Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo yang Tak Boleh Terlewatkan

Keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo yang Tak Boleh Terlewatkan
4.3 (86.67%) 3 votes

Salah satu tempat wisata yang seru di Yogyakarta dan memberikan keindahan tiada duanya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Gumuk Pasir Parangkusumo adalah pemandangan dengan gundukan pasir luar. Fenomena terbentuknya Gumuk Pasir memerlukan waktu yang tidak sedikit. Ketika singgah ke Yogyakarta, jangan pernah melewatkan wisata unik ini.

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo 

Gumuk Pasir Parangkusumo berlokasi di Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Bantul. Jika Anda dari Yogyakarta, Anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam. Agar perjalanan bisa dilalui dengan nyaman, lebih baik Anda menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu belum cukup banyak alat transportasi umum yang bisa digunakan untuk menjangkau Gumuk Pasir Parangkusumo.

Lokasi wisata ini berada di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Bila dari Jogja, ambil jalan ke Selatan melalui Jalan Parangtritis, ikuti jalan sampai menjumpai loket masuk Pantai Parantritis. Di tengah perjalanan, akan ada banyak pohon cemara yang menghiasi.

Spot Foto yang Tiada Duanya 

Ada cukup banyak spot foto yang bisa dipilih ketika mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo. Dari awal masuk ke Gumuk Pasir, Anda akan disambut dengan tulisan berwarna yang menyebutkan nama lokasi, banyak pengunjung yang berfoto di lokasi ini. Spot foto lain seperti hamparan pasir nan luas dan pohon kaktus yang unik.

Bila lelah berfoto, Anda bisa berteduh di bawah pepohonan di sekitar Gumuk Pasir, cukup banyak kursi yang bisa digunakan bersantai sembari menikmati keindahan tempat.

Berbagai Fakta Unik Gumuk Pasir Parangkusumo 

Nama wisata ini berasal dari Bahasa Jawa dari kata Gumuk yang berarti tumpukan. Nama sebenarnya wisata ini adalah Gumuk Pasir Barchan, namun entah mengapa banyak wisatawan yang lebih familiar dengan nama Gumuk Pasir Parangkusumo. Gumuk pasir ini juga dikenal dengan sebutan coastal dunes.

Sebenarnya juga ada fakta menarik dari tempat ini, pasir dengan type barchan seharusnya terbentuk di daerah dengan iklim kering, namun entah mengapa dapat ditemukan di Indonesia yang memiliki iklim tropis basah. 

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir Parangkusumo 

Sebelum sampai di Gumuk Pasir Parangkusumo, Anda hanya perlu membayar retribusi di pintu masuk kawasan Pantai Depok sebesar Rp 5.000 saja. Ada juga biaya parkir, untuk parkir motor sebesar Rp 3.000, parkir mobil Rp 10.000 dan bus Rp 20.000 saja. Gumuk Pasir Parangkusumo buka setiap hari dari jam 6 pagi hingga 7 malam. Jika ingin menggunakan Gumuk Pasir Parangkusumo sebagai lokasi foto prewedding, Anda cukup membayar biaya sebesar Rp 40.000.

Fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini sudah cukup lengkap seperti toilet umum, warung-warung makan kecil dan fasilitas penunjang lainnya.

Mau ke sini dengan paket wisata dari kami ? Armada Jogja Empat Roda siap membantu Anda.  Tentu saja dengan sewa mobilnya dan tim yang sudah berpengalaman.

Tempat wisata lain yang sayang untuk dilewatkan :

Pantai Watu Lumbung, Pesona Keren Dari Gunung Kidul

Keindahan Bukit Panguk Kediwung yang Tak Bisa Ditolak

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*