Buka : 07.00 - 21.00
0815 6960 442 | 0819 0403 6114

Candi Kalasan, Prasasti untuk Pemujaan Dewi Tara

Candi Kalasan, Prasasti untuk Pemujaan Dewi Tara
4 (80%) 1 vote

Candi Kalasan berlokasi di Yogyakarta, candi ini memang tidak seterkenal Candi Borobudur atau Candi Prambanan. Meskipun tidak memiliki pengunjung sebanyak Candi Borobudur atau Prambanan, namun Candi ini tetap ramai pengunjung saat musim liburan. Candi yang diperuntukkan untuk Agama Buddha ini mempunyai bermacam keunikan serta nilai sejarah yang cukup tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai pilihan destinasi wisata masyarakat Jogja dan sekitarnya. Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi candi ini.

Candi Kalasan, Prasasti untuk Pemujaan Dewi Tara

Sejarah Candi Kalasan 

Sejarah dari Candi Kalasan bisa ditengok dari prasasti. Prasasti tersebut terbuat di tahun 778 M berbahasa Sanskerta serta tulisan Pranagari. Di sana  diketahui jika Tejapurnama Penangkarana diminta oleh penasehat spiritualnya membangun sebuah tempat suci yang digunakan untuk menyembah Dewi Tara.

Selanjutnya, diketahui bila Rakai Panangkaran menikah degan Dyah Pramodya Wardhani yang berasal Wangsa Syailendra. Sampai akhirnya ia membangun sebuah tempat suci yang digunakan sebagai tempat pemujaan Dewi Tara dengan nama Candi Kalasan. Candi ini sudah dimakan usia, sehingga bentuk dan wujud Candi ini sudah tak utuh. Bangunan ini bahkan pernah mengalami pemugaran hingga beberapa kali, sehingga bangunan Candi tak sama dengan bangunan yang asli.

Mengeksplor Candi Kalasan 

Wisata ini memang tidak seluas candi milik agama Budha yang lain. Untuk semakin memudahkan akses, Anda bisa naik bagian atas di tiap bangunan serta anak tangga semakin dipercantik ornamen berkepala naga yang berada di bagian kaki. Namun hanya terdapat anak tangga di timur dan barat saja yang bisa mencapai pintu masuk. Untuk dapat masuk di bagian utama dari candi ini, Anda harus lewat pintu sisi sebelah timur. Candi ini sering disebut sebagai candi Budha tertua di Yogyakarta. Bila dilihat dengan sekilas saja, bangunan Candi Kalasan memiliki alas bujur sangkar yang berukuran 45 X 45 meter dan tinggi candi kurang lebih 34 meter, terbagi 3 bagian yakni atap, tubuh dan bagian kaki.

Bagian kaki ini terlihat batu lebar yang berbentuk bujur sangkar, di bagian tengah juga terdapat tangga dengan ornamen cantik untuk hiasan. Sedangkan di bagian tubuh juga terlihat dewa yang berdiri sembari, dan memegang teratai, jika Anda mengarahkan mata di bilik lain, Anda akan melihat singgasana yang bermotif singa di bagian dalam.

Lokasi Candi Kalasan 

Candi Kalasan berlokasi di Ds Kalibening, Tirtamartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Kurang lebih 15 km di timur Yogyakarta. Jika Anda dari arah Solo, Candi Kalasan ini sangat mudah dijangkau, lokasinya dari jalan Jogja-  Solo kurang lebih di km 13.

Anda dapat menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Jika berangkat dari Prambanan, Anda hanya perlu menempuh jarak 2 km saja. Bangunan Candi dapat dilihat dari jalan raya utama, namun Anda harus masuk kedalam gang terlebih dahulu kurang lebih 20 meter.

Tentang Penulis
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0815 6960 442 | 0819 0403 6114 dan email : paketwisata.id@gmail.com.
×
Halo, dengan PaketWisata ID. Ada yang bisa kami bantu?*