Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Pantai Kukup, Pantai dengan Jutaan Biota Laut yang Indah

Pantai Kukup, Pantai dengan Jutaan Biota Laut yang Indah
5 (100%) 1 vote

Pantai Kukup adalah satu-satunya wisata di Gunung Kidul yang begitu kaya dengan biota laut seperti ikan hias yang indah di aquarium lautan. Bila di Bali terdapat Tanah Lot, di Gunung Kidul terdapat Pantai Kukup yang begitu indah ini.

Pantai Kukup adalah satu-satunya wisata di Gunung Kidul yang begitu kaya dengan biota laut seperti ikan hias yang indah di aquarium lautan

Pantai Kukup, foto : IG @jogjajateng

Lokasi Pantai Kukup

Pantai Kukup berlokasi di Jalan Pantai Selatan Jawa, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul. Rute untuk menuju tempat ini sebenarnya mudah, jika Anda dari Jogja, Anda hanya perlu menyusuri jalan Jogja –  Solo, kemudian menuju ke Candi Prambanan, kemudian menuju ke Jalan Wonosari, dan ambil jalan menuju Jalan Baron. Nantinya, Anda akan menemukan plangkan dengan tulisan jalan menuju ke TKP. Bila masih bingung mengenai rute jalan menuju Pantai Kukup, Anda bisa menggunakan Google Map dan mengikuti petunjuk jalan di sana.

Jalanan menuju ini naik turun dan cukup berkelok. Sehingga, Anda harus waspada bila menggunakan kendaraan pribadi.

Indahnya Biota Laut di Pantai Kukup 

Pantai Kukup memiliki daerah laut dangkal yang tenang dengan jarak kurang lebih 100 meter dari bibir pantai. Di pantai ini terdapat gundukan terumbu karang yang terdapat di ujung pantai yang secara alami bisa melindungi pantai dari hempasan ombak dari laut selatan yang terkenal begitu besar. Daerah dangkal ini terisi dengan terumbu karang, bintang laut serta berbagai ikan hias yang unik.

IG @malik_ash_shidiqi

Bila terjadi pasang surut, pantai ini masih tergenangi sedikit air. Di sini kita bisa mencari ikan hias yang terjebak di kubangan, Anda bisa berjalan kaki hingga ke ujung pantai bila air surut. Namun, hati-hati dengan bulu babi atau landak laut, apalagi di daerah yang dangkal. Jangan pernah menginjak dengan telanjang kaki atau memegangnya. Duri bulu babi sangat beracun, beberapa kasus bahkan bisa menyebabkan henti napas.

Baca Juga : Bukit Pengilon, Spot Melihat Indahnya Pantai Di Sepanjang Pesisir dari Atas Bukit

Sebelah timur pantai ini terdapat pulau karang dengan nama Pulau Jumino. Antara pantai ini dengan pulau tersebut terhubung oleh jembatan yang bisa dilewati oleh wisatawan. Di pulau ini juga terdapat gardu pandang yang dibangun untuk para wisatawan yang ingin melihat indahnya lautan.

Harga Tiket Masuk 

Untuk masuk ke Pantai Kukup dan menikmati berbagai keindahannya, Anda harus membayar harga tiket masuk sebesar Rp 10.000. Harga tiket masuk ini sudah termasuk tiket ke pantai-pantai sekitarnya. Jadi, cukup hemat bukan?

Artikel menarik lainnya : Berbagai Hal Seru yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Baron

Fasilitas di Sekitar Pantai Kukup

Pantai Kukup memiliki fasilitas yang lengkap seperti tempat parkir yang cukup luas, tempat ibadah, toilet umum hingga warung makan yang menyediakan beberapa menu santapan.

IG @adji_mahadewahanya

Bahkan di sekitar Pantai Kukup juga terdapat penginapan dan warung yang menjual souvenir pernak-pernik khas pantai. Jika Anda ingin membawa ikan hias, di sekitar kawasan banyak pedagang ikan hias dengan rentang harga yang beragam pula.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.
  1. Pingback: Pantai Indrayanti, Pilihan Wisata yang Asri dan Modern -

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*