Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0819 0403 6114

Candi Prambanan, Cerita Kisah Cinta yang Melegenda

Candi Prambanan, Cerita Kisah Cinta yang Melegenda
5 (100%) 1 vote

Cinta yang bertepuk sebelah tangan, konon hal tersebut adalah asal mula adanya Candi Prambanan yang dibangun pada abad ke 10 lalu. Candi Prambanan dibangun di masa pemerintahan dua raja yakni Rakai Belitung dan Rakai Pikatan. Candi ini begitu terkenal dengan cerita Roro Jonggrang.

Candi Prambanan dibangun di masa pemerintahan dua raja yakni Rakai Belitung dan Rakai Pikatan.

Sumber Foto : Pixabay

Cerita yang Menyelimuti Candi Prambanan 

Dahulu kala, seorang pemuda dengan nama Bandung Bondowoso jatuh cinta pada Roro Jonggrang. Roro Jonggrang merupakan putri dengan paras yang cantik. Sayangnya, Roro Jonggrang enggan menerima pinangan dari Bandung Bondowoso. Ia memberi tantangan pada Bondowoso untuk membuat 1000 arca dengan waktu satu malam. Permintaan tersebut ia sebutkan untuk menolak Bondowoso karena Roro Jonggrang yakin bila Bandung Bondowoso tidak akan bisa menyelesaikan persyaratan tersebut.

Namun, ternyata Bandung Bondowoso hampir menyelesaikan tantangan yang diberikan oleh Roro Jonggrang. Sadar dengan hal tersebut, Roro Jonggrang kemudian meminta bantuan penduduk desa agar menumbuk padi serta membuat penerangan sehingga suasana terlihat seperti pagi, dan Bandung Bondowoso gagal memenuhi permintaannya.

Ayam pun berkokok ketika arca baru dikerjakan 999 buah, ketika ia mengetahui kecurangan yang dilakukan oleh Roro Jonggrang, ia pun mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca ke 1000.

Artikel menarik lainnya : Pantai Cemoro Sewu, Pantai Eksotis Jogja dengan Jejeran Pohon Cemara

Relief Peninggalan Jaman Dulu 

Pemandangan yang berada di sekitar Candi Prambanan begitu mempesona. Anda bisa melihat seperti apa indahnya relief peninggalan zaman dulu. Salah satu relief yang terkenal di sini adalah kisah cinta dari Rama dan Shinta. Keberadaan relief ini juga menjadi hal yang mendasari pertunjukan Sendratari Ramayana. Selain itu ada juga Kalpaltaru atau relief pohon yang dipercaya orang Hindu sebagai pohon kehidupan.

Lokasi Candi Prambanan 

Candi Prambanan berlokasi di Ds Prambanan, kawasan ini mencakup 2 wilayah yakni Kab Sleman, DIY serta Kab Klaten, Jawa Tengah. Lokasi Candi Prambanan berada di tepi jalan raya Yogyakarta – Solo. Sehingga menjadikan Prambanan mudah diakses oleh wisatawan. Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi untuk mencapai lokasinya. Destinasi wisata ini buka pada jam 6 pagi hingga 5 sore.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan 

Untuk harga tiket masuk, wisatawan domestik dewasa cukup membayar Rp 40.000, sedangkan untuk anak-anak Rp 20.000. Jika Anda ingin mengunjungi Candi Prambanan dengan berombongan, Anda bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu ke pihak pengelola.

Aktivitas yang Dilakukan Saat Ke Candi Prambanan

Di Prambanan, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti belajar sejarah dan budaya. Candi Prambanan adalah sebuah situs dunia yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk mempelajari sejarah serta kebudayaan Hindi di negara kita. Banyak relief yang menjadi simbol agama serta memberi pelajaran sejarah yang penting.

Baca Juga : Candi Borobudur, Wisata Sejarah dengan Ribuan Kisah

Selain belajar budaya dan sejarah, Anda bisa melakukan photo session. Banyak spot-spot yang bisa digunakan untuk berfoto selfie.

Bagi Anda yang membutuhkan sewa mobil untuk menuju ke Prambanan bisa menggunakan jasa sewa mobil JOGJA EMPAT RODA

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.
×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*