Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0819 0403 6114

Berlayar Menikmati Pesona Indah Pantai Pasir Putih Situbondo

Berlayar Menikmati Pesona Indah Pantai Pasir Putih Situbondo
4.5 (90%) 2 votes

Pantai Pasir Putih Situbondo berada di Lokasi Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa  Timur  dikenal karena hamparan pasirnya yang putih. Ke arah utara, wisatawan dapat melihat luasnya laut utara Jawa dengan garis putih di  pinggir pantai. Di belakangnya, rimbunan hutan menyajikan kesejukan tersendiri.

Pasir Putih adalah salah satu tujuan wisata  pantai andalan di Provinsi Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Situbondo. Dikarenakan letaknya yang  strategis, yaitu berada di Jalur Poros Pantura menjadikan pantai ini ramai dikunjungi. Sesuai dengan namanya Pantai Pasir Putih Situbondo memiliki pasir putih bersih alami yang sangat memikat. Bukan hanya pasir pantai yang memikat, tetapi keindahan biota bawah lautnya yang dapat membuat anda terkagum dengan keindahannya. Dikarenakan keadaan laut yang bersih membuat kehidupan bawah laut ini menjadi sehat dan terjaga perkembangbiakannya.

Para wisatawan dapat menyewa kapal untuk dapat berlayar disekitar pantai, dengan kisaran harga sekitar Rp 75.000 sampai Rp 100.000,-. Beberapa kapal juga memiliki kaca yang membuat anda dapat melihat keadaan dan keindahan biota bawah laut. Menyelam di kawasan pantai Pantai Pasir Putih Situbondo adalah kegiatan menarik yang patut di coba dan sayang sekali untuk di abaikan. Alam bawah laut pantai ini adalah tempat bertumbuhnya terumbu karang yang mencapai radius hingga empat kilometer. Arus laut yang tenang serta airnya yang jernih adalah keunggulan lainnya yang disukai banyak penikmat diving di Pantai Pasir Putih.

Pantai Pasir Putih Situbondo, Sumber Foto : IG @fitria_cimutz

Baca artikel lainnya : 

Ada lima gugusan terumbu karang di Pantai Pasir Putih. Tiga gugusan di antaranya terletak dekat dengan tepian pantai, yaitu gugusan Teluk Pelita, Watu Lawang, dan Karang Mayit. Ketiga gugusan terumbu karang ini berada saling berdekatan satu sama lain. Kedalamannya bervariasi, mulai dari 3 meter hingga 15 meter. Pemandangan utama di gugusan ini adalah koral berwarna-warni, spons, dan binatang laut tembus pandang.

Selain itu, pada bulan Oktober para nelayan  biasanya mengadakan upacara Petik Laut, yaitu melarung makanan, jajanan, dan  kepala lembu ke tengah laut sebagai upaya memohon berkah hasil laut dari Tuhan.  Pada upacara ini tak jarang diadakan pementasan musik dan adat tradisional yang sangat populer di Kabupaten Situbondo.

Keindahan pasir putih situbondo jawa timur semakin lengkap di saat semua sarana yang mendukung para wisatawan juga turut disediakan. Bagi mereka yang ingin membeli berbagai cinderamata, di sekitar pantai juga banyak kios-kios yang berjualan pernak-pernik hasil laut, yang tentu saja sangat indah dan harganya terjangkau. Pernak-pernik bisa berupa kalung, gelang, cincin, replica perahu dan masih banyak lagi. Tidak jarang pula harga yang sudah cukup terjangkau tersebut masih bisa anda tawar menjadi lebih murah lagi.

Pantai Pasir Putih Situbondo, Sumber Gambar : IG @situbondokreatif

Pengelola wisata juga menyediakan fasilitas kamar mandi, musholla, dan beberapa tempat untuk beristirahat berupa bangku beton yang biasanya dekat dengan para penjaja makananSelain itu, di Pantai Pasir putih juga terdapat tempat makan yang telah disediakan oleh pihak pengelola pantai.Dengan disediakannya pusat makanan di area wisata akan membuat para pengunjung untuk betah berlama-lama di pantai ini. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pemerintah daerah Situbondo karena dapat dijadikan tempat promosi dan memperkenalkan  kuliner yang sangat unik dan lezat daerah Kabupaten Situbondo. Dengan begitu, para wisatawan yang datang bisa mencoba masakan khas Kabupaten Situbondo, sehingga bisa mengangkat potensi kota Situbondo menjadi lebih baik lagi.

Keberadaan tempat wisata pantai pasir putih ini juga semakin didukung dengan kehadiran berbagai tempat menginap yang disediakan khusus bagi mereka yang datang jauh dari luar kota. Tarif tempat penginapan ini sangat bervariasi, tergantung dengan fasilitas yang disediakan di dalam kamar. Kehadiran tempat penginapan ini tentu akan membuat acara berwisata anda menjadi semakin sempurna, sekaligus akan membuat tubuh lebih rileks dan betah berlama – lama berada di sini. Selain itu, untuk pengunjung yang suka berkemah. Pantai Pasir Putih menyediakan area khusus untuk tempat berkemah para wisatawan.

Demikian ulasan tentang Berlayar Menikmati Pesona Indah Pantai Pasir Putih Situbondo. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi tempat berlibur anda.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*