Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Sate Klopo, Makanan Khas Surabaya dengan Citarasa Rempah Nusantara

Sate Klopo, Makanan Khas Surabaya dengan Citarasa Rempah Nusantara
4.5 (90%) 4 votes

Surabaya adalah Ibu Kota Jawa Timur. Kota ini berpenduduk sekitar 2,765 juta (2010). Setiap kalian berkunjung ke suatu tempat pasti kalian mencari ciri khas dari suatu kota atau daerah tersebut. Entah camilan ataupun makanannya. Nah, kali ini saya punya referensi makan enak yang harus kalian coba jika berkunjung ke Surabaya. Sate Klopo namanya, makan khas Suroboyo (Surabaya dalam bahasa Jawa).

Yaps, sama seperti sate-sate pada umumnya. Sate ini terbuat dari daging asli ya bukan klopo (kelapa). masakan ini mencampurkan jeroan dan lemak sapi dan di atasnya akan dilumuri parutan kelapa sebelum dibakar. Para penjualnya di surabaya memang cukup banyak, tapi ada satu yang paling terkenal enaknya yaitu, warung Sate Klopo Ondomohen Bu Asih. Warung ini terdapat di jalan Walikota Mustajabno No. 36, Surabaya.

Di tengah-tengah kota Surabaya yang sekarang sudah mulai padat banget. Katanya makanan ini sudah dari jaman dahulu berdirinya. Rasanya juga tetap sama. Tidak ada yang berubah dari makan ini meskipun nama tempat yang dulu Ondomohen sekarang telah menjadi Walikota Mustajabno.

Sate klopo ini bisa memakai daging ayam atau sapi. Daging sapi atau ayam nantinya akan ditusuk seperti sate biasanya, kemudian diberi parutan kelapa dan dibakar menggunakan arang dan dijepit. Luarnya emang gosong tapi dalemnya mateng banget dan rasanya bikin kalian ketagihan. Tradisioanal banget kan? Ohya, setelah sate ini dibakar, tentunya akan disajikan dengan bumbu kacang. Kalian bisa meminta disajikan dengan nasi putih atau lontong. Jangan tanya rasa. Rasanya udah top banget dah.

Sate Klopo Surabaya, Sumber Foto : IG @retro_teraskuliner

Baca Juga : 

Warung sate klopo ini selalu ramai pengunjung. Warung Bu Asih ini mulai buka dari jam 7.30 -23.30. denger-denger sih warung ini bakalan ruameee banget pas jam-jam makan siang sekitar jam 12.00 atau jam pulang kantor. Para pembeli rela ngantri dan makan di emperan-emperan loh. Sepanjang jalan nantinya akan dipenuhi orang yang kelaparan hehe. Kalian jika ingin mencoba kuliner ini dipastikan harus rela ngantri demi bisa menikmati sate klopo yang satu ini. Intinya sabar ngantri kalian sudah bisa mendapatkan sate klopo. Warung sederhana ini tidak akan sepi pelanggan, kecuali tegah malam.

Harga seporsi sate klopo ini cukup hemat lho. Dengan harga 30.000 ribu kalian sudah bisa mendapatkan seporsi sate klopo plus minum. Harga sate klopo dengan menggunakan daging ayam berbeda dengan menggunakan daging sapi, daging ayam lebih murah.

Sate Klopo Surabaya, Sumber Foto : IG @sasmitaedo

Tempat warung sate klopo ini bisa di bilang cukup unik. Kalo kalian pertama kali datang ke sana, pandangan mata kalian yang pertama pasti tertuju pada deretan-deretan jam-jam tua yang sudah mati. Jam-jam tua itu di pajang di dinding-dingin yang sudah mulai pudar. Waktu saya dateng ke sana, ada hal yang bikin saya speechless. Jam-jam tua yang sudah mati itu ada yang sederet menunjukkan jam 02.35.

Tapi tidak usah takut, depotnya bersih dan nyaman kok. Cobain dateng ke sini deh kalau lagi liburan ke Surabaya.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*