Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0817 7044 0340

Sunset Indah di Candi Ratu Boko Yogyakarta

Sunset Indah di Candi Ratu Boko Yogyakarta
5 (100%) 1 vote

Apakah Anda gemar mencari sunset? Fenomena alam yang satu ini memang selalu diburu oleh pecinta fotografi maupun orang yang gemar memandangi pesona alam. Ada begitu banyak lokasi indah di Yogyakarta yang dapat digunakan sebagai tempat melihat sunset, Candi Ratu Boko salah satunya.

Ada begitu banyak lokasi indah di Yogyakarta yang dapat digunakan sebagai tempat melihat sunset. Candi Ratu Boko salah satunya.

Sumber Gambar : https://www.kaskus.co.id/thread/59f522ff529a4569048b4567/candi-ratu-boko-alternatif-wisata-selain-candi-borobudur/

Pemandangan Sunset Terindah

Candi Ratu Boko memang terkenal sebagai lokasi terbaik menikmati sunset di Jogja, lokasi Candi Ratu Boko ini di perbukitan sehingga memungkinkan Anda melihat sunset dari sini. Dari Candi Ratu Boko, Anda juga bisa melihat sebagian pemandangan Jogja. Di sekitar Candi Ratu Boko pun begitu alami dan asri. Sebetulnya, istana Ratu Boko ini merupakan situs arkeolog yang cukup berbeda dari situs lain.

Banyak orang yang mengira bila istana ini hanya berbentuk candi seperti Candi Borobudur atau Candi Prambanan. Faktanya, Candi Ratu Boko adalah bekas kompleks istana yang terdiri dari beberapa bangunan. Pintu pertama dibuat dari batuan andesit, tetapi lantai serta tembok tangganya dibuat dari batu kapur putih halus. Karena terbangun dengan konstruksi batu andesit, Candi Ratu Boko mirip dengan keraton.

Keistimewaan dari Candi Ratu Boko ialah tempat di sebelah kiri gapura yang dinamakan Candi Pembakaran. Candi ini merupakan tempat kremasi masyarakat Hindu.

Legenda Candi Boko

Sama seperti candi yang lain, terdapat legenda berdirinya bangunan ini. Dulunya, terdapat Raja dengan nama Prabu Dewatasari atau Prabu Boko yang hidup di Kraton Prambanan.

Sumber Foto : indonesia-tourism dot com

Prabu Boko sebenarnya merupakan seorang perempuan, dan menjadi permaisuri Raja Prambanan. Prabu Boko merupakan titisan raksasa Buto Nyai. Meskipun demikian kecantikannya tidak ada yang bisa menyaingi kala itu, postur badannya tinggi dan memiliki julukan Roro Jonggrang.

Baca Juga : Candi Prambanan, Cerita Kisah Cinta yang Melegenda

Sesudah melahirkan putranya, Prabu Boko memiliki kebiasaan yang sangat tidak lazim yakni memakan daging manusia untuk tumbal kesaktiannya. Karena perbuatan buruknya tersebut ayahnya murka dan memerintahkannya untuk meninggalkan istana. Kepergian permaisuri membuat raja dan bayi sedih, sehingga dibuatlah patung yang menyerupainya dan terkenal dengan sebutan Candi Ratu Boko.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk 

Candi Ratu Boko adalah situs purbakala di Ds Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Candi Ratu Boko berjarak kurang lebih 18 km di timur pusat kota Yogyakarta. Candi Ratu Boko ini tak begitu sulit ditemukan, agar bisa mencapai lokasi wisata ini, bila Anda dari pusat kota Yogyakarta, Anda dapat mengambil jalan ke arah Solo, Candi Ratu Boko akan Anda temukan saat Anda berada di Jalan Solo km 17, atau sudah dekat Candi Prambanan. Ambil arah pasar Piyungan, kurang lebih 5 menit, Anda akan menemukan tanda parkir ke Candi Ratu Boko.

Harga tiket masuk ke Candi Ratu Boko ini sebesar Rp 25.000. Namun harga ini hanya sampai jam 3 sore saja, sedangkan jika ingin menikmati sunset, Anda harus membayar harga tiket masuk lebih mahal sebesar Rp 100.000. Candi Ratu Boko buka pada jam 6 pagi, dan tutup di jam 5 sore.

Baca Juga : Candi Kalasan, Prasasti untuk Pemujaan Dewi Tara

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.
×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*