Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Pantai Parangkusumo, Walaupun Mistis Tapi Tetap Indah dan Harus Anda Kunjungi

Pantai Parangkusumo, Walaupun Mistis Tapi Tetap Indah dan Harus Anda Kunjungi
4.5 (90%) 2 votes

Berwisata ke pantai menjadi salah satu pilihan, berbagai kesan bisa Anda dapatkan bersama orang-orang terkasih. Hamparan laut yang luas akan sangat membantu melepas penat dan lelah. Pantai Parangkusumo adalah lokasi yang tepat untuk Anda pilih.

Pantai Parangkusumo ini sangat berbeda jika Anda bandingkan dengan kebanyakan pantai. Di pantai ini Anda bisa menikmati keindahan alam dan belajar mengenai kisah yang tersimpan di dalamnya. Siapa yang tidak kenal dengan penguasa pantai selatan, di sinilah Anda mengenal legenda itu.

Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo, IG @laras_laswaty_jani

Berbagai Ritual di Pantai Parangkusumo

Beragam kegiatan unik berupa ritual sering digelar di Pantai Parangkusumo. Ritual yang sering dilaksanakan di Pantai Parangkusumo yaitu Labuhan atau Melasti, semedi, tirakatan, labuhan-labuhan ageng. Ritual ini tidak jauh dari adanya legenda keberadaan Ratu Pantai Selatan. Sehingga banyak yang menyebut pantai ini sebagai area yang mistis dan sakral. Pada pelaksanaan ritual-ritual tersebut justru banyak wisatawan yang berkunjung untuk mengabadikan berbagai momen.

Labuhan di Pantai Parangkusumo, IG @suryojdb

Ritual-ritual yang memiliki hubungan dengan Istana Kerajaan Pantai Selatan di Parangkusumo ini lebih banyak dilakukan oleh Keraton Yogyakarta. Kepercayaan bahwa pantai ini sebagai gerbang masuk ke Istana Kerajaan Pantai Selatan diperkuat dengan terciumnya aroma kembang setaman dan kemenyan sebagai sejajen. Suasana mistis di Pantai ini memang masih begitu kental. Anda juga bisa menemukan lokasi bernama Batu Cinta di Puri Cepuri. Di sana banyak taburan kembang setaman dan sesajen. Batu Cinta merupakan lokasi yang dipercaya sebagai tempat bertemunya RatuKidul dengan Panembahan Senopati.

Baca Juga :

Edukasi Lingkungan dan Budaya di Museum Wayang Kekayon

Puncak Becici : Beberapa Kegiatan Yang Bisa Anda Nikmati Di Sini

View Nan Romantis di Sore Hari

Meskipun Pantai Parangkusumo dijadikan sebagai tempat ritual oleh masyarakat sekitar, khususnya Keraton Yogyakarta, keindahan alam yang disajikannya juga cukup menawan hati. Pemandangan di sore hari menampilkan suasana nan romantis. Anda bisa melihat momen matahari terbenam tanpa ada halangan. Garis pantai yang panjang, membuat Anda bebas menikmati pemandangan, hembusan angin dan hamparan pasir yang luas. Warna-warni langit sore menjadi spot romantis untuk berfoto bersama pasangan. Pastikan Anda datang ke pantai ini dengan baterai kamera yang full ya.

Gambar : IG @thoriq_agstn

Akses Lokasi Pantai Parangkusumo

Untuk bisa menjangkau pantai Parangkusumo, Anda bisa menelusuri kabupaten Bantul yang ada di sebelah selatan Kota Yogyakarta. Jaraknya kurang lebih 30 km saja, sehingga tidak membutuhkan waktu tempuh yang lama.Tepatnya, pantai ini berada di Desa Parangtritis, Kretek, bersebelahan dengan Pantai Parangtritis. Anda bisa mengendarai kendaraan pribadi maupun kendaraan umum karena pantai ini memang mudah dijangkau.

Harga Tiket dan Fasilitas

Harga tiket masuk pantai Parangkusumo menjadi satu dengan pantai Parangtritis yaitu Rp 5.000 untuk tiap orang. Sangat terjangkau, apalagi Anda bisa menikmati keindahan pantai dan mengenal lebih dalam mengenai legenda di sana. Fasilitas yang disediakan pun terbilang cukup beragam dan komplit.

Mau ke sana dengan Paket Wisata Yogyakarta ? Silahkan hubungi tautan ini : JOGJA EMPAT RODA

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.
×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*