Pantai Kutang, Anugerah Pantai Indah Tuhan di Lamongan

Pantai Kutang Lamongan Jawa Timur

Kabupaten Lamongan adalah salah satu kabupaten yang dimana berada di salah satu provinsi yang ada di Negara Indonesia yakni  Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Lamongan juga berbatasan dengan laut Jawa di arah Utara, Kabupaten Gresik di arah timur, Kabupaten Mojokerto & Kabupaten Jombang di arah selatan, dan Kabupaten Bojonegoro di arah Barat. Kabupaten Lamongan yang terkenal dengan makanan khas Nasi Boran, Soto Ayam, dan Wingko Babat ini, juga memiliki wisata khas. Kira-kira apa ya? Apakah WBL (Wisata Bahari Lamongan) atau Maharani Goa & Zoo? atau Wisata Religi Makam Wali songo yakni Sunan Drajat? Pada kali ini akan membahas salah satu destinasi wisata khas dari Lamongan yakni Pantai kutang . Kira-kira, mengapa diberi nama Pantai kutang?

Pantai Kutang, Sumber Foto : IG @yunia0016

Menurut pengakuan dari warga yang berada disana, pemberian nama yang unik dan sedikit aneh ini bukan sekedar asal saja atau hanya berdasarkan pemikiran dari warga yang berpikiran negatif. Ada sejarah yang melatar belakanginya, diceritakan pada waktu itu memang banyak pasangan pemuda pemudi yang mengkunjungi ke pantai tersebut. Tapi anehnya, saat pulang mereka juga meninggalkan pakaian dalam mereka yaitu bra atau kutang (pakaian dalam) di pohon bakau tersebut. Dari situlah kemudian nama yaitu “Kutang” telah diberikan untuk pantai ini. Pantai kutang  merupakan salah satu dari beberapa pantai yang berada di utara Jawa yang memilki pasir putih yang bercampur kerikil kecil sehingga menunjukkan identitas dari pantai tersebut. Pemandangan dari pantai ini dilengkapi dengan kehadiran pohon-pohon hijau dan rindang yang terletak di pinggir pantai yang menjulang ke laut. Pantai kutang  ini terletak di  Dusun Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

Pantai Kutang, Sumber Foto : IG @pujidwiwijayanto

Apabila anda menuju lokasi pantai ini dari arah Surabaya atau Gresik yang menuju ke arah Tuban. Sekitar kurang lebih 20 kilometer dari Kantor Kecamatan Brondong, anda akan dipertemukan dengan perempatan Desa Sidomukti, Kecamatan Brondong. Para wisatawan akan diharuskan berbelok kanan, kemudian akan memasuki sebuah perkampungan hingga akan menuju Desa Labuhan. Memang sedikit sulit jika kita akan menuju lokasi. Dikarenakan jalannya tidaklah lebar. Bahkan bisa membuat para pengunjung akan dibuat pusing. Karena area parkir yang minim tersebut, hanya bisa dibuat tidak lebih dari sepuluh mobil. Tetapi kepusingan itu dan kesusahan tersebut tidak akan sebanding dengan panorama keindahan dari Pantai kutang  itu tersendiri. Beberapa traveler bahkan dapat bermain ayunan dari cabang pohon yang melengkung sampai ke area pantai. Sehingga bisa menjadikan pemandangan yang sangat indah dan mempesona.

Ketika pantai mengalami pasang surut, para traveler dimungkinkan bisa melihat rumput laut dan beberapa bebatuan yang indah dan mempesona. Saat itulah  momen terbaik untuk hunting foto. Tahukah anda? waktu yang terbaik untuk mengambil gambar pantai ini adalah ketika saat sore hari menjelang petang. Panorama sunset di pantai ini adalah memang juara, meskipun berlokasi di utara, tetapi matahari sangat terlihat tenggelam di area tengah laut karena posisi letaknya memang sedikit menyerong. Masuk ke lokasi Pantai kutang  tersebut hanya bisa melewati jalan setapak demi setapak. Bahkan untuk berpapasan dengan orang lain pun sangat cukup sulit. Bahkan fasilitas seperti toilet atau tempat yang digunakan membersihkan tubuh yang sudah berbasah-basahan masih juga nihil. Belum juga ada untuk fasilitas penginapan di sana. Sehingga mendapatkan penginapan sekitar Wahana Bahari Lamongan (WBL). Tetapi para pemuda setempat sekitarnya akan bersikap ramah dan akan membantu memarkirkan sepeda motor para wisatawan. Jasa itu cukup dibayar sekitar Rp 2000,-. Uang tersebut memang akan dipakai buat memperbaiki mushola, dan jembatan agar bisa di lewati banyak orang. Kesimpulan Pantai kutang  ini juga sangatlah cocok untuk anda berwisata yang ingin sekali menikmati keindahan sebuah pantai.

Tempat Wisata Lain yang patut Anda kunjungi:

Inilah 3 Spot Menarik Pantai Pangandaran di Ciamis
Inilah 5 Spot Wisata Kota Lama Semarang Paling Menarik

Pantai Kutang, Anugerah Pantai Indah Tuhan di Lamongan
4 (80%) 1 vote

Leave a Comment

*Please complete all fields correctly

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat via WhatsApp dengan admin kami