Dari Minangkabau Travel Mart 3 Menuju Wisata yang Mendunia

Minangkabau Travel Mart

Minangkabau Travel Mart 3 - Provinsi Sumatera Barat kali ini mempunyai hajatan pariwisata yang layak untuk diikuti, bernama Minangkabau Travel Mart (MTM). MTM ini diselenggarakan tiap tahun dengan mengusung tema yang berbeda-beda. Tahun 2017 ini merupakan event tahun ke tiga yang berlangsung pada tanggal 3-6 Oktober 2017.



Minangkabau Travel Mart 3 ini diikuti kurang lebih 50 seller yang berada di Bukittinggi, Kota Padang, Pekanbaru, Kabupaten Lima Puluh Kota dan ada kurang lebih 116 buyer yang berasal dari Aceh sampai Sulawesi serta negara tetangga Malaysia dan Brunei Darussalam. Tahun lalu (sebut MTM 2) sukses menggarap event ini dengan tema wisata bahari. Di tahun 2017 ini DPD ASPPI Sumatera Barat, pemerintah dan stakeholder terkait bahu-membahu untuk mensukseskan MTM 3 dengan tema "West Sumatera Your MICE and Sport Tourism Destination".

Penulis sendiri adalah salah satu peserta Minangkabau Travel Mart 3 yang berasal dari Yogyakarta. Selama ini penulis hanya mengenal Minangkabau hanya sebatas kebudayaan dan kulinernya yang lezat, sedangkan keberadaan pariwisatanya baru terdengar samar-samar saja. Namun pada event Minangkabau Travel Mart 3 ini kami dibukakan mata dan telinga kami tentang keelokan ranah minang ini.

Penulis akan menceritakan sedikit pengalaman yang diperoleh selama mengikuti Minangkabau Travel Mart 3 ini. Mulai di hari pertama kedatangan kami di Minangkabau International Airport, para buyer diajak tim ASPPI untuk menghadiri acara makan malam di Istana Bung Hatta dengan pakaian adat daerah masing-masing. Memang sedikit menambah berat barang bawaan, namun ternyata sangat asyik bisa mengenal buyer lainnya yang berasal dari berbagai macam daerah.

Minangkabau Travel Mart 3

Pada hari kedua, kami mengikuti acara table top yang mempertemukan antara buyer dan seller di Istana Bung Hatta. Sore harinya, kami diajak mengunjungi UMKM Expo di pelataran Jam Gadang yang merupakan ikon Kota Bukittinggi, lalu menuju dataran tinggi Lawang Park yang berada di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Dengan view Danau Maninjau menjadikan Lawang Park ini cocok untuk outdoor activity & gathering.

Pada hari ketiga, kami diajak ke Lembah Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota untuk menikmati pemandangan serta Festival Kuliner Minangkabau 2017. Ingin tahu bagaimana pemandangan Lembah Harau?? TOP MARKOTOPP. Ingin tahu citarasa kulinernya?? Uenak maknyusss bambang gulindang.. Penasaran?? Hubungi saya dan segera lakukan kunjungan kesana.

Minangkabau Travel Mart

Dari Lembah Harau acara dilanjutkan dengan mengunjungi Kelok Sembilan, Istana Pagaruyung, dan Padang Panjang. Puncak acara ini ditutup dengan tari Piring Suluah yang sungguh indah. Tari ini merupakan pengembangan dari tari piring klasik dan paling populer dari Minangkabau. Terlihat lebih energik saat penari melakukan beberapa akrobatik dalam memainkan piring, menginjak-injak pecahan beling, sampai memecahkan piring di akhir tarian.

Pada hari keempat ini, dengan berat hati saya dan peserta MTM lainnya harus pulang ke kota kita masing-masing dengan membawa hal-hal  menyenangkan yang bisa kami tunjukkan kepada saudara, kolega dan para customer.

.

Penulis sendiri yang sekaligus sebagai pelaku pariwisata memiliki kesan yang sangat mendalam atas kesuksesan Minangkabau Travel Mart 3 ini. Diantaranya dapat terlihat dari kekompakan panitia ASPPI Sumbar, kelezatan kulinernya, keindahan alamnya, kehebatan sejarahnya, keelokan budaya dan adat istiadatnya yang yang masih mempertahankan adat minang sebagai penganut matrilineal terbesar di dunia.

Dari rangkaian kegiatan Minangkabau Travel Mart 3 ini, diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisata di Sumatera Barat yang tentunya akan berdampak langsung bagi kemajuan masyarakat sekitar.

Tempat Wisata Lain yang patut Anda kunjungi:

7 Tempat Wisata Di Sumbawa yang Paling Asyik Anda Singgahi
7 Tempat Wisata Kuliner Di Lombok yang Membuat Anda Ketagihan

Dari Minangkabau Travel Mart 3 Menuju Wisata yang Mendunia
4.5 (90%) 2 votes

Blog Comments

Terlebih dahulu terima kasih banyak atas apresiasinya,, saya bagian dari panitia selalu betsedia menerima kritik dan saran membangun, kerja nyata yang kami nanti lagi, semoga dari apa yang kita perjuangkan bersama dengan ikhlas memberi hasil, ditunggu terus karyanya, dan kunjungannya, bravo pariwisata kita dan asspi khususnya salam dina, VINACHA TOURS Bukittinggi,,,,

Post Reply

Post Reply

Postingan bagus. Maju terus pariwisata Indonesia!

Post Reply
Leave a Comment

*Please complete all fields correctly

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat via WhatsApp dengan admin kami