Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Museum Ullen Sentalu, Memahami Sejarah dan Kebudayaan Jogja Lebih Dalam

Museum Ullen Sentalu, Memahami Sejarah dan Kebudayaan Jogja Lebih Dalam
5 (100%) 1 vote

Yogyakarta dengan segala kekayaan alam serta budayanya tidak akan pernah habis untuk dieksplor. Terutama dalam pariwisata. Kali ini akan dibahas mengenai wisata budaya dan sejarah dari kraton dan kota Yogyakarta, yakni Museum Ullen Sentalu.

Museum Ullen Sentalu, IG @anissasadino

Lokasi dan Akses

Museum Ullen Sentalu terletak di  Jalan Boyong Km. 25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta. Anda dapat menjangkau lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan rombongan seperti bis.  Museum Ullen Sentalu Sendiri terletak di kawasan Taman Wisata Kaliurang yang terletak di sebelah utara Yogyakarta.

Sejarah dan kisah yang menyertai

Museum Ullen Sentalu memiliki keunikan dan eksotisme tersendiri. Bukan hanya sekedar museum, museum Ullen Sentalu juga menawarkan kisah, karya seni, dan peninggalan sejarah tentang kraton Yogyakarta dan Solo. Interior di dalam tampak begitu alami dan natural. Ullen Sentalu sendiri merupakan singkatan dari “Ulating bLENcong SEjatine TAtaraning LUmaku yang memiliki filosofi blencong atau lampu penerang dalam pagelaran wayang kulit. Filosofinya merupakan tuntunan bagi manusia dalam menjalani kehidupannya.

Gambar IG @tripjogja.id

Memasuki Museum Ullen Sentalu

Saat Anda memasuki museum ini, maka Anda akan di pandu oleh seorang tour guide. Tour guide atau pemandu wisata yang akan memberikan Anda beberapa informasi tentang koleksi dan informasi penting lainnya seputar museum. Sekitar 50 menit, waktu yang Anda dapatkan untuk mengunjungi seluruh isi museum.

3 Area Utama Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentaku  seluas 1.2 hektar ini merupakan milik perseorangan yang terbagi dalam tiga kawasan berbentuk gua buatan, pondok-pondok kayu di atas air, dan ruang pajang berkonsep modern. Perlu diingat bahwa anda tidak bisa memotret ataupun menyentuh koleksi museum. Area pertama berbentuk gua bawah tanah, Anda akan menemukan koleksi gamelan, lukisan tarian Keraton, lukisan tokoh-tokoh Keraton, dan silsilah Keraton Yogyakarta dan Solo.

Sumber Gambar : IG @findryany

Untuk area kedua dinamai dengan  Bale Kambang, terdapat 5 pondok yang berisi koleksi batik khas Yogyakarta dan Solo, ada juga barang peninggalan tokoh-tokoh Kerajaan. Setelah lelah berkeliling, Anda akan diantar ke ruangan khusus istirahat. Anda akan dijamu dengan beberapa makanan dan minuman.

Area terakhir, Anda akan disambut oleh koleksi arca baik yang asli maupun tiruan di ruang eksibisi. Terdapat patung pengantin jawa serta beberapa lukisan kraton. Relief besar juga menjadi bagian akhir dari museum Ullen Sentalu ini. Relief tersebut merupakan bagian dari Candi Borobudur.  Peletakannya yang miring membuat keberadaan relief ini sebagai bentuk sindiran kepada orang jawa yang mulai meninggalkan kebudayaan mereka.

Harga tiket masuk

Museum yang pada hari Senin hingga Jumat buka dari jam 08.30 sampai pukul 16.00 sedangkan Sabtu sampai Minggu buka pada pukul 08.00-17.00 ini mempunyai harga tiket masuk 15.000 – 30.000 untuk wisatawan domestik dan 30.000 – 50.000 untuk mancanegara.

Baca Juga :

Memandang Gemerlap Kota Yogyakarta dari Bukit Bintang Jogja

Air Terjun Kembang Soka, Surga Tersembunyi di Kulonpogo

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.
  1. Pingback: Edukasi Lingkungan dan Budaya di Museum Wayang Kekayon

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*