Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Rumah Dom Jogja, Wisata Yogyakarta yang Unik

Rumah Dom Jogja, Wisata Yogyakarta yang Unik
4 (80%) 1 vote
Rumah Dom Jogja

Rumah Dom Jogja

Jika Anda ingin mengunjungi wisata Jogja yang sedikit berbeda, salah satu pilihannya adalah Rumah Dom. Rumah Dom ini sebenarnya adalah bantuan dari NGO saat Yogyakarta ditimpa musibah gempa bumi pada saat itu. Di sini terdapat kurang lebih 80 bangunan berbentuk rumah dome. Di kompleks ini juga dilengkapi dengan rumah kesehatan, mushola, hingga balai pertemuan yang sering digunakan untuk berbagai acara. Permukiman Rumah Dom Jogja sekarang lebih dikenal dengan New Nglepen.

 

Wisata Rumah Dom Jogja

Selain memiliki bentuk unik karena berbentuk seperti rumah Igloo, atau rumah para Eskimo, Rumah Dom memiliki keunggulan seperti tahan terhadap gempa. Hal tersebut dikarenakan desainnya tidak memiliki sambungan, biasanya sambungan ini menjadi titik lemah bangunan saat gempa. Tak hanya menahan gempa, Rumah Dom juga bisa tahan angin dengan kecepatan yang mencapai 450 km per jam.

Walaupun memiliki berbagai kelebihan tersebut, Rumah Dom jangan dimanfaatkan oleh orang Indonesia karena iklim tropis yang dimiliki negara kita. Bangunan terdiri atas 2 lantai yang memiliki luas bangunan 38 meter persegi. Pada bagian ruang bawah, biasanya dipergunakan untuk ruang makan, ruang tamu, kamar tidur dan dapur. Pada bagian atas, penduduk menggunakannya sebagai ruang kumpul keluarga.

Rumah Dom mempunyai desain dua buah pintu, pintu belakang serta pintu bagian depan, ada juga pintu kamar dan jendela yang ada di bagian kamar tidur dan depan. Di puncaknya disediakan ventilasi yang digunakan untuk mengalirkan udara ke dalam rumah.

Setiap Rumah Dom Jogja dilengkapi oleh saluran dapur. Tetapi, kekurangan yang dimiliki oleh Rumah ini ialah kamar mandi berada di luar rumah. Kamar mandi ada di lokasi yang berbeda serta terdiri 8 kamar mandi untuk digunakan bersama-sama. Lokasi kamar mandi ada di tengah blok yang berfungsi untuk melayani 12 unit rumah di sekitar kamar mandi.

Baca Juga : Bukit Paralayang, Lokasi Terbaik untuk Melihat Indahnya Sunset Bantul

Rumah Dom Jogja sekarang ini menjadi pilihan kunjungan traveler sesudah singgah ke Candi Prambatan. Hal ini disebabkan oleh bentuk arsitektur yang unik, bahkan menjadi satu-satunya di Indonesia. Wisata ini bisa dijadikan sebagai alternatif wisatawan mempelajari arsitektur bangunan yang berbeda dan unik.

Harga Tiket Masuk 

Harga tiket masuk mengunjungi Rumah Dom Jogja sebesar Rp 5.000 per orang. Jika Anda ingin naik kereta odong-odong, Anda harus membayar sebesar Rp 5.000. Rumah Dom juga memiliki fasilitas ATV dengan harga sewa Rp 50.000 per 15 menit. Rumah Dom buka dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

Artikel menarik lainnya : Wisata dengan Keindahan Luar Biasa, Seribu Batu Songgo Langit

Rute Menuju Rumah Dom Jogja 

Rute untuk sampai di Rumah Dom, jika Anda menempuh perjalanan dari Solo, Anda bisa memilih jalan menuju Candi Prambanan, sampai di pertigaan Candi Prambanan, pilih jalan ke kanan menuju ke Piyungan, di sana Anda akan menemukan petunjuk menuju Rumah Dom.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*