Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Ikon Wisata Baru, Pesona Bukit Jamur Gresik

Pada tulisan ini saya ingin memperkenalkan icon wisata yang cukup unik dan letaknya pun cukup dekat lokasi saya tinggal. Dari judul artikel ini saja sudah terlihat kan? Ya.. bukit yang berbentuk seperti jamur ini berada di kabupaten Gresik Jawa Timur.

Lokasi tepatnya Bukit Jamur ini adalah bekas galian batu kapur di Bukit Kaliwot, Desa Bungah. Menurut para warga sekitar desa tersebut lokasi ini mulai digali sekitar tahun 1992, namun bekas galian tersebut sempat ditutup pada tahun 2008 dan pada tahun 2010 mulai dibuka untuk umum.

Pada awalnya sih lokasi ini hanya dibuat untuk orang yang berburu foto dan foto Pre Wedding saja, namun sekarang lokasi ini menjadi cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik serta anak-anak touring yang mampir. Pada awalnya batuan keras dibiarkan begitu saja karena tidak bisa diambil. Bagian yang di keruk hanya samping-sampingnya saja. Akbiat sering terkena panas dan hujan, batuan tersebut terkikis sehingga membentuk seperti kepala jamur dan daerah sekitar batang yang di keruk tadi membuat bentuk batuan ini seolah-olah seperti jamur sungguhan. Bekas galian itu seolah olah mirip seperti ladang jamur yang di sebar.

Bukit Jamur, Sumber Gambar : IG @f.anggri

Artikel lainnya :

Di lokasi wisata bukit jamur terdapat sekitar 40 batu jamur yang tersebar sekitar 3 hektar dari seluruh luas tambang. Tinggi jamurnya pun bervariasi , mulai dari 2 meter hingga mencapai 7 meter. Bentuk batu yang unik menyerupai jamur inilah yang menjadi daya tarik lokasi ini khususnya untuk para penggila selfie. Awalnya lokasi ini kurang adanya minat dari wisatawan domestik namun setelah Vicky Notogoro dari program MTMA (My Trip My Adventure) datang ke lokasi ini lokasi ini menjadi terkenal seperti sekarang. Sayangnya teman-teman lokasi ini hanya dibuka pada hari minggu saja.

Untuk masuk ke lokasi wisata kita hanya merogoh kocek sekitar 5000 rupiah untuk parkir. Banyaknya pengunjung yang mendatangi lokasi menunjukkan bahwa lokasi wisata ini cukup menarik dan pantas menjadi icon wisata Gresik. Katanya sih lokasi ini dihadiri 5000 penungunjung di setiap minggunya wow banget kan?

Bukit Jamur, Sumber Foto : IG @gresiktourism

Kalau masalah oleh-oleh tidak perlu khawatir kawan, di sekitar lokasi bukit jamur terdapat  toko suvenir yang menjual macam-macam suvenir dan kaos yang ber tema kan bukit jamur. Selain itu kalian jugabisa merasakan masakan khas Gresik di sekitar lokasi ini menarik bukan?

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*
Powered by