Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Edukasi Lingkungan dan Budaya di Museum Wayang Kekayon

Edukasi Lingkungan dan Budaya di Museum Wayang Kekayon
4 (80%) 1 vote

Belajar memang harus dilakukan sepanjang hayat. Banyak yang bisa kita pelajari walaupun hanya dari lingkungan sekitar. Jika menginginkan suasana yang baru untuk menambah edukasi terutama bagi generasi penerus, Anda bisa mendatangi tempat-tempat edukasi sekaligus untuk berwisata. Salah satu destinasi yang bisa Anda kunjungi adalah Museum Wayang Kekayon.

Museum Wayang Kekayon

Museum Wayang Kekayon, Sumber foto : IG @museumwayangkekayon

Museum Wayang Kekayon adalah museum yang mana di dalamnya Anda bisa menemukan berbagai koleksi wayang dari negara Indonesia. Berwisata di tempat ini adalah wujud dari wisata seni dan upaya memperkenalkan warisan nenek moyang bumi nusantara kepada generasi penerus agar tetap lestari.

Sejarah Museum Wayang Kekayon

Museum Wayang Kekayon merupakan salah satu museum yang bisa Anda temukan di Kota Pelajar dan Kota Seni yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum ini didirikan oleh Soejono Prawirohadikusumo wujud inspirasi yang didapatkan beliau saat menempuh pendidikan di Gronigen, Belanda. Kurang lebih selama 25 tahun museum ini diperjuangkan hingga pada tahun 1990 museum resmi didirikan oleh Gubernur DIY, Paku Alam VIII. Semenjak didirikan terhitung 1,5 tahun dari masa itu museum ini baru bisa beroperasi.

gambar IG @museumwayangkekayon

Apa yang Bisa Anda Temukan?

Museum Wayang Kekayon ini bisa dibilang unik dari pada museum yang umumnya ada di Indonesia, di mana sebagian besar museum menyimpang berbagai macam wayang dari seluruh pelosok negeri. Museum ini memiliki lingkungan yang cukup luas yang biasa disebut sebagai Lingkungan Hidup Kompleks Kekayon. Anda bisa mengajak putra/putri maupun siswa untuk belajar mengenai lingkungan hidup dan kebudayaan. Ada pula gedung yang dikhususkan untuk siapapun yang memiliki hajat (disewakan) dengan wujud arsitektur khas jawa, biasanya juga sering digelar pertunjungan wayang di sini. Anda juga bisa menemukan berbagai miniatur bangunan khas yang terkenal di Indonesia.

Gambar IG @museumwayangkekayon

Koleksi Di Museum Wayang Kekayon

Di dalam museum terbagi menjadi beberapa ruangan. Ruangan tersebut dibedakan berdasarkan koleksi yang bisa Anda temukan di sana. Di ruang pertama Anda bisa menjumpai koleksi wayang purwa khas Yogyakarta. Di ruangan kedua ada berbagai macam wayang sesuai lelakonnya seperti ramayana, mahabarata, semua disusun rapi. Selain itu ada pula wayang lain seperti wayang madya, dan gedog, wayang klithik dan lainnya. Bukan hanya wayang klasik, Anda juga bisa menemukan koleksi wayang dengan cerita sehari-hari serta koleksi lain seperti topeng dan patung.

Baca Juga :

Memandang Gemerlap Kota Yogyakarta dari Bukit Bintang Jogja

Museum Ullen Sentalu, Memahami Sejarah dan Kebudayaan Jogja Lebih Dalam

Lokasi dan Operasional Museum

Museum Wayang kekayon ini berlokasi di Jalan Laksamana Adi Sucipto, Demangan, Gondokusuman Yogyakarta. Jam operasional museum dimulai pukul 09.00 hingga 14.00 mulai hari Senin hingga Sabtu. Untuk bisa masuk ke museum ini Anda hanya akan dikenai tarif sebesar Rp 7.000, apabila ingin mengambil gambar selama di museum ada tarif tambahan sebesar Rp 10.000. Sangat mudah untuk menuju ke lokasi wisata, jarak tempuhnya hanya 5 km dari titik nol Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.
×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*