Keindahan Surga Bawah Laut di Taman Laut Nasional Bunaken yang Memanjakan Mata

Taman Laut Nasional Bunaken

Keindahan Surga Bawah Laut di Taman Laut Nasional Bunaken yang Memanjakan Mata - Bunaken? mungkin banyak orang yang  tak asing lagi ketika mendengarnya, khususnya para pecinta diving alias penyelam. Bunaken merupakan sebuah pulau yang berada di Teluk Manado  dengan luas 8,08 km2  yang terletak di sebelah utara pulau Sulawesi. Kita dapat menempuh Pulau Bunaken sekitar 30 menit menggunakan kapal cepat atau speed boat dari pelabuhan kota manado. Salah satu wisata yang popular di Bunaken yaitu Taman Laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken, taman ini terletak di sekitar pulau bunaken. Salah satu taman laut dengan biodiversitas kelautan tertinggi di dunia adalah Taman Laut Nasional Bunaken ini. Secara keseluruhan Taman laut bunaken ini memiliki luas 75.265 hektare dengan 5 pulau yang ada di dalamnya yaitu, Pulau Maado tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, dengan anak pulau yaitu Pulau Naen.

Keindahan Terumbu Karang yang Ada dibawah laut Bunaken

Taman Laut Nasional Bunaken, Sumber Foto: Akun IG @shark8matt

Dibawah hamparan laut yang luas, taman laut bunaken menyuguhkan keindahan ciptaan sang Maha Kuasa dengan menikmati Terumbu Karang beraneka warna. Terumbu karang Bunaken menjadi kekuatan wisata taman laut nasioanal ini, Mengapa demikian ? ya, karena  disana terdapat 200 jenis ikan dan aneka bioata lainnya. Spesias ikan yang akan sering kita jumpai disana yaitu, dansel, unicorn, trigger, wrase, dan sweetip. Di bawah laut Bunaken ini kita bisa menjumpai kurang lebih 390 spesies terumbu karang dengan pesona mankjubkan yang akan memanjakan mata kita saat melihatnya. Bentuknya unik, berlekak-lekuk, celah-celah himgga gua atau terowongan kecil bawah laut yang mungkin mustahil ditemukan di tempat lain.

Taman laut nasional Bunaken Merupakan Tempat Menyelam Terbaik di Dunia

Taman Laut Nasional Bunaken, Sumber Gambar : IG @sportourismid

Ketika kita menyebut nama Taman Nasional Bunaken maka akan identik dengan tempat menyelam paling menkjubkan di dunia, kebanyakan orang menyebutnya surga bawah laut. Memang hal itu benar, selain menyuguhkan keindahan alam bawah laut dengan aneka terumbu karangnya, Taman Laut Bunaken juga merupakan salah satu tempat scuba diving yang terbaik dan sempurna di Indonesia. Bahkan ada yang mengatakan bahwa taman laut bunken menjadi salah satu tempat menyelam tebaik di dunia. Hal tersebut memang masuk akal dan tak berlebihan. Terdapat sekita lebih dari 19 titik penyelaman di taman laut ini, diamana penyelam akan dengan mudah menyelam sambil menikmati kekayaan biota laut yang dimiliki oleh Bunaken ini.

Kesempurnaan keindahan yang kita dapat saat menyelam di taman laut ini juga didukung dari keindahan lautnya yang masih alami. Lima pulau yang mengelilingi Taman laut Bunaken ini, memberikan keuntungan dengan banyaknya titik menyelam di perairan tersebut. Saat menyelam di perairan taman laut bunaken , mata penyelam juga akan di manjakan dengan melihat moluska di dalam perairan taman laut bunkaen seperti ikan kepala kambing, kima raksasa ,dll. Saat menyelam di perairan taman laut Bunaken memang membuat kita merasa sedikit berbeda, karena pemandangan dan keindahan lau yang dimilikinya. Melihat pemandangan laut sembari menyelam memang pengalaman yang sangat berharga. Kita juga kan menikmati bagaimaa rasnya menyelam di perairan landai dengan jenis terumbu dan ikan laut lau berlalu lalang.

Menikmati Indahnya Pengalaman Menyelam di Tebing Laut Taman Laut Bunaken

Taman Laut Nasional Bunaken, Sumber Foto : IG @cicitsoftpaw

Selain menyediakan fasilitas untuk menyelam dengan kedalaman lebih dari 18 meter, Taman Laut bunaken juga memberikan bonus pada para penyelam dengan menikmati bagaiman rasanya menyelam diwall diving atau tebing laut. Kita akan merasa seperti menyelam di dalam jurang laut, ketika kita menyelam di tebing laut. Keunggulan ini membuat para peyelam di under water sangat senang saat menyelam di taman laut bunaken. Ya , tentu saja mereka tak akan menyesal dan merasa kecewa dengan keadaan bawah laut taman laut bunaken. Selama kita menyelam di perairan tersebut, kita akan memiliki kesempatan untuk bertemu para penyu yang berumur ratusan tahun.

Biodiversitas Laut paling lengkap yang Dimiiki Taman Laut Bunaken

Taman laut Bunaken  dikenal oleh banyak orang dengan kekayaan alam bawah lautnya sehingga sering di anggap sebagai taman bawah laut dengan biodiversitas laut tertinggi dan lengkap di dunia. Hampir semua jenis biota laut yang bisa kita temukan di taman laut Bunaken ini seperti ikan laut, berbagai jenis terumbu karang yang indah, penyu dll. Hal ini membuat taman ini menjadi surga bagi para penyelam untuk melihat view pemandangan laut yang indah dengan berbagai macam jenis binatang laut didalamnya, dengan hanya menyelam di perairan tersebut.

Di Bunaken, kita dapat menemukan banyak tempat untuk menyewa alat snorkeling dan diving dengan harga sekitar Rp 150.000 untuk per orang dan perhari. Dengan tarif sebesar itu, pengunjung mendapatkan masker, sepatu katak. Jika ingin mengambil foto di bawah laut, kita diharuskan membayar tarif Rp 350.000. Jika kita membutuhkan pemandu untuk membantu kita snorkeling, ada tambahan biaya nihh, yang sama besar dengan biaya untuk menyewa alat snorkeling. Pemandu akan siap mengajari para pengunjung bagaimana cara menyelam yang baik, terutama bagi mereka yang belum terbiasa atau baru pertama kali menyelam. Di bawah hamparan laut, pengunjung dapat menyaksikan keindahan alami ciptaan Tuhan dengan menikmati berbagai jenis terumbu karang dan pemandangan bawah laut lainnya yang begitu membuat kita terpesona dan memanjakan mata kita saat melihatnya.

Sekian artikel tentang Keindahan Surga Bawah Laut di Taman Laut Nasional Bunaken yang Memanjakan Mata, semoga bermanfaat, terimaksih telah membaca.

Tempat Wisata Lain yang patut Anda kunjungi:

Pesona Apik Wisata Bahari Lamongan yang Sangat Sayang Untuk Dilewatkan
Wisata Ranca Upas Ciwidey, dari Berkemah hingga Kegiatan Alam Lainnya
Wisata Ujung Genteng, Satu Tujuan Rekreasi di Sukabumi yang Memikat

 

Keindahan Surga Bawah Laut di Taman Laut Nasional Bunaken yang Memanjakan Mata
5 (100%) 1 vote

Leave a Comment

*Please complete all fields correctly

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat via WhatsApp dengan admin kami