Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0819 0403 6114

Keindahan Alam Berbalut Kisah Legenda di Goa Kiskendo

Keindahan Alam Berbalut Kisah Legenda di Goa Kiskendo
5 (100%) 1 vote

Wisata goa menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi penikmat alam dan keindahan. Terlebih jika terdapat hal-hal unik yang menjadi ciri khas.  Lagi-lagi Jawa Tengah yang menyimpan salah satu surga dunia yang satu ini. Goa Kiskendo menjadi salah satu contoh goa dimana Anda dapat menemukan sensasi tersendiri karena keunikannya.

Lokasi dan Akses ke Goa Kiskendo

Terletak di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, wisata ini dapat diakses menggunakan motor atau mobil. Apabila Anda dari pusat Kota Yogyakarta, Anda harus menempuh jarak sekitar 28 kilometer dan apabila Anda dari Kota Kendal Anda harus menempuh jarak kurang lebih sekitar 15 km. Sayangnya lebar jalan yang harus dilalui tidak terlalu lebar dan belum banyak petunjuk arah menuju Goa Kiskendo, tetapi Anda dapat bertanya kepada warga sekitar dan Anda juga dapat menggunakan aplikasi Google Maps sebagai petunjuk arah. Rimbunnya pepohonan jati dapat anda temui di sepanjang jalan menuju Goa Kiskendo.

Harga Tiket Masuk

Untuk ukuran kepuasan yang Anda dapatkan, harga tiket masuk menuju Goa Kiskendo sangat terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp.2.000,00 untuk tiket parkir. Kemudian tiket masuk yang harus anda bayarkan sebesar Rp.5.000,00 untuk hari biasa dan Rp. 8.000,00 khusus lebaran. Apabila anda berniat untuk menginap di sekitar lokasi, tersedia beberapa hotel yang dapat menjadi alternatif yakni Hotel Bukit Sari dan Hotel Mega.

Baca Juga :

Wisata dengan Keindahan Luar Biasa, Seribu Batu Songgo Langit

Rumah Dom Jogja, Wisata Yogyakarta yang Unik

Pesona alami dari Stalaktit dan Stalakmit

Goa Koskendo terbentuk akibat adanya resapan air dan terdiri dari jalan bercabang sepanjang 600 m dengan pencahayaan remang.  Di sini kita dapat menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit dengan penerangan cahaya matahari yang masuk melalui celah gua. Selain itu di dalam goa juga terdapat sungai kecil yang menambah kesan sejuk dan indah dari Goa Kiskendo ini.

Goa-goa kecil di dalam Goa Kiskendo

Selain goa utama, terdapat pula goa kecil yang terdapat di dalam Goa Kiskendo. Goa-goa tersebut juga memiliki nama yang beberapa diantaranya dinamai menurut ciri khas mereka. Diantaranya adalah Goa Lawang, Goa Kampret, Goa Pertapaan, dan Goa Kempul.

Kisah yang Menyertai Goa Kiskendo

Keunikan lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah kisah terbentuknya Goa Kiskendo yang terukir apik dalam relief besar pada mulut goa. Anda juga dapat meminta juru kunci untuk menceritakan relief yang terukir di sana. Konon relief tersebut menceritakan tentang pertempuran antara Subali dan Sugriwa melawan raksasa berkepala sapi yakni Lembusura dan raksasa berkepala kerbau yakni Mahesasuro. Salah satu mitos yang menarik dapat Anda temukan, yakni sebuah stalaktit besar yang menyerupai lidah raksasa yang dipercaya sebagai lidah Mahesasuro yang dipotong Subali. Sedangkan air yang menetes dari stalaktit tersebut dipercaya sebagai air liur Mahesasuro.

Goa Kiskendo

Goa Kiskendo

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*