Wisata Ranca Upas Ciwidey, dari Berkemah hingga Kegiatan Alam Lainnya

Ranca Upas Ciwidey

Ranca Upas Ciwidey merupakan sebuah perkampungan yang terletak di tengah-tengah hutan dengan ragam keindahan yang menyejukkan mata dan menyegarkan pikiran. Wisata alam ini berada di Desa Alam Endah, Kecamatan Ranca Upas, jika dari pusat kota Bandung kurang lebih berjarak sekitar 50 kilometer. Obyek wisata Ranca Upas Ciwidey memiliki luas lahan kurang lebih 215 hektar, bagi anda yang sudah jenuh dengan kondisi perkotaan yang panas tempat wisata ini sangat cocok untuk anda kunjungi.

Jika anda berkunjung Ranca Upas Ciwidey hal pertama yang anda rasakan yaitu udara alam yang sejuk dan melegakan, hal ini dikarenakan wisata ini berada di ketinggian 1.700 meter dpl. Selain disajikan dengan udara yang sejuk, bila anda berkunjung ke tempat ini anda juga akan disajikan dengan pemandangan hutan yang masih sangat alami. Di hutan sekitar Ranca Upas Ciwidey, terdapat pohon yang sangat jarang di jumpai seperti Kihujan, Kurai, Kitambang, Pasang, Jamuju dan Puspa.

Ranca Upas Ciwidey, Sumber Gambar : Akun IG @letsgobandung

Tidak hanya itu saja, selain kaya akan kehidupan fauna, jika anda berkunjung ke Ranca Upas Ciwidey anda juga dapat menyaksikan populasi burung dan satwa-satwa yang bergerak bebas di antara pepohonan. Sebelum di jadikan sebuah obyek wisata, dulu tempat ini adalah sebuah bumi perkemahan yang sekaligus pula sebagai tempat kegiatan outdoor yang diselenggarakan berbagai komunitas.

Hal ini tidak lepas dari kondisi geografis dan karakteristik alamnya yang unik menjadikan tempat ini sangat cocok dijadikan tempat kegiatan outdoor. Jadi tidak heran jika tempat wisata ini memiliki fasilitas seperti Kolam Renang Air Hangat, ATV dan War Games. Selain bisa melakukan aktivitas out door, salah satu aktivitas yang paling populer dilakukan banyak wisatawan saat berkunjung ke wisata ini yaitu mengunjungi konservasi penangkaran Rusa Jawa.

Ranca Upas Ciwidey, Sumber Foto : IG @friendkhinta

Di penangkaran rusa jawa anda bisa berinteraksi langsung dengan kawanan rusa yang hidup bebas di alam terbuka. Lokasi ini memiliki luas kurang lebih sekitar 5 hektar. Disini anda bisa memberi makan rusa rusa tersebut dengan sayuran dan wortel yang telah disediakan. Dan yang menariknya lagi tempat penangkaran rusa ini terhubung dengan lokasi kegiatan wisata lainnya yaitu area Outbound Tegal Kawani. Di obyek wisata yang satu ini, anda bisa melakukan kegiatan berkemah maupun camping dengan sejumlah akomodasi dan fasilitas yang telah disediakan dengan baik.

Tidak hanya berkemah saja, di Ranca Upas Ciwidey Anda dapat melakukan aktivitas menyenangkan lainnya seperti mandi bersama anggota keluarga di pemandian air panas. Namun jika anda ingin merasakan suasana yang seru dan asik, tempat ini juga menyediakan kano yang siap membawa Anda berkeliling danau. Berikut ini beberapa kegiatan yang menjadi favorit banyak wisatawan saat berkunjung ke tempat ini diantaranya bermain paint ball, aktivitas trekking di bukit dan aktivitas trekking di bukit. Bisa disimpulkan bahwa Ranca Upas merupakan salah satu pilihan destinasi wisata yang tepat untuk menyegarkan pikiran dan tubuh dari stress dan kejenuhan.

Tempat Wisata Lain yang patut Anda kunjungi:

6 Tempat Wisata Puncak yang Paling Direkomendasikan
Berlayar Menikmati Pesona Indah Pantai Pasir Putih Situbondo
Pesona Apik Wisata Bahari Lamongan yang Sangat Sayang Untuk Dilewatkan

Wisata Ranca Upas Ciwidey, dari Berkemah hingga Kegiatan Alam Lainnya
4.5 (90%) 2 votes

Leave a Comment

*Please complete all fields correctly

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat via WhatsApp dengan admin kami