Mengenal Taman Nasional Baluran Si Afrika Van Java

Taman Nasional Baluran, Sumber

Mengenal Taman Nasional Baluran si Afrika Van Java - Kawasan TN Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur yang memiliki batas - batas wilayah sebelah Selatan yaitu Sungai Bajul Mati, sebelah Utara yaitu Selat Madura, Sebelah Timur yaitu Selat Bali, Desa Wonorejo dan sebelah Barat Sungai Klokoran, Desa Sumberanyar. Nama Baluran diambil dari nama Gunung Baluran yang berada di kawasan tersebut. Setelah masuk ke kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo, pengunjung di haruskan membeli tiket masuk wisata dengan total kurang lebih Rp.15.000,- sudah termasuk tiket masuk, tiket parkir dan biaya pengelolaan hutan. Setelah itu perjalanan dimulai dengan melewati hutan menuju ke lokasi wisata yang ada di dalam Taman Nasional Baluran. Luas wilayah konservasi yakni 25.000 hektar. Jalan yang dilewati berupa bebatuan bercampur aspal yang tidak lagi mulus sehingga membutuhkan waktu lama untuk mencapai Savana Bekol yaitu sekitar 45 menit.

Taman Nasional Baluran, Sumber Foto : IG @sahrulramadanaris

Taman Nasional ini merupakan konservasi suaka flora dan fauna. Padang savana membentang luas dan terlihat jelas sejauh mata memandang, Savana Bekol namanya. Padang savana yang luas dengan rumput kuning mengering ditambah dengan rusa yang berlarian berkelompok di tengah padang savana di bawah terik matahari yang mengering menjadikan lokasi ini bersensasi Afrika. Juga terdapat banyak Pohon Widoro Bukel yang berbentuk menyerupai payung banyak memenuhi savana. Gunung Baluran yang megah menjadi latar belakang sabana bekol.

Sumber Gambar : IG @rantiiseta

Namun, tidak hanya savana, hampir semua tipe hutan terdapat di sini, mulai dari Hutan Pantai, Hutan Mangrove, Rawa Asin, Hutan Payau, Hutan Hujan Pegunungan, Hutan Musim, Padang Lamun, dan Gugusan Terumbu Karang. Ditambah dengan latar gunung-gunung yang kokoh, traveler yang datang ke sini seolah-olah sedang berada di Afrika. Maka dari itu, disebut sebagai Afrika Van Java. Wisatawan dapat menikmati padang rumput dan hutan, dimana didiami sejumlah hewan yang dilindungi, seperti Banteng, Kerbau liar, Rusa, Kera dan Merak. Biasanya hewan tersebut marak dikunjungi wisatawan pada Bulan Juli - Oktober (musim kawin Banteng), Bulan Juli - Agustus (Musim Kawin Rusa), Bulan Oktober - Desember (musim kawin Merak).

Taman Nasional Baluran, Sumber Foto : IG @hanifkenshi242

Tak hanya itu, di sini juga ada Pantai Bama yang sangat menawan. Pantai Bama merupakan ujung dari jalan akses yang membelah Baluran. Ketika sampai di lokasi, pengunjung akan disambut dengan puluhan monyet abu-abu ekor panjang yang bergelantungan. Pantai yang memiliki pasir yang putih dan banyak tanaman bakau yang memagari garis Pantai Bama. Untuk menyusuri hutan mangrove di Taman Nasional Baluran Situbondo sudah ada jembatan yang akan mengantar pengunjung hingga ke ujung. Selain itu di tengah hutan ini ada Mangrove terbesar se-Asia dan untuk melihatnya maka pengunjung harus menelusuri hutan sekitar 10 menit untuk menemukan lokasinya.Di sekitarnya, terdapat cottage, sarana outbound, dan penyewaan alat-alat snorkling. Pengunjung bakal betah dan nyaman berlama-lama di sini.

Tips mengunjungi dan Mengenal Taman Nasional Baluran si Afrika Van Java :

  • Di kawasan Taman Nasional Baluran ini terdapat tempat penginapan untuk wisatawan. Jadi, di sarankan untuk mengunjungi Pantai Bama pada pagi hari karena kita dapat melihat Sunrise yang sangat indah.
  • Kita wajib menjaga, menghargai, tidak merusak, mengambil ataupun berburu flora maupun fauna dan ekosistemnya.
  • Khusus untuk anda pecinta Photography, sebaiknya datang pada musiim kemarau sekitar Bulan Juni - Agustus. Karena, air di hutan mengering dan rerumputan menguning, hal itu menyebabkan satwa berkeliaran diluar menuju savana untuk menuju kubangan air yang telah disediakan oleh pihak Taman Nasional Baluran.

Demikian sekilas tentang Mengenal Taman Nasional Baluran si Afrika Van Java. Tentu masih banyak objek disini, yang sayang untuk dilewatkan. Bagi yang tertarik ke TN Baluran silahkan setting gps ke 7°55’17.76″S dan 114°23’15.27″E.

Tempat Wisata Lain yang patut Anda kunjungi:

Wisata Ujung Genteng, Satu Tujuan Rekreasi di Sukabumi yang Memikat
Keindahan Surga Bawah Laut di Taman Laut Nasional Bunaken yang Memanjakan Mata
Pantai Kuta Lombok dari Bukit Mandalika

Mengenal Taman Nasional Baluran Si Afrika Van Java
5 (100%) 1 vote

Leave a Comment

*Please complete all fields correctly

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat via WhatsApp dengan admin kami