Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Menikmati Jernihnya Air di Blue Lagoon Yogyakarta

Rate this post

Blue Lagoon – Telah berpuluh-puluh tahun yang lalu, warga Desa Dalem, Widodomartani hidup berkelimpahan air. Tiga mata air yang tidak pernah kering telah menjadi tumpuan hidup mereka, yaitu Sendang lanang, Belik Kluwih, dan Sendang Wadon. Ketiga mata air tersebut berada dalam satu daerah aliran Kali Tepus. Sendang Wadon merupakan bilik tempat pemandian wanita yang berupa kolam kecil. Sedangkan Sendang Lanang dan Bilik Kluwih merupakan dua bilik yang berbentuk pancuran dengan air yang berasal dari tepi Kali Tepus. Tumpahan air Sendang Lanang berkumpul dan hanya membentuk kolam kecil, sementara Belik Kluwih membentuk sebuah kedung. Kedung inilah yang akhirnya dinamakan sebagai Blue Lagoon.

Blue Lagoon

Blue Lagon Jogja, IG @zo3anner

Mandi Pemandian Blue Lagoon

Sebenarnya julukan Blue Lagoon bukan merupakan nama resmi dari wisata pemandian ini. Nama aslinya adalah Pemandian Tirta Budi, tetapi anak muda sudah terlanjur mengenal pemandian ini dengan nama Blue Lagoon karena airnya yang biru dan jernih. Meskipun tempat ini tidak luas dan jauh berbeda dengan BlueLagoon di Iceland, tetap saja tempat ini mempunyai daya tarik dan keunikan tersendiri. Sehingga wisata ini sangat terkenal di Yogyakarta apalagi pada saat musim liburan banyak sekali turis lokal yang berkunjung ke tempat pemandian ini.

Blue Lagoon, IG @bluelagoonjogja

Pada musim hujan, kedung ini akan bersatu dengan Kali Tepus sehingga warna biru pada kedung ini akan menghilang, namun jangan khawatir karena Anda tetap bisa menikmati wisata air disini. Anda juga bisa menyewa pelampung dan ban untuk meluncur dari atas bendungan di ujung kali. Mencoba terapi pijat di Sendang Lanang juga sangat sayang untuk dilewati. Arahkan punggung Anda tepat berada di atas pancuran dan biarkan air tersebut memancur memijat punggung Anda.

Nuansa Desa yang Sangat Kental

Selesai bermain air, hendaknya menikmati nasi kucing serta teh hangat sambil duduk di gazebo yang disediakan oleh warga disana. Anda dapat menikmati suara gemercik air dari ketiga mata air disana dan jika beruntung Anda juga dapat melihat atraksi anak-anak kecil menceburkan diri ke dalam air. Mereka terkadang melakukan backflip dan tak jarang pula berlomba mencari kelereng kecil yang sengaja dilemparkan ke dalam air.

Sumber Gambar : IG @bluelagoonjogja

Ketika berwisata di Blue Lagoon, sebetulnya tidak hanya menikmati segarnya bermain air dan berwisata sungai saja. Pasalnya, Desa Dalem yang sekarang lebih dikenal dengan nama Desa Wisata Blue Lagoon juga memberi kesempatan bagi Anda yang ingin lebih mengenal kehidupan masyarakat disana. Sehingga jika bosan dengan suasana ramai di kota, Anda dapat tinggal atau live in di homestay Desa Dalem untuk menikmati suasana desa dan berbaur dengan warga disana. Kegiatan disana juga beragam sekali seperti mencicipi makanan khas yaitu sego wiwit dan minuman es dung-dung serta Anda juga diajak untuk belajar membatik.

Baca Juga :

5 Hal yang Membuat Anda Wajib Mampir Ke Malioboro

Merasakan Sensasi Cave Tubing Goa Pindul

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*