Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Bukit Pengilon, Spot Melihat Indahnya Pantai Di Sepanjang Pesisir dari Atas Bukit

Bukit Pengilon, Spot Melihat Indahnya Pantai Di Sepanjang Pesisir dari Atas Bukit
4 (80%) 1 vote

Gunung Kidul begitu terkenal dengan pantainya yang memiliki pasir putih. Siapa yang tidak suka dengan pemandangan pantai? Namun tanpa diduga, Gunung Kidul juga memiliki pemandangan pantai yang eksotis, bahkan dari puncak bukit. Bukit ini dinamai dengan Bukit Pengilon. Istimewanya, dari sini Anda bukan hanya melihat hamparan laut selatan, namun pantai lain di sepanjang pesisir.

Bukit ini dinamai dengan Bukit Pengilon. Istimewanya, dari sini Anda bukan hanya melihat hamparan laut selatan, namun pantai lain di sepanjang pesisir.

IG @tommyadithya

Keindahan Bukit Pengilon yang Tak Bisa Ditampik

Anda yang gemar melakukan kegiatan camping, mungkin sudah familiar dengan tempat wisata ini. Bukit Pengilon sering dijadikan sebagai lokasi camping bagi para pecinta alam. Lokasinya cukup nyaman digunakan. Bukit ini berlokasi di kaki Gunung Api Purba. Bukit ini sebenarnya masih berada di rangkaian Geopark Gunungsewu. Kawasan puncak bukitnya seperti daratan, dan cukup lapang jika Anda mendirikan tenda di sini.

Keunikan alam bukit yang dimaksud ialah hamparan rumput serta sedikit rumput perdu yang berada di beberapa bagian. Di sekitarnya tidak terdapat pohon yang menjulang tinggi khas hutan tripis, namun justru karena keadaan ini, Anda bisa benar-benar menikmati seperti apa pesisir Gunung Kidul.

Sumber gambar : https://ngetripyuk dot id

Di sebelah barat Bukit, Anda dapat melihat Air Terjun Banyu Tibo. Air terjun ini mengalir dan langsung bersatu dengan air laut. Jika Anda berjalan sampai di ujung sisi timur dari bukit, hamparan air laut bisa menghantarkan pandangan Anda di Pantai Wedi Ombo. Anda dapat melihat begitu panjangnya pasir Pantai Wedi Ombo, dari ujung sampai ujung Bukit Pengilon. Sedangkan di selatan bukit, Anda akan ditemaki dengan debur ombak tanpa henti.

Baca Juga :

Pantai Wohkudu, Setitik Keindahan Diantara Dua Tebing

Pesona Pantai Sundak Yogyakarta yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Sudah membayangkan seperti apa keindahan yang akan didapatkan di Bukit Pengilon ini? namanya diambil dari Bahasa Jawa yang memiliki arti cermin di bahasa Indonesia. Penggunaan frasa ini dikarenakan adanya batu di sini yang memiliki bentuk seperti kaca rias.

Lokasi Bukit Pengilon

Sebetulnya, untuk sampai ke Bukit Pengilon ini tidak sulit. Lokasi Bukit Pengilon tidak jauh dari Pantai Wediombo atau Pantai Siung. Secara administratif, wisata ini berlokasi di Ds Balong, Girisubo, Gunung Kidul.

Anda dapat menggunakan rute Pantai Siung. Nantinya, akan ada papan petunjuk untuk sampai ke lokasi. Mengunjungi kawasan ini, Anda akan memperoleh 3 spot dalam satu tempat yakni Bukit Pengilon sendiri, Pantai Pengilon dan Watu Pengilon. Setelah sampai di lokasi parkir, Anda harus berjalan kaki menuju ke atas bukit.

IG @fahry_muhammd

Harga Tiket Masuk Ke Bukit Pengilon

Sebelum dapat berselfie ria dan menikmati indahnya destinasi ini, Anda harus membayar biaya retribusi atau tiket masuk Rp 5.000. Selain biaya tiket masuk, Anda juga perlu membayar biaya parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.
×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*