Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Wisata Hutan Mangrove Kulonprogo, Spot Selfie yang Fotogenik

Wisata Hutan Mangrove Kulonprogo, Spot Selfie yang Fotogenik
4.5 (90%) 2 votes

Kulon Progo, mungkin Anda jarang mendengar daerah ini. biasanya, daerah yang lebih sering dikunjungi ketika singgah ke Yogyakarta adalah Bantul, Sleman, hingga Gunung Kidul. Padahal, jika ingin mencoba berpetualang sedikit, Anda bisa menemukan tempat yang cocok untuk berselfie. Lokasi tersebut adalah Hutan Mangrove Kulonprogo.

Hutan Mangrove Kulonprogo dipenuhi dengan mangrove mulai dari yang berukuran pendek hingga tinggi. Hutan Mangrove Kulonprogo ini tidak terlalu luas, serta tidak terlalu rapat. Dari zaman dulu, lokasi ini adalah ekosistem mangrove alami yang berlokasi di Yogyakarta. Tapi, tempat ini sempat rusak parah karena penebangan liar. Warga sering menebang pohon untuk menjadikannya sebagai kayu bakar. Karena pentingnya keberadaan mangrove untuk benteng penjaga pasir, ada sekelompok orang untuk berinisiatif menjaga mangrove.

Dengan kerja keras yang mereka lakukan dulu, sekarang banyak pohon mangrove yang rimbun sudah berderet di bantaran sungai. Di titik tertentu, pohon tersebut rimbun dan membentuk gua yang da[ay dijadikansebagai lokasi trekking dan mempercantik lokasi ini.

Lokasi dan Rute Hutan Mangrove Kulonprogo

Hutan Mangrove Kulonprogo berada di Ds Pasir, Mendit, Jangkaran, Kulon Progo. Jika Anda dari pusat kota Yogyakarta, Anda harus menempuh waktu selama 2 jam untuk sampai di tempat wisata ini.

Rute untuk mencapai tempat wisata ini sangat mudah. Bila dari Yogyakarta, cukup menyusuri jalan ke Wates, Kulonprogo. Sesudah sampai di Wates, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Glagah, sebelum sampai di Glagah, Anda bisa mengambil jalan besar yang terkenal dengan nama Jalan Daendles. Belok kanan dan susuri jalan tersebut ke sebelah barat.

Baca Juga :

Jika sudah bertemu Jembatan Sungai Bogowonto, lurus hingga sampai di SD Jangkaran, tak jauh dari sini Anda akan sampai di kawasan Hutan Mangrove Kulonprogo.

Bersantai di Pantai Pasir

Hutan Mangrove Kulonprogo biasanya di padati pengunjung pada siang atau sore hari. Bila pengunjung mulai padat, Anda bisa menyebrang di jembatan Api-api, melewati tambak udang. Di ujung tambak, Anda akan menemukan pantai nan luas. Pantai ini ialah Pantai Pasir Kedilangu. Di sini tersedia beberapa gubug yang dapat digunakan sebagai lokasi berteduh.

Berjalan-jalan di Lorong Hutan

Tak perlu takut mengunjungi Hutan Mangrove Kulonprogo karena kelebatan hutannya. Hutan ini bisa dikatakan kecil, dan pohon yang tak terlalu besar. Walaupun demikian, kawasan ini lebih sejuk bila dibandingkandengan udara di sekitar pesisir pantai. Anda bisa menyusuri jalan setapak yang dibangun. Di beberapa sudut juga disediakan ayunan yang dapat digunakan.

Hunting Foto

Mengunjungi tempat yang indah sepertinya kurang lengkap jika tidak mengabadikan moment dengan berfoto. Anda bisa berfoto di sekitar kawasan hutan. Kawasan ini banyak spot yang instagramable contohnya seperti titian bamboo, tajuk pohon dan yang lainnya.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*