Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Waduk Sermo, Destinasi Wisata Murah Meriah di Yogyakarta

Waduk Sermo, Destinasi Wisata Murah Meriah di Yogyakarta
4 (80%) 1 vote

Semua orang pasti setuju jika berwisata adalah kegiatan yang menyenangkan dan paling ditunggu. Bagi masyarakat dengan rutinitas padat, kegiatan berwisata biasanya dijadikan sebagai pelarian untuk melawan kepenatan, bahkan beberapa orang mengatakan dengan rekreasi mereka bisa memperoleh inspirasi baru. Salah satu kota yang bisa Anda jadikan sebagai rujukan wisata adalah Yogyakarta. Berikut ini Waduk Sermo yang akan kita bahas.

Waduk Sermo

Waduk Sermo, by IG @davidnuryahya

Tentang Waduk Sermo

Lokasi wisata yang bisa Anda jadikan destinasi di daerah Yogyakarta adalah Waduk Sermo. Waduk Sermo merupakan bendungan yang dibangun sebagai irigasi masyarakat sekitar. Waduk yang diresmikan oleh presiden Soeharto pada tahun 1966 ini membendung Sungai Ngrancah yang ada di Kabupaten Kulonprogo. Satu lagi yang membuatnya cukup terkenal yaitu air yang ada di bendungan ini memiliki kualitas terbaik di Indonesia. Oleh karena itu, banyak sekali masyarakat yang bergantung padanya. Selain digunakan untuk irigasi persawahan, air di waduk juga digunakan untuk persediaan air bersih PDAM. Meskipun kegunaannya sangat vital bagi masyarakat sekitar, waduk ini juga sangat berpotensi untuk djadikan wisata baik alam maupun edukasi.

Berbagai Kegiatan Bisa Anda Lakukan

Selain pemandangan waduk Sermo yang mempesona, lokasi ini juga menjadi tempat yang sangat cocok untuk Anda penyuka kegiatan memancing.  Banyak yang suka memancing di sini karena bisa menemukan ikan Setan Merah yang merupakan ikan predator. Pengunjungpun disediakan wahana berupa perahu untuk berkeliling waduk sembari menikmati hamparan air luas ditambah pemandangan nan hijau pegunungan Menoreh. Di sini juga sering digunakan masyarakat untuk berlatih dayung maupun lomba dayung. Waduk Sermo kini juga dikenal sebagai salah satu spot yang biasa digunakan untuk berkemah.

Foto : IG @kapanpiknik.id

Spot Foto Berlatar Keren

Tidak hanya pemandangan, pengunjung difasilitasi dengan adanya spot foto berlatar belakang luasnya waduk melalui gardu pandang Bukit Pethu dan gardu pandang Taman Munggur yang lokasinya tidak begitu jauh. Momen terbaik yang patut Anda abadikan adalah saat sore hari dengan langit yang cerah.  Anda bisa melihat indahnya matahari terbenam dengan warna langitnya yang begitu memukau. Tak ayal, jumlah pengunjung meningkat pada sore hari.

IG : @anismanto

Lokasi Waduk Sermo

Untuk bisa sampai ke Waduk Sermo, Anda bisa menuju ke Ds Hargowilis, Kokap, Kulonprogo.  Hanya membutuhkan waktu 1,5 jam untuk bisa sampai ke Waduk Sermo jika Anda dari pusat Kota Yogyakarta. Lebih tepatnya Anda akan menuju ke daerah barat dari Yogyakarta cukup dengan mengendarai kendaraan pribadi menuju ke lokasi.

Harga Tiket

Jika Anda menggunakan motor, biaya masuk yang perlu dikeluarkan sebesar Rp 2.000, mobil Rp 3.000, dan bus Rp 10.000 dengan tiket per orang Rp 5.000. Anda bisa menambah biaya Rp 10.000 ketika memutuskan berfoto di gardu pandang. Fasilitas yang disediakan pun cukup memadai mulai dari fasilitas umum hingga penginapan.

Baca Juga :

Hutan Pinus Mangunan Liburan Sambil Berfoto Ria

Destinasi Wisata Terpopuler di Perbukitan Menoreh, Kalibiru

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.
  1. Pingback: Keindahan dibalik Berbagai Mitos dan Sejarah Pantai Parangtritis

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*