Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Museum Batik Yogyakarta Sarana Belajar dan Menambah Pengalaman

Museum Batik Yogyakarta Sarana Belajar dan Menambah Pengalaman
Rate this post

Museum Batik Yogyakarta – Ragam budaya Indonesia memang begitu banyak. Namun gerusan zaman kian hari kian memakan ciri khas bangsa. Banyak generasi yang justru lupa akan kekayaan di negerinya ini. Bagi Anda yang sadar akan pentingnya cinta terhadap tanah air, maka mengetahui, mempelajari, dan melestarikan budaya bangsa adalah sebuah keharusan. Wujud dari upaya melestarikan kebudayaan dan ciri khas bangsa yaitu banyak berdirinya museum dengan berbagai koleksinya.

Museum Batik di Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta, Gambar : IG @arorrrr

Museum bisa menjadi pilihan bagi Anda yang mendambakan generasi penerus bangsa yang mengenal bagaimana perjalanan negaranya. Salah satu museum yang menunjukkan ciri khas bangsa adalah museum Batik Yogyakarta. Museum ini adalah wujud upaya mengingatkan kembali dan memberikan apresiasi atas karya bangsa Indonesia.

 Sejarah Museum Batik 

Museum Batik merupakan museum yang tergolong organisasi non pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta. Hadi Nugroho dan Dewi Sukaningsih adalah pasutri yang berjuang mendirikan museum ini tepatnya pada tahun 1977. Atas dukungan banyak pihak, museum ini diresmikan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan pada tahun 1979 hingga akhirnya pada tahun 2001 mendapatkan nomor induk museum.

 Baca Juga : Bukit Lintang Sewu Mengeksplor Indahnya Kota Bantul dari Ketinggian

Koleksi Museum Batik Yogyakarta 

Museum yang sudah berdiri selama hampir setengah abad ini memiliki beragam koleksi yang bisa Anda pelajari.  Ia memiliki lebih dari 1200 koleksi batik dan di antaranya ada sekitar 500 lembar merupakan batik tulis asli, sedangkan jumlah batik cap ada sekitar 560. Selain corak-corak batik, di museum ini juga menyimpan peralatan membatik seperti canting hingga 124 buah dan 35 wajan, tidak ketinggalan pewarna batik juga bisa Anda temukan di sini. Bukan hanya batik, Anda juga bisa menemukan sulaman tangan yang sudah masuk ke dalam daftar MURI. 

Museum Batik Yogyakarta

Koleksi Museum Batik Yogyakarta, Foto by : IG @naura_tourtravel.

Banyak Edukasi yang Didapatkan 

Mengunjungi museum salah satu tujuan utamanya adalah untuk menambah wawasan, begitu pula ketika berada di Museum Batik Yogyakarta. Masuk di area museum Anda akan langsung ditemani oleh guide, Anda akan diberikan penjelasan mengenai sejarah batik yang ada di Indonesia ini. Di ruang pertama Anda bisa menemukan koleksi yang menjelaskan tentang teknik, bahan, dan berbagai peralatan yang digunakan untuk membatik. Selanjutnya Anda bisa menemukan beragam koleksi motif batik dari seluruh pelosok negeri. Yang paling menarik saat berkunjung ke sini, Anda diberikan kesempatan untuk belajar membatik. Jadi selain menambah pengetahuan, pengalaman Anda juga bisa bertambah. 

Edukasi Museum Batik Yogyakarta, pict by : IG @museumbatikyogyakartaofficial

Lokasi dan Operasional Museum 

Untuk bisa sampai di lokasi museum, Anda bisa langsung menuju ke Jalan Dr. Sutomo 13 A dengan jarak tempuh antara 10 sampai 15 menit dari Malioboro menggunakan kendaraan pribadi. Jika ingin menambah suasana baru Anda bisa menuju lokasi dengan menaiki becak. Museum buka mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB pada hari Senin sampai Sabtu. Cukup murah agar bisa masuk ke dalam museum yaitu hanya mengeluarkan biaya sekitar Rp 20.000.

Anda berminat mengunjungi tempat ini? Silahkan hubungi PaketWisata.ID.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*