Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Alkid Jogja A.K.A Alun Alun Kidul Yogyakarta Tempat Rekreasi Dan Kuliner Di Jantung Kota

Alkid Jogja A.K.A Alun Alun Kidul Yogyakarta Tempat Rekreasi Dan Kuliner Di Jantung Kota
4 (80%) 1 vote[s]

Alun-alun Kidul Yogyakarta merupakan sebuah tempat lapang berumput yang lokasinya tepat di belakang lingkungan keraton Yogyakarta. Sesuai namanya “kidul” yang mengartikan selatan, lokasinya tepat di sebelah selatan Keraton Yogyakarta. Masyarakat lebih populer menyebutnya dengan Alkid Jogja. Keraton Yogyakarta sendiri memiliki dua Alun-alun, yang satunya berada di sebelah utara Keraton atau biasa di sebut Alun-alun Utara.

Alkid Jogja

Alun Alun Kidul Yogyakarta (ig @farzanazifa)

Alkid Jogja Alun-alun Kidul Yogyakarta sekarang ini lebih terlihat sebagai tempat rekreasi bagi warga Yogyakarta sendiri maupun pengunjung dari luar Kota bahkan mancanegara. Pasalnya tempat ini menawarkan suasana yang cukup tenang jika kita sudah memasuki kawasannya. Sangat berbeda jauh dengan suasana Kota Yogyakarta, padahal tempatnya sendiri terletak di jantung kota. Bisa di bayangkan kita seperti memasuki tempat dengan dimensi yang berbeda dikarenakan suasananya yang cukup tenang

Sejarah Alkid Jogja

Sebelum seramai sekarang, tempat ini dahulunya difungsikan sebagai tempat berlatihnya para prajurit Keraton Yogyakarta. Dahulu di tempat ini sering diadakan kegiatan latihan hingga ajang lomba, seperti:

Lomba memanah atau manahan

Lomba memanah ini cukup unik jika kita bandingkan dengan olahraga memanah saat ini. Kegiatan manahan ini, pemanah diharuskan memanah dalam kondisi duduk bersila tidak seperti sekarang ini, dimana sang pemanah dalam posisi berdiri.

Rampokan macan rampok macan

Adalah kegiatan yang dulunya pernah ada di Alun-alun Kidul Yogyakarta. Kegiatan ini bisa diartikan sebuah lomba adu harimau pada masanya. Rampok macan sendiri mulai ditinggalkan dan  juga dilarang pada masa pemerintahan Hindia-Belanda tepatnya tahun 1905

Setonan

Setonan sendiri bertujuan untuk melatih para prajurit dalam kepiawaiannya diatas kuda

Masangin

kegiatan ini masih berlangsung hingga sekarang. Akan tetapi fungsinya lebih ke sebuah permainan saja.

Alkid Jogja Masa Sekarang

Seiring bergantinya waktu, Alun-alun Kidul Yogyakarta mengalami perubahan fungsi. Tepatnya lebih seperti tempat berekreasi warga Yogyakarta, bahkan penduduk di luar kota hingga mancanegara.

Alun Alun Kidul Yogyakarta

Alkid Jogja (IG @septaulandari)

Kuliner dan Aktifitas Rekreasi di Alun Alun Kidul

Tak dapat dipungkiri suasana di tempat ini memang cukup tenang jika dilihat dari lokasinya yang dekat dengan jantung kota. Belum lagi ketika malam, ditempat ini banyak sekali kuliner dan aktivitas menarik, diantaranya:

Angkringan

Di pelataran Alun-alun Kidul Yogyakarta hampir banyak sekali ditemui angkringan. Sebuah gerobak beroda dengan atap terpal yang menjajakan makanan khas kampung Yogyakarta dengan lesehan diatas tikar benar-benar sesuatu yang sederhana tapi berkesan.Adapula wedang jahe ronde, wedang bajigur, lalu jajanan ojek keliling seperti tempura, otak-otak, roti bakar hingga jagung bakar ada semua disini.

Brongkos

Brongkos sendiri adalah makanan yang terbuat dari berbagai sayur mayur seperti kacang tolo, kluwak dan mlinjo yang disajikan dengan lauk seperti ayam, daging sapi dan telur. Dan yang paling terkenal adalah brongkos Handayani, tepatnya berada di sudut Alun-alun Kidul atau ruas jalan menuju Plengkung Gading.

Gudeg

Jogja memang terkenal oleh gudegnya, dan di Alun-alun kidul anda juga bisa mendapati kuliner khas jogja satu ini.

Masangin

Nah seperti penjelasan diatas, ini adalah sebuah permainan yang patut dicoba apabila berkunjung ke tempat ini. Untuk melakukan masangin sendiri pengunjung diharuskan membayar sewa kain penutup mata dengan biaya Rp 3 ribu saja

Mengitari Alun-alun Kidul Dengan Becak Lampu Hias.

Di sekitaran Alkid Jogja juga terdapat becak lampu hias yang dibentuk sedemikian rupa dengan hiasan lampu warna warni. Becak lampu hias bisa disewa dengan bebarengan atau berkelompok, dengan tarif Rp 10 ribuan hingga Rp 15 ribuan.

Sewa Mobil di Sekitar Alkid Jogja

Bagi Anda dan keluarga yang sedang berlibur di Yogyakarta dan berniat menyewa mobil di Jogja tidak perlu kesulitan untuk mencarinya. Silahkan kontak Jogja Empat Roda untuk mengakomodir kebutuhan Anda. Bisa sewa dengan sopir atau rental self drive juga bisa.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*