Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Mengintip Indahnya Sunset di Candi Abang

Mengintip Indahnya Sunset di Candi Abang
4 (80%) 1 vote

Ada begitu banyak wisata cantik di Yogyakarta, jika Anda mencari wisata sejarah dengan panorama yang cantik, Candi Abang adalah salah satu pilihannya. Memang, Candi Abang memiliki keutuhan yang tidak sempurna lagi, namun bukan berarti keunikan dari Candi Abang ini sudah purna. Candi Abang hingga sekarang ini masih berdiri dengan kokoh di puncak bukit dengan bahan batu bata.

Candi Abang memiliki ukuran 36 X 34 meter dengan tinggi yang belum dapat diperkirakan. Memiliki bentuk piramida dan terdapat sumur di bagian tengahnya. Di sini, Anda bisa menemukan tangga masuk, tangga masuk dibuat dari batu putih atau gamping.

Keindahan Candi Abang 

Di sekitar Candi Abang terdapat Yoni sebagai pertanda jika candi ini adalah peninggalan Agama Hindu. Yoni yang terdapat di sini berbentuk heksagon, setiap sisinya memiliki ukuran 15 cm. Di kawasan ini, tepatnya sebelah selatan candi juga terdapat batu dengan bentuk kodok. Masyarakat di sekitar memberinya nama dengan sebutan Batu Kodok, walaupun tidak ada penjelasan lengkap mengenai keberadaannya.

Di bagian puncak juga terdapat sumur dengan nama Sumur Bandung. Ketika berada di puncak, Anda bisa melihat hamparan tanah lapang serta sawah yang digunakan untuk berbagai macam kegiatan muda serta murid sekolah.

Ketika Anda tiba di Candi Abang saat sore hari, matahari dengan sinar emas akan berada di sisi barat.  Biasanya pengunjung yang sampai di siang hari akan berselfie ria mengabadikan momen indah tersebut. Banyak orang yang menyebut tempat ini sebagai bukit teletubies.

Candi Abang

Bentuk yang Tak Menyerupai Candi 

Banyak orang yang menganggap jika Candi Abang merupakan tempat untuk menyimpan harta karun pada zaman dulu, sehingga sering digali orang-orang yang tak bertanggung jawab. Mereka mencari harta sejarah serta barang berharga lain. tempatnya seperti gundukan tanah yang berada di atas bukit. Saat musim hujan, kompleks di sana akan berwarna hijau, sedangkan ketika musim kemarau akan terlihat gersang. Ada sedikit bangunan Candi dan terlihat bila kondisinya sangat kering, sebagian besar candi dibangun di bukit karena di zaman dulu, tempat yang tinggi dianggap sebagai tempat tinggal dewa.

Masyarakat di sekitar sini masih meyakini jika candi ini dijaga oleh Kyai Jagal. Tokoh ini sangat dihormati dan memiliki tubuh besar. Kyai Jagal merupakan pelindung dari semua kerusakan. Di zaman dulu, banyak yang berlindung di kompleks ini karena mereka percaya bila Kyai Jagal melindungi mereka. Kepercayaan masyarakat tentang adanya Kyai Jagal begitu besar. Inilah yang kemudian memunculkan kisah jika ada sebongkah emas yang berukuran sebesar anak kerbau di dalam tubuh Candi Abang. Walaupun demikian, tidak ada orang yang pernah menemukan bongkahan emas ini.

Baca juga :

Berbagai Spot Foto Menarik di Bukit Wisata Pule Payung Yogyakarta

Hutan Pinus Pengger, Wisata Bantul dengan Jejeran Spot Selfie Keren

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*