Gunung Api Purba Nglanggeran, Spot Menarik untuk Menenangkan Jiwa

Jika sengaja berwisata ke Yogyakarta untuk menenangkan jiwa, Anda bisa mencoba mendaki gunung. Namun, apakah waktu yang Anda miliki ini hanya sebentar? Jika demikian, Anda bisa mencoba mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran. Gunung ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 sampai 1,5 jam pendakian dan Anda sudah bisa mencapai puncak melihat panorama alam yang begitu indah.

Bahkan, bila suasana mendukung, Anda bisa melihat sunrise dan sunset yang indah. Bukan hanya itu, di sini banyak spot menawan yang dapat dijadikan sebagai lokasi hunting foto, hasilnya tak akan kalah dengan foto-foto di puncak gunung tinggi yang lain.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

Lokasi Gunung Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran berlokasi di Ds Nglanggeran Lor, Nglanggeran, Patuk, Kab GunungKidul. Jika Anda dari pusat kota Yogyakarta, tempat wisata ini bisa Anda tuju dengan waktu 45 menit hingga 1 jam saja dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Asal Nama Nglanggeran

Walaupun memiliki nama gunung, lokasi ini tak memiliki bentuk seperti gunung pada umumnya, tempat ini berbentuk seperti bukit batu raksasa dan tumbuh berbagai macam flora di sekitarnya. Tinggi bukit ini kurang lebih 700 mdpl.

Sebetulnya, jutaan tahun yang lalu, Gunung Nglanggeran merupakan puncak gunung api purba. Hal tersebut dapat dilihat dari komposisi batuan penyusun yang dimilikinya. Sekarang, gunung ini berkembang menjadi destinasi wisata yang unggul di Yogyakarta.

Paket Wisata Jogja 1 HariAda juga cerita lain yang berkembang di tengah masyarakat. Menurut masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran, kata Nglanggerang sendiri berasal dari kata “nglanggar” yang dalam bahasa Indonesia diartikan “melanggar”. Di zaman dulu, penduduk desa mengundang dalang untuk sebuah pertunjukan wayang. Tetapi, ada warga yang melanggar peraturan ki dalang, dengan cara merusak wayang. Hingga akhirnya dalang murka dan seketika mengutuk warga tersebut menjadi sosok wayang dan dibuang di bukit batu.

Oleh sebab itu hingga sekarang pengunjung dapat melihat beberapa batu yang memiliki bentuk seperti wayang, bukan hanya itu, di sini juga terdapat Gunung 5 Jari. Anda bisa melihatnya dengan jelas dari Puncak Gede.

Kegiatan Seru di Gunung Api Purba Nglanggeran

 Ada berbagai macam kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di sini seperti:

  • Di Gunung Nglanggeran terdapat beberapa spot camping yang tersebar dalam berbagai macam titik. Spot camping paling luas berada di Puncak Gede.
  • Menikmati sunrise dan sunset. Jika Anda merupakan pencari sunrise dan sunset, lokasi ini juga bisa dipertimbangkan. Tempat ini adalah spot terbaik untuk menikmati terbit dan terbenamnya matahari.
  • Walaupun sebagai gunung wisata, namun jangan salah karena tempat ini memiliki trek yang menantang dan cukup beragam. Anda bisa merasakan seperti apa rasanya berjalan di atas jalan berbatu, jalan setapak sampai conblock.

Jika Anda ingin menikmati suasana sejuk dan eksotis Gunung Api Purba Nglanggeran, dalam paket wisata Jogja 1 hari, 2 hari, ataupun 3 hari, bisa mengisi form order di web ini.

Baca Blog menarik lainnya:

Pantai Wediombo Yogyakarta, Surga Cantik dengan Pasir Putih yang Luas

[kkstarratings]

Leave a Comment

*Please complete all fields correctly

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat via WhatsApp dengan admin kami