Kuning  sendiri merupakan salah satu kawasan konservatif yang dikembangkan oleh masyarakat sekitar dan merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Merapi.

Kepedulian Masyarakat Membangun Wisata Baru

Wilayah gunung merapi yang baru dikembangkan kurang lebih satu tahun yang lalu tepatnya pada Januari 2017. Hal yang dijadikan sebagai bahan pertimbangan mengapa didirikan KaliKuning  Park adalah kawasan tersebut memiliki keindahan panorama alam. Jika dikembangkan dan ditambahkan berbagai fasilitas maka bisa menarik minat dari wisatawan baik wisatawan Yogyakarta sendiri maupun dari luar. Upaya pengembangan ini juga didukung oleh masyarakat sekitarnya yang bersedia dan peduli terhadap kelestarian lereng Gunung Merapi pasca meletus.

Kemudahan Akses dan Terjangkau

Wisata Kali Kuning  ini tepatnya berlokasi di sebelah utara Gunung Merapi. Masuk ke wilayah KaliKuning  wisatawan tidak perlu mengkhawatirkan harga tiket yang mahal karena Anda cukup membayar satu kali bersamaan dengan biaya masuk Taman Nasional Gunung Merapi. Untuk parkir, Anda juga bisa langsung memarkirkannya satu kali yang berada di taman tersebut.

Pesona Alami Masih Bisa Anda Temukan

Keindahan dan pesona alami yang ditawarkan di daerah KaliKuning  begitu beragam. Anda bisa menemukan spot foto dam selfi yang menarik apalagi di sekelilingnya Anda bisa melihat panorama alam yang begitu luas. Anda bisa berfoto dengan replika flora dan fauna yang sudah disediakan oleh pengelola Kali Kuning  Park. Anda juga bisa menikmati keindahan dari Bukit Plawangan yang ada di sebelah baratnya. Hamparan tumbuhan yang hijau bisa Anda nikmati. Nah yang paling indah adalah Anda sangat leluasa menikmati keagungan Gunung Merapi yang terlihat begitu besar dan dekat yang berada di sebelah utara Kali Kuning  Park.

sumber foto : IG @rikpraditas

Selain pemandangan yang indah dan asri, Kali Kuning  juga memberikan kenyamanan bagi Anda menikmati mata air asli yang muncul dari tebing-tebing di Kali Kuning . Anda juga masih bisa menemui fauna asli yang ada di sana. Fauna asli tersebut seperti jalak Kebo. Beberapa pepohonan unik bisa Anda temukan seperti Pohon Soga yang hanya bisa hidup karena adanya suhu yang panas. Selain itu ada pula pohon Puspa yang bisa tetap hidup walaupun terkena letusan gunung. Hal ini karena pohon Puspa tidak akan mati jika akarnya tidal dicabut. Jadi wisata KaliKuning  ini bisa dijadikan sebagai salah satu wisata yang patut Anda kunjungi.

Baca Juga :

Pantai Slili, Pesona Pantai Diantara 2 Bukit Dan 2 Pantai

Pantai Samas Pilihan Wisata Alam nan Indah dan Memukau

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*
Powered by