Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Anda Pernah Bercita-Cita Menjadi Pilot, Kenang Itu di Museum Dirgantara

Anda Pernah Bercita-Cita Menjadi Pilot, Kenang Itu di Museum Dirgantara
4 (80%) 1 vote

Museum merupakan tempat yang paling tepat untuk mengenang sejarah, terutama sejarah mengenai bangsa sendiri. Destinasi wisata yang satu ini tidak pernah sepi baik di hari libur maupun di hari aktif. Banyak yang berkunjung terutama wisatawan yang berasal dari lembaga pendidikan. Salah satu museum yang bisa Anda jadikan destinasi wajib ketika di Yogyakarta adalah Museum Dirgantara.

Koleksi Museum Dirgantara

Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta, IG @reyhan_aviation

Tentang Museum Dirgantara 

Museum Dirgantara yang didirikan pada tahun 1969 sebelumnya ada di Kota Jakarta. Museum yang satu ini menyajikan sejarah lengkap terutama tentang dunia penerbangan dan aviasi di Indonesia. Namun, pada akhirnya museum Dirgantara dipindahkan di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan pertimbangan bahwa Yogyakarta adalah tempat kelahiran dari TNI Angkatan Udara. Berbagai koleksi bisa Anda jumpai di museum ini apalagi berbagai fasilitas wisata dan kemudahan di dalamnya Anda bisa dapatkan.

Baca Juga : Museum Batik Yogyakarta Sarana Belajar dan Menambah Pengalaman

Koleksi Museum Dirgantara

Di dalam museum Dirgantara Yogyakarta ini menyajikan koleksi lengkap pesawat-pesawat bersejarah dan cerita keperkasaannya di masa lampau. Anda bisa melihat beragam jenis pesawat di dalam museum ini mulai dari pesawat angkut sampai pesawat tempur. Anda dapat menjumpai pesawat asli dari jarak yang cukup dekat, bahkan Anda bisa berfoto di dekat pesawat.

Pakaian Penerbang yang sudah disediakan pengelola museum

IG @emmaalaydrus

Di museum ini Anda juga diperkenankan untuk memakai pakaian penerbang yang sudah disediakan pihak pengelola. Terhitung jumlah koleksi mencapai 10.000 buah, 36 pesawat terbnag, 28 diorama, 1000 foto kegiatan di masa lampau, hingga koleksi lain seperti lukisan, tanda kehormatan, pakaian dinas, dan buku-buku yang bisa Anda temukan di Perpustakaan Museum. Yang paling bagus dari berbagai koleksi yang ada di museum ini adalah replika pesawat Dakota VT-CLA, yaitu pesawat dari penerbangan India yang ditembak Belanda lalu jatuh di daerah Ngoto Bantul.

Beragam Kegiatan Bisa Anda Lakukan

 Tentunya tidak seru jika Anda berkunjung ke museum hanya untuk melihat koleksinya. Di museum Dirgantara, wisatawan dapat melakukan banyak kegiatan diantaranya, melihat beragam koleksi yang ada di sana. Berfoto dengan pesawat dan mengubah penampilan layaknya seorang penerbang, bahkan Anda juga bisa berfoto langsung di kokpit. Untuk bisa melakukannya Anda hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 20.000. Selain berfoto, Anda juga bisa ikut dalam kegiatan menerbangkan pesawat P-51 Mustang yaitu pesawat tempur dari Amerika melalui simulator yang sudah disediakan pengelola. Di lokasi wisata Anda juga bisa menikmati sejuknya suasana di sana sembari bersantai.

Helikopter Museum Dirgantara Mandala

Instagram @second_cha

Lokasi Museum

Museum Dirgantara berada di Jalan Kolonel Sugiono, Kompleks Lapangan Udara Adi Sucipto. Anda sampai ke lokasi baik dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi dengan rute dan akses yang cukup mudah. Museum dibuka mulai pukul 08.00-15.00 WIB setiap harinya. Tidak perlu khawatir, harga tiket murah untuk tiap orang hanya Rp 4.000.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*