Gunung Andong dan Berbagai Fakta yang Menyelimutinya

Bagi Anda yang tinggal di Yogyakarta dan Jawa Tengah mungkin sudah tidak asing dengan wisata yang satu ini. Gunung Andong adalah salah satu gunung yang cantik. Lokasinya berada di Girirejo, Ngablak, Magelang. Walaupun tidak terlalu tinggi, dengan berbagai keindahannya, gunung ini banyak memikat hati pendaki gunung. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang setiap tahun datang.

Asal-usul Nama Gunung Andong 

Asal-usul nama Gunung Andong dari satu cerita dengan cerita lain memang berbeda. Terdapat dua versi cerita mengenai gunung ini. Salah satu versi menjelaskan jika Andong diambil dari nama daun yakni daun Andongo, daun tersebut adalah salah satu syarat saat melakukan ritual masyarakat Jawa. Sedangkan, Andongo mempunyai makna permohonan. Versi lain dari nama Gunung ini, kata Andong diambil dari bentuk puncak yang seperti punggung sapi, sapi juga sering disebut dengan Andong.

puncak-gunung-andong2

Pilihan yang Tepat Bagi Pendaki Pemula 

Ketinggian Gunung Andong ini hanya 1.726 mdpl. Gunung ini bisa dikatakan pendek bila dibanding dengan gunung yang berada di Jawa Tengah lainnya. Anda hanya membutuhkan waktu selama kurang lebih 2 jam untuk mencapai puncak.

Baca juga : Pantai Gesing, Wisata yang Tepat untuk Memanjakan Mata dan Perut

Tingkat kemiringan Gunung Andong juga tidak tinggi, hanya 45 derajat. Di sepanjang perjalanan, Anda bisa bersantai dan menikmati indahnya hamparan alam di sini. Setelah sampai di puncak Gunung, indahnya pemandangan akan membuat diri Anda takjub, mata akan dihibur dengan hamparan alam luas dan hijau, beberapa gunung termasuk Merbabu juga menghiasi, kabut akan membelai wajah dengan sangat mesra.

Artikel sebelumnya : Tak Perlu Jauh-jauh Ke Inggris, Yogyakarta Juga Memiliki Stonehenge Merapi

Hal Mistis di Gunung Andong 

Gunung Andong juga menyimpan hal mistis tersendiri. Menurut warga, dulunya gunung ini merupakan sebuah kawasan keramat, angker serta kental dengan hal berbau mistis. Tidak ada satu orang pun yang berani mendakinya. Andong sendiri bukan gunung biasa, hal tersebut ditandai dengan adanya makam keramat yang berlokasi di atas puncaknya. Makam ini adalah tempat peristirahatan Kyai Abdul Faqih. Di kalangan masyarakat, ia begitu dihormati dan berwibawa.

puncak-gunung-andong

Di bulan Oktober tahun 2015 yang lalu, pendaki gunung ini dibuat geger dengan penemuan mayat perempuan dengan kondisi yang begitu mengenaskan, badan dan kepalanya terpisah. Menurut penuturan dari warga, penemuan mayat misterius sering terjadi di sini.

Spot Selfie yang Kece 

Sebenarnya, puncak Gunung Andong ini membentuk punggung sapi yang dibentuk oleh 4 puncak yang berjajar secara rapi dari barat hingga ke Timur. Nama puncak tersebut ialah Malam, Jiwa, Andong serta Alap-alap.

gunung-andong

Tak hanya puncak yang dapat dijadikan sebagai spot selfie, karena hutan pinus juga bisa menjadi pilihan yang pas. Kombinasi tanah yang penuh rerumputan hijau dan barisan pinus dapat dijadikan sebagai alasan mengapa teman-teman harus menekan tombol like saat foto-foto tersebut di upload di media sosial.

Leave a Comment

*Please complete all fields correctly

Thanks!

Klik / Tap icon untuk chat via WhatsApp dengan admin kami