Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0819 0403 6114

Menikmati Sepotong Senja di Pantai Kesirat

Menikmati Sepotong Senja di Pantai Kesirat
4.5 (90%) 2 votes

Memang, ada begitu banyak pantai di Yogyakarta. Salah satunya adalah Pantai Kesirat. Jangan bayangkan di Pantai Kesirat ini Anda akan menemukan hamparan pasir putih hingga gemericik ombak yang akan menyapu pantai. Pantai Kesirat tidak menawarkan pemandangan demikian, Pantai Kesirat malah memiliki pesonanya tersendiri melalui panorama senja yang begitu luar biasa.

Pantai Kesirat malah memiliki pesonanya tersendiri melalui panorama senja yang begitu luar biasa.

Sumber Gambar : eksotisjogja dot com

Pantai Kesirat adalah satu dari banyak pantai nan indah di Gunung Kidul, pantai yang juga terkenal dengan nama Pantai Gesirat ini berbentuk tebing karang, sehingga Anda tak akan menemukan hamparan pasir putih. Tebing Pantai ini akan langsung berbatasan dengan laut lepas. Pengunjung yang singgah ke Pantai Kesirat harus puas menikmati indahnya pantai di atas tebing yang tumbuh dengan rumput hijau.

Pohon Tua Di Pantai Kesirat

Pantai Kesirat mempunyai sebuah pohon tua, penduduk yang berada di sekitar pantai menyebut pohon ini sebagai pohon abadi. Pohon tunggal ini tumbuh di bibir tebing, ia terlihat sangat mencolok dan mencuri perhatian. Ketika musim penghujan tiba, pohon akan rimbun dengan daun hijau. Sedangkan saat musim kemarau, satu demi satu daun berguguran dan hanya akan menyisakan ranting, bahkan nyaris gundul. Hadirnya pohon tersebut menjadi sangat menarik dan mempercantik pemandangan.

Pantai yang Populer di Kalangan Pemancing

Memang, dulunya kawasan ini hanya dikenal oleh kalangan pemancing saja, Pantai Kesirat mereka anggap sebagai spot paling tepat untuk memancing, biasanya mereka memancing di atas tebing karang atau rock fishing. Tak hanya Kesirat, ada pula Tebing Laut Berkah yang mempunyai kontur sama serta menjadi lokasi yang difavoritkan pemacing, namun semakin lama, pesona pantai ini mulai terbuka, satu demi satu wisatawan datang untuk mengunjungi pantai ini, apalagi panorama mentarinya juga tidak terkalahkan.

Baca Juga : Luweng Sampang, Air Terjun Wujud Keindahan Surga di Dunia

Tradisi di Pantai Kesirat

Tak hanya sebagai surga wisata yang tersembunyi, Pantai Kesirat ini juga menjadi tempat yang disakralkan oleh penduduk setempat. Biasanya setahun sekali, tempat ini menjadi tempat dilangsungkannya tradisi seperti ngalap berkah. Tradisi ini memiliki tujuan sebagai ucapan syukur.

Sunset Indah

Waktu yang paling pas untuk mengunjungi Pantai Kesirat adalah di sore hari, biasanya di jam-jam tersebut cuaca masih cerah, tetapi mentari tidak bersinar dengan terik, bahkan angin sepoi-sepoi akan seperti memainkan rambut. Anda bisa melihat tenggelamnya matahari, matahari akan perlahan suruh di laut kemudian menghilang. Banyak orang yang tidak ingin melewatkan waktu matahari tenggelam ini, biasanya mereka menunggu matahari tenggelam terlebih dahulu, setelah itu melanjutkan perjalanan ke wisata lain.

Artikel menarik lainnya : Pantai Watu Kodok, Wisata Alam yang Mempesona di Gunung Kidul

Lokasi Pantai Kesirat

Pantai Gesirat berlokasi di Ds Wiloso, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul. Pantai ini berbatasan langsung dengan Pantai Wohkudu. Jika Anda dari pusat Yogyakarta, Anda harus menempuh waktu selama 2 jam lamanya.

Berikut ini lokasi menurut google map :

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.
×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*