Pantai Kili, Surga Para Generasi Penyu Abu-abu, Sisik, Hijau dan Belimbing

Pantai Kili Trenggalek

Pantai kili, surga para generasi penyu yang perlu anda ketahui. Hai kawan, apakah kalian suka traveling? Kemana nih biasanya kalau travel? Ke gunung kah, atau ke pantai, atau ke tempat bersejara, atau bahkan keluar negeri. Wah kalau bicara daerah sampai besok pun gak selesai disebutin nih. Tapi kali ini saya hanya akan memperkenalkan salah satu tempat wisata yaitu pantai.

Pantai bukanlah tempat yang asing lagi. Semua orang pasti tau pantai. Perairan yang terbentang luas bagaikan permata biru yang ditaburkan sepanjang mata memadang. Keindahan yang diberikan oleh tempat ini membuat setiap orang tertarik untuk mengunjungi pantai.

Tau kah kalian bahwa ada salah satu pantai yang cukup indah yaitu pantai kili, surga para generasi penyu. Pantai ini terletak di Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, tepatnya di kecamatan Panggul dan di Desa Wonocoyo. Pantai ini terletak sekitar 54 Km di sebelah barat daya dari Ibu Kota Trenggalek. Pantai kili membentang luas dari barat hingga timur desa Wonocoyo. Disepanjang tepi pantai kili ditumbuhi oleh pohon-pohon pandan sehingga warga yang tinggal disekitar pantai ini menyebutnya sebagai pantai taman kili-kili. Dan sekitar bulan Mei sampai bulan Agustus warga yang tinggal tidak jauh dari pantai kili ini sering menemukan penyu laut yang bertelur di pantai ini. Ada 4 jenis penyu yang sering bertelur di pantai kili-kili ini yang antara lain yaitu penyu abu-abu, penyu sisik, penyu hijau dan penyu belimbing.

Penyu sendiri merupakan salah satu hewan yang dilindungi oleh pemerintah. Selain memiliki bentuk yang lucu dan unik penyu memiliki manfaat juga lho kawan. Hanya dengan membiarkan penyu tetap hidup bebas pada habitatnya serta tidak melakukan apapun yang mengganggu kehidupan penyu, maka secara tidak langsung penyu akan memberikan manfaat bagi kita. Manfaat tersebut merupakan keseimbangan ekosistem laut yang diberikan oleh penyu.

Untuk sampai ke daerah ini memang tergolong sulit mengingat medan yang ditempuh membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun setelah mencapai pantai ini pastinya semua rasa lelah anda dapat dibayar tuntas dengan keindaha alam yang telah disuguhkan di pantai kili tersebut. Terlebih lagi adanya penangkaran penyu yang membuat anda semakin semangat untuk menambah pengetahuan tentang penyu.

Sebelumya warga sekitar mengambil telur-telur penyu untuk dimakan. Namun setelah adanya konservasi penyu muncul larangan untuk mengambil telur penyu tersebut. Dan sekarang pantai taman kili-kili ini dikembangkan sebagai tempat konservasi penyu.

Nah saat ini dipantai inilah yang merupakan surga para generasi penyu di trenggalek. Jadi setelah penyu-penyu bertelur dipantai kili ini, telur-telur tersebut ditetaskan di penangkaran. Namun penangkaran ini berbeda dengan penangkaran yang lainnya lho kawan, karena penakaran ini tidak dilakukan didalam ruangan yang didesain seperti pantai dan diberi atap, namun penakaran di pantai kili ini dilakukan secara alami yaitu telur penyu ditetaskan di pinggir pantai sungguhan tanpa diberi atap. Wow, amazing banget kan? Jadi kita bisa liat langsung baby-baby penyu yang lucu-lucu.

Tempat Wisata Lain yang patut Anda kunjungi:

Pantai Batu Karas di Ciamis, Satu Destinasi Menarik Bagi Peselancar
Pantai Kutang, Anugerah Pantai Indah Tuhan di Lamongan

Pantai Kili, Surga Para Generasi Penyu Abu-abu, Sisik, Hijau dan Belimbing
4 (80%) 1 vote

Leave a Comment

*Please complete all fields correctly

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat via WhatsApp dengan admin kami