Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0819 0403 6114

Pesona Pantai Sundak Yogyakarta yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Pesona Pantai Sundak Yogyakarta yang Tak Boleh Anda Lewatkan
4 (80%) 1 vote

Jejeran pantai yang berada di Yogyakarta memang tidak akan pernah ada matinya. Apalagi jajaran pantai yang berlokasi di Gunungkidul. Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Sundak. Lokasi Pantai ini tidak jauh dari Pantai Kukup. Walaupun Pantai Sundak tak terlalu besar, pesonanya mampu memberikan keindahan alami yang begitu menyenangkan.

Bukan hanya mempunyai pemandangan alam yang menyenangkan dan indah untuk dinikmati, Pantai Sundak juga memiliki cerita unik mengenai asal usul namanya. Selain memiliki nama yang unik, pantai ini juga telah melalui evolusi bentuk selama beberapa kali di bagian pinggiran pantainya.

Fenomena Unik yang Menghiasi

Di sebelah timur Pantai Sundak, Andaakan menemukan gua alami yang terbentuk dari batu karang. Gua ini mempunyai tinggi kurang lebih 12 meter serta di bagian dalam terdapat sumur alami yang menjadi sumber air tawar penduduk setempat. Berdasarkan sejarahnya, di tahun 1930 wilayah yang menjadi lokasi gua ini masih terendam air lautan. Bahkan air laut meluas hingga di dekat masjid. Dengan berjalannya waktu, terjadi perubahan struktur pantai selatan dan menyebabkan permukaan air laut menjadi menyusut. Semakin lama, batu karang akhirnya bebas dari air dan menjadi daratan.

Fenomena lain di Pantai Sundak adalah saat musim penghujan, volume air yang besar akan muncul serta mengalir ke lautan. Oleh sebab itu, daratan di sebelah timur pantai menjadi seakan-akan membelah, atau terbelah layaknya sungai. Air yang mengalir melewati sungai ini terlihat seperti membelah pasir. Sedangkan, bila musim kemarau datang, belahan ini akan menghilang.

Pantai Sundak adalah destinasi alam pantai yang berlokasi di daerah Wonosari. Lokasi Pantai Sundak ini tidak jauh dari Pantai Kukup.

Asal Nama Pantai Sundak

Nama pantai ini berawal dari cerita yang terkenal di zaman dulu. Dikisahkan suatu hari ada seekor anjing yang berkeliaran di wilayah pantai, anjing tersebut kemudian masuk di gua karang. Di dalam gua, sang anjing bertemu dengan landak laut. Karena kelaparan, anjing tersebut berniat memakan landak laut. Namun landak laut berusaha terus menghindari serangan anjing. Terjadilah perkelahian sengit dan dimenangkan oleh sang anjing, anjing pun memakan setengah tubuh landak. Pemilik anjing tidak mengetahui bila sudah terjadi perkelahian anjing miliknya dan landak laut. Nama Sundak sendiri berasal dari singkatan Asu (Anjing) dan ‘dak’ dari kata Landak.

Baca Juga : Pantai Wohkudu, Setitik Keindahan Diantara Dua Tebing

Lokasi Pantai Sundak

Pantai Sundak berlokasi di Pule Gundes, Sidoharjo, Gunungkidul. Akses masuk ke Pantai Sundak bisa dari Terminal Giwangan, perjalanan dengan menggunakan bus membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam, setelah itu Anda bisa menggunakan bis kecil menuju ke Pantai Krakal.

Harga tiket masuk ke Pantai Sundak sebesar Rp 10 ribuan, harga ini termasuk paket wisata 8 pantai yang lain. Mau sewa mobil untuk menuju ke sini? Silahkan kontak JOGJA EMPAT RODA.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.
×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*