Paris Van Java Versi Indonesia Ada di Kediri Jawa Timur

Paris Van Java Versi Indonesia

Paris Van Java Versi Indonesia - Paris boleh punya Monumen Arc de Triomphe (Bahasa Indonesia: Gapura Kemenangan) yang keren. Indonesia juga punya monumen yang mirip banget seperti di Paris.  Monumen ini sering banget dijadiin tempat hunting foto loh. Sama seperti monumen Arc de Triomphe. di Indonesia namanya simpang lima gumul. Monumen ini berada di Desa Tugurejo, kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri,  Jatim. Lebih tepatnya di pertemuan lima jalan yang menuju ke daerah Gampengrejo, Pagu, Pesantren, Plosoklaten, Pare, dan Kediri kota.

Paris Van Java Versi Indonesia, Sumber Foto : IG @@arifhanafi77

Monumen Simpang Lima Gumul atau yang biasa disebut SLG merupakan bangunan pertama yang ada di Negara kita ini yang pembangunannya mirip dengan bangunan L’Arch de Triomphe yang berada di Paris-Prancis. Mungkin banya yang bertnya, kenapa nggak buat monumen yang melambangkan kota Kediri saja? Bukankah Kediri dulu pusat kerajaan besar? Ada yang mengatakan bahwa monumen SLG ini terinspirasi dari “Jongko Joyoboyo” yaitu, Raja Kediri abad XII. Raja Jongko Joyoboyo ini yang ingin menyatukan lima wilayah di Kabupaten Kediri. Selain sebagai ikon dari sebuah kota, saat ini SLG juga menjadi sentral atau pusat ekonomi dan perdagangan baru (Central Business District) di Kabupaten Kediri. Wah hebat yaa.. Sehingga pemerintah mengharapkan dapat membuat perekonomian baru. Kediri dibuat semakin bertambah maju. Monumen SLG berlokasi di kawasan yang cukup strategis dan dilengkapi dengan berbagai sarana umum, seperti gedung pertemuan atau convention hall, gedung serbaguna atau multipupose, terminal bus antar kota dan MPU (Mobil Penumpang Umum), Bank daerah, pasar temporer (buka pada waktu tertentu) seperti Sabtu-Minggu dan tempat rekreasi seperti wisata air yaitu Water Park Gumul Paradise Island.

Tempat ini menyediakan wahana permainan dan hiburan yang cukup menarik, seperti speedslide, bodyslide,  kolam jamur, kolam bak tumpah, fun boomerang,  hingga flyingfox. Fasilitas yang di sediakan juga terbilang lengkap, seperti musholla, toilet, giftmart, foodcourt, dan loker. Monumen ini di posisikan tepat di tengah-tengah jalur lima jalan arah Pare, Kediri, Pesantren, Plosoklaten, dan Menang.

Paris Van Java Versi Indonesia, Sumber Foto : IG @agungpratm

Monumen yang memiliki luas bangunan sekitar 804 meter persegi ini, ditumpu dengan 3 tangga 3 meter di hitung dari  dasar pura, dan tingginya  25 meter, sehingga jika kita berada di atap monument, kita dapat menyaksikan keseluruhan panorama Kediri dari atas. Proyeksi pengembangan kawasan perdagangan ini yang secara keseluruhan seluas 37 Ha. Di sisi-sisi monumen Kediri ini terpahat relief-relief tentang sejarah Kediri hingga kesenian dan budaya yang ada sekarang. Luas dan tinggi monumen juga mencerminkan tanggal, bulan, tahun hari jadi Kabupaten Kediri, 25 maret 804 M. Di sisi monumen terdapat 16 pahatan relief atau 4 pada setiap sisi relief untuk menggambarkan tentang sejarah Kediri dari mulai keseniannya dan hingga kebudayaan yang ada pada saat ini. Di salah satu sudut monumen terdapat sebuah arca atau patung Ganesha, salah satu dewa yang banyak dipuja oleh umat Hindu yang dianggap sebagai Dewa Pengetahuan dan Kecerdasan, Dewa Penolak Bala, Dewa Pelindung, dan Dewa Kebijaksanaan.

Di dalam bangunan monumen ini terdapat beberapa ruangan untuk pertemuan di gedung utama dan ruang auditorium di lantai atas yang beratapkan kubah (dome), ruang serba guna di ruang bawah tanah (basement) dan minimarket yang menjual berbagai souvenir khas di lantai bawah. Bangunan ini juga memiliki akses jalan bawah tanah untuk menuju monumen. Tapi sayang sekarang lorongan bawah tanah sudah penuh dengan berbagai tulisan dari tangan-tangan jahil manusia tidak bertanggung jawab. Tolong kalo temen-temen main ke sini jaga fasilitas negara ini ya. Ntar anak cucu kita nggak bisa menikmati Paris Van Java Versi Indonesia ini.

Paris Van Java Versi Indonesia - Kalau kalian dateng ke sini malam hari, kalian akan bisa menikmati monumen ini yang di hiasi dengan berbagai macam lampu yang tentunya sangat menarik perhatian dan menambah kemiripan tampilan dari monumen yang mirip L’Archde Triomphe di Paris dan juga seperti kita berada di monumen L’Archde Triomphe loh. Tanpa ke Paris kalian sudah bisa berfoto ria dengan monumen ini. Selain itu pada saat malam hari akan ada tambahan keramaian soalnya disini adalah lokasi sentral ekonomi masyarakat sekitar yaitu dengan adanya pasar tumpah atau pasar malam (pasar yang ada cuma pas malam aja).

Tempat Wisata Lain yang patut Anda kunjungi:

Keindahan Surga Bawah Laut di Taman Laut Nasional Bunaken yang Memanjakan Mata
Pantai Kuta Lombok dari Bukit Mandalika
Mengenal Taman Nasional Baluran Si Afrika Van Java

Paris Van Java Versi Indonesia Ada di Kediri Jawa Timur
5 (100%) 1 vote

Leave a Comment

*Please complete all fields correctly

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat via WhatsApp dengan admin kami