Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Merasakan Sensasi Cave Tubing Goa Pindul

Merasakan Sensasi Cave Tubing Goa Pindul
5 (100%) 1 vote[s]

Gunungkidul memang mempunyai destinasi wisata yang tidak ada habisnya. Akhir-akhir ini banyak sekali destinasi wisata yang masih tergolong baru yang masuk dalam wilayah Gunungkidul. Diantara destinasi baru, terdapat salah satu destinasi yang sudah cukup lama diketahui yaitu Cave Tubing Goa Pindul

Cave Tubing Goa Pindul

Cave Tubing Goa Pindul, IG @

Goa Pindul adalah sebuah objek destinasi wisata Jogja yang menawarkan pengalaman cave tubing kepada pengunjungnya. Cave tubing sendiri adalah kegiatan adrenalin susur sungai di dalam gua menggunakan ban karet yang telah di isi angin. Panjang Goa Pindul mencapai 350 meter, untuk lebarnya mencapai 5 meter. Sedangkan untuk jarak permukaan air ke atap gua sekitar 4 meter.

Sejarah Goa Pindul

Objek wisata Cave Tubing Goa Pindul diresmikan pada tahun 2010, tepatnya tanggal 10 Oktober. Secara sejarah yang beredar, Goa Pindul ditemukan seorang pria bernama Joko Singlulung secara tidak sengaja. Ia bertujuan mencari ayahnya yang pergi entah kemana. Hingga pada akhirnya ia secara tidak sadar terbentur pipinya oleh batu besar. Berkat kejadian itulah yang menjadikannya bernama Goa Pindul atau yang diartikan pipi yang terbentur.

Objek Wisata Cave Tubing Goa Pindul

Goa Pindul menawarkan pengalaman susur gua serta kegiatan tubing yang disebut cave tubing. Perjalanan susur gua ini menggunakan ban karet ini memerlukan waktu yang kurang lebih sekitar satu jam. Asal muasal airnya sendiri katanya dikarenakan adanya aliran sungai bawah tanah yang mengaliri Goa Pindul.

Bagian dalam Goa Pindul sendiri tersusun menjadi tiga zona bagian, zona bagian terang, zona bagian remang dan zona bagian gelap. Di salah satu bagian goa, terdapat ruang yang cukup besar dengan celah diatapnya yang memungkinkan sinar matahari mampu masuk. Dan pesona itulah yang membuat Goa Pindul begitu eksotis di mata pengunjung.

Cave Tubing Goa Pindul, IG @wahyudinr

Selain itu juga terdapat stalaktit yang begitu banyak, bahkan ada yang tumbuh hingga ke bawah. Ada pula susunan batuan karst di tempat ini.Goa Pindul juga kerap dijadikan sebagai pelatihan kelompok kelompok pecinta alam, dengan cara memasuki goa ini melalui celah-celah secara vertikal. Tapi hal itu hanya dilakukan bagi mereka yang memang sudah terlatih.Bagi wisatawan kegiatan cave tubing memiliki daya tarik yang cukup tinggi, pasalnya kegiatan cave tubing cukup jarang ada dan susah ditemukan di tempat lain.

Biaya Restribusi

Untuk masuk ke Cave Tubing Goa Pindul sendiri, pengunjung mesti merogoh kocek sebesar Rp 10 ribu per orang untuk biaya retribusi. Tentu tidak itu saja, kita harus membayar lagi sekitar Rp 35 ribu hingga Rp 80 ribu untuk penawaran paket wisata yang ada di Goa Pindul.

Cave Tubing Goa Pindul, IG @rugved972

Jika dilihat lihat, biayanya tidak terlalu mahal, dibanding pengalaman yang akan Anda dapat. Pasalnya kegiatan Cave Tubing Goa Pindul adalah kegiatan wisata yang sangat jarang ada dan susah ditemukan di kota lain.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

×
Mau ke Goa Pindul?