Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Lava Bantal, Geowisata yang Super Menarik di Sleman

Lava Bantal, Geowisata yang Super Menarik di Sleman
4.5 (90%) 2 votes

Yogyakarta memang tiada henti untuk menghadirkan berbagai macam wisata. Kota ini seperti menjadi sebuah destinasi populer di Indonesia. Salah satu lokasi yang harus Anda kunjungi adalah daerah Sleman. Kabupaten yang satu ini memiliki berbagai macam wisata yang super indah. Bagi masyarakat Jogja, tentu tidak asing lagi dengan jejeran wisata di sana. Baru-baru ini muncul sebuah tempat wisata yang menjadi buah bibir traveler, tempat tersebut ialah Lava Bantal.

Fenomena Alam yang Jarang Ditemukan 

Lava Bantal Sleman berlokasi di bantaran Sungai Opak. Lokasi ini adalah sebuah geowisata alam. Tempat ini baru resmi di buka tahun 2016 lalu, tepatnya pada tangga 30 Mei. Walaupun terlihat sederhana, Anda bisa sangat takjub jika melihat lebih jauh. Lava Bantal bahkan disebut-sebut ikut andil di dalam proses terbentuknya Pulau Jawa. Hal ini disebabkan karena terbentuknya tempat ini dari lahar gunung berapi bawah laut yang masuk ke air dingin, dan mengalami proses pembekuan.

Proses pembukaan lava tertahan oleh tekanan hidrostatus dan akhirnya terbentuklah Lava berupa batuan lonjong yang tak beraturan. Fenomena ini memang tidak banyak ditemukan. Selama ini, fenomena seperti ini hanya ditemukan di Kebumen dan Ciletuh Jabar. lokasi wisata ini mulai dikelola secara maksimal setelah dulu ditelantarkan. Pengunjung bukan hanya disuguhkan dengan batuan hitam, keras dan tak beraturan. Namun akan diajak untuk menikmati river tubing. Anda bisa menyusuri sungai opak dengan menggunakan ban. Durasi wisata menyusuri Sungai Opak ini selama 30 menit.

Baca Juga :  Tak Perlu Jauh-jauh Ke Inggris, Yogyakarta Juga Memiliki Stonehenge Merapi dan Gunung Andong dan Berbagai Fakta yang Menyelimutinya

Lokasi dan Rute  

Lava Bantal berlokasi di Ds Watuadeg, Jogotirto, Berbah, Sleman. Untuk sampai di sana, Anda hanya perlu melewati jalan Jogja Solo, ke Candi Abang. Dari sini, berjalan ke arah barat dan mengikuti jalan beraspal. Jika sudah bertemu jembatan, lokasi wisata Lava Bantal ini berada di bawah jembatan tersebut. Tak perlu dan khawatir tidak akan menemukannya, jika Anda bingung dengan rute jalan yang harus dilalui, Anda bisa menggunakan Google Maps atau bertanya pada warga setempat.

Harga Tiket Masuk di Lava Bantal 

Sebenarnya, hingga sekarang belum diberlakukan tiket masuk ke Lava Bantal. Sehingga, traveler yang ingin berlibur ke Lava Bantal hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2 ribu per motor, sedangkan parkir kendaraan mobil sebesar Rp 5 ribu dan bus Rp 10 ribu. Sedangkan jika Anda ingin menikmati wahana tubing, akan dikenai biaya sebesar Rp 30 ribuan per orang dengan trek sejauh 200 meter.

Fasilitas di Lava Bantal 

Tak hanya menghadirkan wahana tubing, Lava Bantal juga memiliki berbagai fasilitas penunjang seperti warung makan, toilet, pendopo sebagai tempat bersantai, gazebo hingga tempat ibadah. Area parkir yang disediakan pun juga cukup luas.

Lava Bantal

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.
  1. al sastro Reply

    Nice post

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*