Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0819 0403 6114

Candi Plaosan, Penyatuan Cinta Hindu Dan Budha

Candi Plaosan, Penyatuan Cinta Hindu Dan Budha
4 (80%) 1 vote
Candi Plaosan

Candi Plaosan

Salah satu pilihan wisata budaya di Yogyakarta adalah Candi. Area candi Plaosan ini dibagi menjadi 2 yaitu Candi PlaosanLor dan Candi PlaosanKidul. Pada pelataran candi PlaosanLor berbentuk persegi yang luas dengan dikelilingi umpak batu sebagai tempat diletakkannya sesajian di masa lampau. Hal itu juga terdapat pada pelataran candiPlaosan Kidul akan tetapi bentuk perseginya lebih kecil, itulah mengapa sering kali candi ini juga disebut “Candi Kembar”.

Mitos yang dipercaya masyarakat sekitar

Sejarah candi Plaosan di dalamnya menceritakan kisah cinta Sri Kahulunan dan raja Rakai Pikatan muncul mitos di masyarakat bahwa bagi siapa saja yang berkunjung ke candi tersebut bersama pasangannya dipercaya hubungannya akan awet sampai pelaminan. Bahkan ada anggapan jika belum memiliki keturunan akan segera mendapatkannya setelah berkunjung ke tempat ini.

Lokasi Candi Plaosan

Lokasi wisata candi Plaosan berada di batas wilayah provinsi DIY dan provinsi Jawa Tengah yaitu di desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, kira-kira hanya ditempuh +/- 1.5 jam saja menuju arah timur dari Candi Sewu. Wisatawan tidak perlu bingung jika ingin mengunjungi tempat ini karena akses menuju candi ini sangat mudah dijangkau pleh kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga tiket masuk tempat wisata ini sangatlah terjangkau yaitu hanya Rp 5.000,00/orang. Sedangkan jam operasionalnya mulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB pada hari Senin-Minggu.

Baca juga : Curug Sidoharjo, Perpaduan Air Jernih dan Alam Hijau yang Menyatu

Wisata Edukasi

Candi Plaosan merupakan salah satu wisata edukasi tentang sejarah kerajaan-kerajaan di masa lampau, sehingga diharapkan generasi muda paham akan sejarah Indonesia yang akan mendorongnya untuk mengingat, menjaga, serta melestarikan budaya dan warisan nenek moyang.

Tempat Asyik Untuk Hunting Foto 

Disamping merupakan tempat wisata edukasi, Candi Plaosan juga dimanfatkan oleh para foto hunter untuk mendapatkan view yang menarik baik dari kalangan tua maupun muda, para fotografer professional maupun hanya sekedar selfie dan wefie. Bahkan ada beberapa pasangan yang memanfaatkannya untuk foto prewedding. Menarik bukan ?

Pesona Sunrise Dan Sunset

Bagi para foto hunter ‘zaman now’ pemandangan di kala sunrise dan sunset menjadi incaran yang selalu diburu, bahkan mereka rela jauh-jauh ke tempat sunrise dan sunset hanya untuk mendapatkan view yang indah dan alami. Di Candi Plaosan ini ada spot yang dapat digunakan oleh para wisatawan untuk dapat melihat langsung sunrise dan sunset yang ditambah dengan pemandangan hijaunya ladang dan siluet Candi ini sehingga hasil foto semakin mempesona.

 

Fasilitas

Fasilitas yang ada didalam Candi Plaosan diantaranya yaitu mushola, toilet, tempat parkir, dsb. Sedangkan fasilitas disekitarnya yaitu tempat penginapan, dekat dengan rumah sakit, kantor kelurahan, kantor kecamatan, sekolah,dsb.

Artikel menarik lainnya : Bukit Klangon Merapi, Gardu Pandang dengan pesona Alam Yogyakarta

Wisata Lain di Sekitarnya

Di sekitar wisata candi Plaosan juga terdapat tempat wisata lainnya seperti candi Prambanan, candi Sewu dan candi Sojiwan serta sumber mata air Umbul Manten dan Umbul Ponggok yang juga tak kalah cantiknya.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.
  1. Pingback: Rafting Sungai Elo Membawamu Lepas dan Bebas -

Tinggalkan komen

*

×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*